Popmama Luncurkan Tools Menghitung Kenaikan Berat Badan Saat Hamil

Cari tahu kondisi berat badanmu saat kehamilan ini normal atau tidak yuk, Ma!

27 Agustus 2019

Popmama Luncurkan Tools Menghitung Kenaikan Berat Badan Saat Hamil
newszii.com

Popmama.com sebagai media online tidak hanya menyajikan konten menarik berupa artikel saja, namun juga ada beberapa tools yang semakin mempermudah dalam mencari nama bayi, mengetahui masa subur hingga mengetahui Hari Perkiraan Lahir (HPL) dengan kalkulator kehamilan.  

Beberapa tools yang sudah tersedia telah dipakai oleh banyak millennial Mama di Indonesia. Kini Popmama telah mengeluarkan tools terbarunya bernama Pregnancy Weight Gain Calculator untuk mencatat kondisi berat badan saat hamil. 

Dalam tools ini, Mama dapat mencatat kenaikan atau penurunan berat badan selama menjalani masa-masa kehamilan agar tetap berada di angka normal. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui tools terbaru dari Popmama.com mulai cari tahu yuk!

1. Mengetahui berat badan saat hamil sangat penting untuk kesehatan janin

1. Mengetahui berat badan saat hamil sangat penting kesehatan janin
medicalnewstoday.com

Menjaga berat badan yang ideal selama masa kehamilan memang perlu diperhatikan agar kenaikannya bisa terkendali. 

Apalagi berat badan setiap ibu hamil berbeda-beda, ada yang mengalami permasalahan underweight atau overweight.

Padahal kondisi berat badan yang normal selama masa kehamilan dapat memberikan kesehatan untuk ibu hamil serta janin di dalam kandungan. 

Saat berat badan terlalu meningkat drastis, maka ibu hamil dapat memicu beberapa gangguan kesehatan atau komplikasi seperti: 

  • Preklampsia
  • Diabetes gestasional 
  • Memicu kelahiran secara prematur
  • Bayi terlahir dengan kelainan bawaan
  • Berpotensi bayi lahir dengan berat badan berlebih

Sebelum dampak buruk untuk kesehatan diri sendiri dan janin dalam kandungan terjadi,  sebaiknya tetap menjaga pola makan agar berat badan bisa dikontrol. Selain itu, ketahui juga berat badan yang ideal selama masa-masa kehamilan berlangsung melalui perhitungan sendiri. 

Baca juga: Online Hingga Manual, Ini Dia 4 Jenis Kalkulator Masa Subur Perempuan

Editors' Picks

2. Cara penghitungan dengan BMI (Body Mass Index)

2. Cara penghitungan BMI (Body Mass Index)
Unsplash/𝚂𝚒𝚘𝚛𝚊 𝙿𝚑𝚘𝚝𝚘𝚐𝚛𝚊𝚙𝚑𝚢

Jika Mama penasaran dengan kenaikan berat badan saat hamil termasuk normal atau tidak, maka Mama dapat menghitung beran badan sendiri melalu cara penghitungan BMI (Body Mass Index) berikut ini:

Berat badan (dalam kg) : Kuadrat tinggi badan (dalam ukuran meter).
BMI = (BB) : [(TB) x (TB)]

Contoh: Misalnya saja berat badan Mama 60 kg dengan tinggi badan mencapai 160 cm. Berarti cara menghitungnya yaitu 60: (1,6m x 1,6m) = 23,43. 

Setelah mengetahui BMI menggunakan rumus di atas, masing-masing ibu hamil yang sedang ingin mencari tahu berat badan selama dirinya hamil dapat menggunakan panduan dari Institute of Medicine (IOM). Dengan begitu, Mama dapat mengetahui secara pasti berat badan yang dimiliki selama kehamilan kali ini termasuk underweight, normal atau justru overweight

Jika kondisinya kurang atau justru lebih, Mama perlu memerhatikan berat badan ini kembali karena bisa berdampak pada kesehatan janin di dalam kandungan.

Berat badan di angka yang normal selama masa kehamilan memang perlu diusahakan ya, Ma. 

3. Cara Menghitung Kenaikan Berat Badan Selama Hamil Lewat Tools Baru Popmama

3. Cara Menghitung Kenaikan Berat Badan Selama Hamil Lewat Tools Baru Popmama
Dok. Popmama.com

Pregnancy Weight Gain Calculator yang menjadi tools terbaru dari Popmama.com membantu Mama untuk mengetahui berat badan selama hamil tergolong normal atau tidak. Ketika menggunakannya Pregnancy Weight Gain Calculator, Mama hanya tinggal mengisi beberapa kolom seperti berat badan sebelum hamil hingga usia kehamilan saat ini. 

Sebelum dihitung dan mengetahui kondisi berat badan selama masa kehamilan, Mama juga perlu mengisi secara langsung dengan menceklis kalau sedang hamil bayi kembar atau tidak.

Contoh perhitungan Pregnancy Weight Gain Calculator melalui tools terbaru Popmama.com yaitu: 

  • Berat badan sebelum hamil = 55 kg
  • Berat badan saat ini = 65 kg
  • Tinggi badan Mama = 170 cm 
  • Usia kehamilan 1 minggu dan tidak sedang hamil bayi kembar.

Panduan Menggunakan Pregnancy Weight Gain Calculator

Panduan Menggunakan Pregnancy Weight Gain Calculator
Dok. Popmama.com

Setelah klik tombol hitung, maka secara otomatis Mama akan mendapatkan jawaban saat semua data telah terisi seperti:

Kehamilan mama saat ini tergolong Normal, dengan mempunyai indeks masa tubuh 18.5 kg/m2 sampai dengan 24.9 kg/m2. Mama disarankan untuk menaikkan berat badan sebesar 11-16 kg selama hamil.

Melalui tools terbaru Popmama.com, Mama dapat mengetahui kondisi kehamilan sejauh ini tergolong normal atau tidak. Lalu juga ada keterangan secara detail mengenai indeks masa tubuh hingga akan disarankan untuk menaikan atau menurunkan berat badan, sehingga ibu hamil dapat menjaga berat badan lebih ideal. 

Melalui tools Pregnancy Weight Gain Calculator, Mama dapat melacak kenaikan berat badan setiap minggu selama menjalani kehamilan agar semakin terkontrol kenaikannya. Bila hasil catatan selama beberapa minggu memperlihatkan kenaikan yang cukup drastis, ini bisa mendiskusikan permasalahan ini ke dokter. 

Ada yang penasaran dengan berat badan Mama di kehamilan kali ini? Hitung sekarang menggunakan Pregnancy Weight Gain Calculator yuk, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.