Tak Cuma Enak, Ini 8 Manfaat Buah Salak untuk Ibu Hamil

Siapa sangka buah salak juga punya banyak manfaat untuk Mama dan janin

4 April 2019

Tak Cuma Enak, Ini 8 Manfaat Buah Salak Ibu Hamil
Pexels/Artem Bali

Siapa tak suka dengan buah salak? Buah unik dengan rasa manis khas ini sangat disukai oleh siapa saja. Termasuk oleh para ibu hamil.

Namun buah salak seringkali dianggap pemicu sembelit sehingga ada pula yang memilih untuk tidak mengonsumsinya. Padahal nyatanya selama dikonsumsi dengan porsi wajar, manfaatnya justru lebih besar lho, Ma.

Nah, apa saja ya manfaat buah salak untuk ibu hamil? Berikut Popmama.com rangkum daftar informasinya untuk Mama:

1. Menjaga keseimbangan kadar asam lambung

1. Menjaga keseimbangan kadar asam lambung
Freepik/Onlyyouqj

Apakah Mama kerap mengalami mual dan muntah terutama di trimester pertama? Jika ya, konsumsi buah salak bisa dilakukan sebagai salah satu cara alami mengatasinya.

Salah satu penyebab terjadinya gangguan asam lambung adalah karena terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh. Kandungan dari salak salah satunya memiliki kemampuan untuk mengatasi hal tersebut, Ma.

Tapi ingat, ya. Untuk mendapatkan manfaat ini, sebaiknya konsumsi salak secukupnya saja. Misalnya 1-2 buah per hari.

2. Menurunkan risiko anemia

2. Menurunkan risiko anemia
Freepik

Dalam buah salak terdapat kandungan zat besi, yang bermanfaat dalam proses pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Oleh sebab itu, konsumsi makanan yang mengandung zat besi pun sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan risiko anemia.

Jika sebelum hamil Mama sudah memiliki riwayat anemia, konsumsi salak bisa dilakukan juga untuk mencegahnya datang kembali, Ma.

Selain zat besi, salak juga mengandung tiamin. Komponen ini memiliki manfaat yang hampir sama dengan zat besi, yakni untuk mencegah terjadinya anemia.

3. Membantu proses pembentukan tulang janin

3. Membantu proses pembentukan tulang janin
Freepik/Yanalya

Tahukah Mama bahwa buah salak juga mengandung kalsium yang baik untuk pembentukan tulang janin? Ya, kalsium sangat dibutuhkan oleh ibu hamil, terutama untuk proses pembentukan tulang janin.

Apabila selama hamil Mama kurang mendapatkan asupan kalsium, biasanya janin akan mengambilnya dari tubuh Mama. Jadi, ada kemungkinan tubuh Mama akan kekurangan kalsium, yang kemudian membuat gigi dan tulang menjadi rapuh.

Oleh sebab itu, selama hamil cukupi kebutuhan kalsium dengan mengonsumsi makanan serta minuman sumber kalsium ya, Ma. Salah satunya dari buah salak. Selain itu, sumber kalsium juga bisa Mama dapatkan dari susu dan produk olahannya.

Editors' Picks

4. Menjaga kesehatan mata janin

4. Menjaga kesehatan mata janin
Pexels/Bryan Schneider

Betakaroten memiliki manfaat untuk proses pembentukan mata janin, serta menjaga kesehatan mata juga. Selain di wortel, betakaroten juga dimiliki oleh buah salak lho, Ma.

Betakaroten yang dimiliki dalam buah salak dapat membantu menyehatkan mata, serta mencegah terjadinya infeksi pada mata janin selama dalam kandungan.

Ya, meski masih di dalam kandungan, mata janin juga tetap berisiko mengalami infeksi yang mungkin bisa mengganggu bagian retina atau lensa.

5. Melancarkan buang air besar

5. Melancarkan buang air besar
Freepik

Sering diklaim bisa memicu sembelit, buah salak jika dikonsumsi secara wajar justru bisa menjadi obat diare alami lho, Ma. Terutama bagi ibu hamil, yang sebaiknya tidak minum obat dulu demi kesehatan janin.

Salak memiliki kandungan serat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Namun untuk mendapatkan manfaat ini, jangan lupa untuk tidak membuang kulit tipis pada daging salaknya, ya.

Bagian inilah yang justru memiliki kandungan serat cukup tinggi, sehingga baik untuk tetap dikonsumsi.

6. Memperbaiki kualitas memori janin

6. Memperbaiki kualitas memori janin
Freepik/Yanalya

Proses perkembangan otak janin selama dalam kandungan perlu dioptimalkan agar berjalan sempurna. Oleh sebab itu, Mama pun sebaiknya tetap mengonsumsi makanan yang baik bagi tumbuh kembang janin.

Salah satunya adalah buah salak. Buah ini mengandung pektin, yang merupakan komponen penting dalam pembentukan kecerdasan, daya ingat dan perkembangan otak janin.

7. Menangkal radikal bebas

7. Menangkal radikal bebas
Pixabay/4330009

Kandungan antioksidan dalam buah salak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Mama selama hamil. Salah satunya untuk menangkal radikal bebas, dengan begitu Mama akan terhindari dari risiko berbagai macam penyakit.

Seperti diketahui, saat hamil tubuh Mama juga menjadi lebih rentan mengalami berbagai penyakit, termasuk seperti batuk, pilek, atau penyakit lainnya.

Baca juga:

8. Menyehatkan jantung dan mencegah kegemukan

8. Menyehatkan jantung mencegah kegemukan
Freepik

Kalium yang dimiliki oleh buah salak memiliki manfaat ekstra untuk menyehatkan jantung. Oleh sebab itu, konsumsi buah salak pun sangat baik untuk Mama selama hamil.

Selain itu, kandungan serat yang dimiliki oleh buah salak juga bermanfaat untuk mencegah kegemukan. Saat hamil, biasanya Mama lebih rentan sembelit dan berat badan jadi mudah naik. Konsumsi asupan yang tinggi serat pun sangat baik dilakukan, termasuk dari buah salak.

Nah, sudahkah Mama makan buah salak hari ini?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk