7 Hal yang Disukai Janin di Dalam Kandungan, Lakukan yuk Ma!

Ibu hamil wajib mengetahuinya agar janin bisa terus merasa senang

11 Oktober 2020

7 Hal Disukai Janin Dalam Kandungan, Lakukan yuk Ma
Pixabay/chrisvg

Menanti anak pertama tentu menjadi momen yang menyenangkan bagi para Mama. Walau belum bisa bertemu dan melihat langsung, namun ibu hamil sudah bisa melakukan beberapa hal yang disukai oleh janin di dalam kandungan. 

Tanpa Mama sadari, momen-momen yang Mama lakukan selama masa kehamilan bisa membuat janin bahagia, bahkan ia bisa memberikan respon berupa tendangan kecil dari dalam perut. Respon tersebut seolah menjadi tanda bahwa janin merasa nyaman. 

Walau belum bisa sepenuhnya merespon secara baik, namun perasaan senang yang ia rasakan dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya secara keseluruhan.

Rasa bahagia janin di dalam kandungan pun bisa terlihat ketika Mama melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG). Hasil tangkapan layar USG yang memperlihatkan janin tersenyum dan aktif bergerak menjadi tanda bahwa dirinya merasa bahagia. 

Berbicara tentang respon janin, berikut Popmama.com telah merangkum tujuh hal yang disukai oleh janin di dalam kandungan:

1. Mandi menggunakan air hangat agar tubuh dan pikiran terasa lebih rileks

1. Mandi menggunakan air hangat agar tubuh pikiran terasa lebih rileks
kinja-img.com

Ma, mandi air hangat secara umum aman dilakukan oleh ibu hamil asalkan tetap memerhatikan suhu airnya. Usahakan suhu air saat mandi air hangat tidak melebihi 38°C. 

Momen mandi air hangat tanpa disadari juga akan membuat janin di dalam perut merasa sangat nyaman. Dirinya juga bisa merasakan perubahan pada suhu air. 

Menurut sebuah penelitian, air hangat ternyata bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon oktitosin. Hormon ini berguna untuk membuat perasaan ibu hamil menjadi lebih bahagia dan positif.

Jika ingin bermain-main dengan janin, cobalah untuk memberikan air hangat ke bagian perut. Momen ini akan menyenangkan apalagi bila janin di dalam kandungan meresponnya dengan gerakan.  

2. Tertawa dapat memberikan energi positif ke dalam perut 

2. Tertawa dapat memberikan energi positif ke dalam perut 
Freepik

Saat hamil sebaiknya Mama menjauhkan diri dari stres karena dapat membantu perkembangan janin di dalam kandungan menjadi lebih sehat. 

Tertawa bisa menjadi salah satu cara untuk melepaskan segala beban. Carilah sesuatu yang lucu, misalnya menonton film komedi atau berkumpul dengan orang-orang yang humoris. 

Tanpa disadari, sebenarnya ada banyak manfaat positif yang bisa dirasakan saat sedang tertawa antara lain: 

  • Memperlancar sirkulasi darah,
  • melatih kinerja otot-otot jantung,
  • meningkatkan sistem imun dalam tubuh,  
  • mempercepat aliran oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh,
  • memperlancar asupan gizi dan nutrisi agar bisa sampai ke janin,
  • membantu melawan beragam jenis penyakit yang diproduksi oleh tubuh, 
  • mengurangi tingkat stres karena tertawa dapat merangsang keluarnya hormon endorfin dan serotonin yang membuat mood menjadi lebih tenang tanpa ada rasa gelisah.

Tertawa tidak hanya membahagiakan untuk ibu hamil saja, namun janin di dalam kandungan juga akan tersenyum bahkan tertawa. Momen inilah yang disukai oleh janin di dalam kandungan. 

Energi positif yang dimiliki oleh ibu hamil ketika sedang tertawa seolah turut terbawa sampai ke plasenta, sehingga janin merasakan kegembiraan tersebut. 

Editors' Picks

3. Mendengarkan musik membuat janin di dalam kandungan ikut merasa bahagia 

3. Mendengarkan musik membuat janin dalam kandungan ikut merasa bahagia 
Freepik/wavebreakmedia

Momen lain yang disukai oleh janin di dalam kandungan yaitu mendengarkan musik. 

Musik akan menghasilkan hormon serotonin dan hormon endorfin, sehingga membuat janin turut merasakan bahagia.

Pilihlah jenis musik yang memang benar-benar menenangkan karena alunan nada tersebut dapat memengaruhi janin, meski dirinya masih ada di dalam perut. 

