Jangan Diabaikan! Begini Pentingnya Tidur Siang untuk Ibu Hamil

Saat hamil jangan lupakan tidur siang ya Ma

28 Maret 2020

Jangan Diabaikan Begini Penting Tidur Siang Ibu Hamil
Freepik/bearfotos

Saat masa kehamilan memang ada baiknya melakukan aktivitas yang berguna ya, Ma.

Selain pola makan yang sehat, kualitas tidur juga harus dijaga nih selama masa-masa kehamilan. Jika kualitas tidur di malam hari masih kurang, ada baiknya memang meluangkan waktu untuk tidur di siang hari.

Durasi tidur siang untuk ibu hamil memang tidak perlu terlalu lama, asalkan kualitasnya baik dan durasinya tepat sudah cukup.

Kualitas tidur yang cukup mampu memberikan efek baik dan manfaatnya tersendiri untuk ibu hamil.

Kali ini Popmama.comsudah merangkum beberapa manfaat tidur siang yang dirasakan ibu hamil. Yuk Ma, cari tahu manfaatnya!

1. Meningkatkan konsentrasi

1. Meningkatkan konsentrasi
Freepik/bearfotos

Saat mengandung Si Kecil pasti akan ada perubahan-perubahan yang terjadi ya, Ma.

Mudah lupa dan sulit berkonsentrasi biasanya bisa terjadi saat masa-masa kehamilan. Untuk itu, ibu hamil tidak boleh terlalu lelah. Sebisa mungkin harus punya cukup waktu untuk beristirahat.

Dengan menyempatkan diri untuk melakukan tidur siang, Mama bisa meningkatkan konsentrasi lho. Ketika tidur, aliran oksigen akan menuju ke otak sehingga bisa tetap berlangsung secara maksimla.

Aliran oksigen yang mengalir ini akan memberikan nutrisi yang baik nih ke otak Mama, sehingga mampu mengembalikan konsentrasi.

Tingkat konsentrasi yang Mama dapatkan dari tidur siang ini bisa digunakan dari sore hingga malam hari. Namun, ada baiknya Mama bisa menyesuaikan waktu tidur siang dengan kondisi fisik yang sedang dirasakan ya. Jika memang benar-benar merasa lesu dan lelah, jangan terlalu memaksakan diri untuk berativitas.

Ada baiknya Mama bisa lebih banyak beristirahat dengan tidur siang.

Editors' Picks

2. Mengurangi rasa lelah

2. Mengurangi rasa lelah
Freepik/katemangostar

Ibu hamil itu memiliki tugas yang berat lho. Selain harus menjaga kondisi fisik dan mental, dirinya juga harus punya kewajiban untuk menjaga Si Kecil yang berada di dalam kandungan.

Biasanya penyebab kelelahan pada ibu hamil yaitu karena harus membawa beban berat, apalagi jika berat badannya juga terus bertambah.

Diperlukan banyak energi hanya untuk berativitas saja ya, Ma. Untuk mengurangi kelelahan akibat beban tubuh dan aktivitas yang cukup banyak, memang disarankan untuk tidur siang dengan kadar yang tepat ya.

3. Memperbaiki mood

3. Memperbaiki mood
Freepik/nensuria

Kehamilan terkadang membuat kondisi mood ibu hamil naik turun dan semakin sensitif. Penyebabnya pun bisa bermacam-macam, ada yang dikarenakan perubahan hormon di dalam tubuh atau mungkin efek dari morning sickness.

Ketidakstabilan mood atau terkesan baper pada ibu hamil jika dibiarkan bisa menyebabkan depresi lho.

Tidur siang pada ibu hamil memiliki manfaat dalam memperbaiki mood.

Kondisi mood yang bagus, tidak akan memudahkan ibu hamil mengalami stres atau depresi selama masa kehamilannya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Perubahan Mood Selama Hamil

Baca Juga: 8 Pilihan Asupan Berbahan Dasar Jahe untuk Atasi Morning Sickness

Baca Juga: Bukan Morning Sickness! Kenali Gejala Hiperemesis Gravidarum

4. Mengembalikan stamina tubuh

4. Mengembalikan stamina tubuh
Freepik/bearfotos

Perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan terkadang membuat ibu hamil merasa mudah lelah. Apalagi kalau di malam hari suka terbangun dan sulit tertidur kembali.

Pasti kondisi tubuh jadi kurang enak ya di pagi harinya. Kekurangan jam tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan ibu dan janin.

Untuk itu. salah satu manfaat lain yang bisa dirasakan ibu hamil setelah tidur siang yaitu dapat mengembalikan jam tidur dan stamina tubuh.

Anggap saja tidur siang itu digunaka untuk membayar hutang karena tidak bisa tidur di malam hari. Kembalinya stamina tubuh ketika bangun tidur bisa berefek baik bagi ibu maupun Si Kecil di dalam kandungan.

Selain itu tidur siang juga bisa mempertajam memori lho, sehingga jadi tidak mudah lupa.

5. Menyeimbangkan kondisi kandungan

5. Menyeimbangkan kondisi kandungan
Freepik/bearfotos

Kondisi Si Kecil saat masih di dalam kandungan memang harus diperhatikan ya, Ma.

Tanggung jawab yang begitu besar harus benar-benar dijaga karena Si Kecil akan menjadi salah satu bagian di rumah nantinya.

Setiap kali bangun tidur, tubuh Mama akan terasa lebih segar dari sebelumnya. Tak hanya itu, kondisi janin juga akan merasakan hal yang serupa.

Tidur siang di masa kehamilan dapat membantu keseimbangan ibu beserta janin dalam kandungan.

Untuk tidur Mama lebih nyenyak, ada baiknya lakukan beberapa hal penting seperti banyak minum air putih, rutin berolahraga, tetap melakukan kegiatan yang menyenangkan tanpa perlu stres menghadapi masalah hingga buat posisi bantal yang senyaman mungkin. 

Itulah hal yang perlu Mama ketahui tentang manfaat tidur siang untuk ibu hamil. Jangan ditahan ya Ma kalau ngantuk, istirahat saja dulu sebelum melanjutkan kegiatan lainnya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.