Manfaat Bengkoang untuk Ibu Hamil dan Kandungannya

Yuk, makan bengkoang Ma!

23 Mei 2019

Manfaat Bengkoang Ibu Hamil Kandungannya
healthline.com

Bengkoang adalah salah satu jenis buah-buahan yang memiliki rasa unik dan menyegarkan karena mengandung air. Selain itu, bengkoang juga memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang mana ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Bahkan ada pula manfaat bengkoang untuk ibu hamil serta kesehatan janinnya.

Nah, apa saja sih manfaat mengonsumsi bengkoang selama kehamilan? Simak beberapa poin penting yang telah Popmama.com rangkum mengenai 7 manfaat Bengkoang untuk ibu hamil yang sangat luar biasa.

1. Mendukung pertumbuhan dan gizi

1. Mendukung pertumbuhan gizi
bukalapak.com

Manfaat buah bengkoang bagi ibu hamil yang pertama yakni mendukung pertumbuhan dan gizi janin. Kalium dan fosfor yang ada di dalam bengkoang berfungsi untuk mendukung pertumbuhan serta asupan gizi pada kebutuhan sang buah hati.

2. Membantu pertumbuhan tulang janin

2. Membantu pertumbuhan tulang janin
Freepik/yanalya

Bengkoang memiliki kandungan mineral kalsium yang mana sangat diperlukan selama masa kehamilan untuk membantu dalam pembentukan jaringan dan tulang janin.

Selain itu, kandungan ini juga sangat bermanfaat dalam pembentukan gigi janin hingga membantu menjaga kesehatan tulang ibu hamil. Jadi, jangan ragukan manfaat bengkoang untuk ibu hamil.

3. Menjadi sumber tenaga

3. Menjadi sumber tenaga
Freepik/freepik.diller

Bengkoang memiliki kandungan zat gula yang sangat baik untuk kamu selama masa kehamilan ini. Gula alami dari buah berwarna putih ini dapat diubah menjadi sumber tenaga yang membantu tubuh agar lebih kuat selama menjalani proses kehamilan.

Gula alami dari bengkoang ini pun menjadi asupan yang dapat mendukung kesehatan kamu, sebab Zat gula termasuk nutrisi sehat yang penting untuk produksi tenaga bersama dengan karbohidrat dan makanan berprotein.

Editors' Picks

4. Melindungi ibu hamil dari penyakit

4. Melindungi ibu hamil dari penyakit
babycentre.co.uk

Vitamin C yang cukup banyak terkandung di dalam bengkoang. Ini sangat bagus untuk melindungi Mama ketika hamil, karena dapat menghindarkan berbagai penyakit dan menjaga kekebalan tubuh.

Kandungan zat besi yang cukup tinggi pun bisa membantu seorang ibu hamil terhindar dari gejala anemia atau kekurangan darah merah yang kerap kali terjadi pada ibu hamil.

5. Mengatasi gangguan pencernaan

5. Mengatasi gangguan pencernaan
Freepik

Selama menjalani proses kehamilan, wanita hamil kerap mengalami gangguan pencernaan seperti sembelit. Nah, jika Mama juga mengalami serupa saat hamil, maka tak perlu khawatir, karena Bengkoang bisa jadi solusinya.

Bengkoang mengandung serat dengan kandungan zat inulin yang terbilang besar. Dalam sebuah penelitian ditemukan fakta bahwa inulin dalam bengkoang ini dapat melancarkan fungsi usus, mengatasi sembelit hingga melancarkan peredaran darah dalam saluran pencernaan.

6. Membantu pembentukan sistem saraf

6. Membantu pembentukan sistem saraf
Freepik/v.ivash

Manfaat bengkoang untuk ibu hamil yang keenam adalah membantu pembentukan sistem saraf si janin. Bagi ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsinya pada trimester awal, karena bengkoang mengandung folat yang dibutuhkan untuk membantu pembentukan sistem saraf janin dan mencegah terjadinya cacat otak pada janin.

7. Melancarkan peredaran darah ibu hamil

7. Melancarkan peredaran darah ibu hamil
Freepik/Bristekjegor

Selain membantu pembentukan jaringan dan tulang janin serta proses penyerapan vitamin D, asupan kalsium yang cukup juga diperlukan untuk melancarkan peredaran darah selama kehamilan Mama.

Jadi, sudah tahu kan apa saja manfaat bengkoang untuk ibu hamil? Sekarang tidak ada alasan lagi buat Mama untuk tidak mengonsumsi buah menyegarkan satu ini. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!