Ibu hamil bisa memilih musik klasik karena jenis musik ini terbukti benar-benar dapat menenangkan. Tempo dan struktur nada yang teratur membuat musik klasik mudah dicerna oleh otak janin di dalam kandungan. 

Selain itu, musik klasik juga dapat memberikan efek yang lebih baik terhadap telinga janin apalagi saat dilantunkan secara konsisten. 

Beberapa pilihan musik klasik yang bisa disukai oleh janin di dalam kandungan antara lain:

  • Beethoven - Fur Elise 
  • Beethoven - Moonlight Sonata
  • Charles Gounod - Ave Maria 
  • Gabriel Fauré - Pavane
  • Jean Sibelius - Finlandia
  • Jules Massenet - Meditation from Thais
  • Mozart for Pregnant - Piano Concerto No. 17
  • Pachelbel - Canon In D Major
  • Samuel Barber - Adagio for Strings
  • Stanley Myers - Cavatina

4. Olahraga secara teratur membantu janin berkembang lebih sehat dan kuat

4. Olahraga secara teratur membantu janin berkembang lebih sehat kuat
Pexels/Gustavo Fring

Olahraga secara teratur dan konsisten menjadi kegiatan yang disukai oleh janin di dalam kandungan. 

Ibu hamil sebaiknya memerhatikan dengan baik pilihan jenis olahraga yang akan dilakukan saat hamil. Cobalah berkonsultasi dengan dokter kandungan agar tetap aman untuk kesehatan janin. 

Olahraga yang dijalani selama kehamilan tidak hanya bermanfaat positif untuk kesehatan ibu hamil saja, namun juga untuk janin. 

Jantung bayi bisa berkembang lebih baik dan kuat lho, Ma. 

5. Kebiasaan mengusap perut memberikan banyak manfaat positif

5. Kebiasaan mengusap perut memberikan banyak manfaat positif
Freepik/freepic.diller

Mengusap perut memberikan banyak manfaat positif karena ini menjadi momen yang disukai oleh janin di dalam kandungan. 

Mengusap perut menjadi sebuah bentuk cinta yang diperlihatkan oleh orangtua kepada anaknya, meski belum bisa bertemu secara langsung. Perlu diketahui bahwa sentuhan dari luar perut secara lembut menjalin ikatan antara orangtua dan anak.

Selain itu, dilansir dari Boldsky ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa mengusap perut dan mengajaknya berkomunikasi dapat membantu perkembangan otak janin.

6. Memiliki waktu istirahat yang cukup memberikan kebahagiaan untuk janin

6. Memiliki waktu istirahat cukup memberikan kebahagiaan janin
Freepik.com/comzeal

Selain pola makan yang sehat, kualitas tidur juga harus dijaga selama masa-masa kehamilan, Ma. Jika kualitas tidur di malam hari masih kurang, ada baiknya Mama meluangkan waktu untuk tidur di siang hari.

Durasi tidur siang untuk ibu hamil memang tidak perlu terlalu lama, asalkan kualitasnya baik. Kualitas waktu istirahat yang cukup juga akan memberikan kebahagiaan untuk janin. 

Ini menjadi salah satu momen yang disukai oleh janin di dalam kandungan. Saat istirahat tidur, janin akan sibuk melakukan gerakan baru di dalam perut.

Saat tidur dan tidak menjalani berbagai aktivitas, janin di dalam kandungan lebih punya waktu untuk banyak bergerak karena tidak ada gangguan dari aktivitas yang Mama lakukan. 

7. Mengajaknya berbicara bisa membantu janin lebih gembira 

7. Mengajak berbicara bisa membantu janin lebih gembira 
Freepik/yanalya

Berdasarkan sebuah penelitian, ibu hamil perlu mengetahui bahwa janin sangat menyukai aktivitas ketika diajak bicara. Sering diajak berbicara, lama-kelamaan membuat si Kecil di dalam kandungan semakin mengenali suara oleh kedua orangtuanya. 

Tak hanya itu, aktivitas berbicara dengan janin bisa membuat suasana hatinya menjadi lebih gembira. 

Para ahli menyarankan ibu hamil tidak hanya bicara biasa saja, melainkan berbicara dari hati ke hati. Gunakanlah intonasi bicara seolah-olah mereka sudah hadir di hadapan mama.

Itulah beberapa aktivitas atau kegiatan yang disukai oleh janin di dalam kandungan. Hindari terus menangis dan stres selama masa kehamilan agar tidak memengaruhi kondisi kesehatan janin. 

Mulai dibiasakan kebiasaan positif ini agar janin terus merasa senang yuk, Ma! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.