10 Ide Pose Maternity untuk Mengabadikan Momen Manis saat Hamil

Lakukan pose menggemaskan ini saat sesi foto maternity!

31 Mei 2021

10 Ide Pose Maternity Mengabadikan Momen Manis saat Hamil
Pexels/Amina Filkins

Memotret masa kehamilan atau foto maternity memang menjadi salah satu cara yang manis untuk mengabadikan momen-momen menunggu kelahiran si Kecil bersama pasangan.

Saat menjalani masa-masa kehamilan tua, Mama pun bisa mencari berbagai ide dan konsep foto maternity. Mengabadikan momen kehamilan ini bisa bermanfaat sebagai kenangan, bahkan bisa dilihat si Kecil nantinya saat sudah dewasa. 

Namun, perut sudah semakin membesar terkadang dapat menjadi tantangan tersendiri ketika berpose. Jika Mama sedang punya banyak waktu luang dan ingin mencari beberapa inspirasi serta konsep saat ingin foto maternity.

Kali ini Popmama.com sudah merangkumnya untuk Mama. Simak referensinya agar tidak mati gaya saat sesi foto ya, Ma!

1. Melibatkan kakak ketika sedang foto maternity

1. Melibatkan kakak ketika sedang foto maternity
Freepik/prostooleh

Melibatkan saudaranya dalam pemotretan maternity memang bisa menampilkan kehangatan sebuah keluarga yang dibangun.

Bahkan si Kakak dapat turut terlibat dalam menyambut calon adiknya dengan sangat antusias, bahkan jauh dari kesan cemburu.

Jika memungkinkan, Mama bisa menggendong si Kakak atau minta bantuan pasangan ketika sedang sesi foto. Konsep foto pun akan semakin unik apabila sekeluarga menggunakan pakaian atau aksesori yang senada.

2. Papa mencium perut Mama

2. Papa mencium perut Mama
Freepik

Mencium perut Mama bisa memperlihatkan kasih sayang kepada dua orang sekaligus. Pose ini secara tidak langsung bisa menggambarkan bahwa Papa telah mencintainya sepenuh hati bahkan sebelum bisa bertemu secara langsung.

Selain pose mencium perut, bisa juga tangan Papa dan Mama bisa saling bergandengan. Ini bisa menandakan bahwa Papa siap menguatkan Mama terutama ketika proses melahirkan.

3. Menampilkan perutmu dengan benda lain

3. Menampilkan perutmu benda lain
Pexels/Amina Filkins

Ada berbagai pose yang bisa diterapkan ketika sedang menjalani foto maternity. Misalnya saja pose Mama sambil meniup balon atau menggelembungkan permen karet. Bisa juga suami yang memiliki perut buncit bersama-sama saling bersanding dengan Mama. 

Sesi foto seperti ini bisa menampilkan keluarga yang bahagia, humoris, bahkan siap menyambut kehadiran si Kecil.

4. Pose saling berciuman

4. Pose saling berciuman
Freepik/pch.vector

Mama dan Papa bisa saling berpose sambil berciuman, kemudian Mama berusaha memegang perut yang semakin membesar. Pose ini memberikan kesan mesra, meskipun si Kecil masih berada di dalam perut.

Pose berciuman akan tambah unik jika di antara Papa dan Mama menggunakan aksesori bayi yang menunjukkan jenis kelaminnya kelak. Bisa juga menggunakan berbagai properti yang menjadi hobi masing-masing, seperti menjadi koki atau pemain sepak bola. 

Bisa menjadi konsep yang menggemaskan nih, Ma. 

Editors' Picks

5. Pose memeluk dari belakang

5. Pose memeluk dari belakang
Freepik/drobotdean

Salah satu pose sederhana yang bisa dilakukan pasangan suami istri ketika foto maternity, yakni suami bisa memeluk perut istri dari belakang. Walau terkesan sederhana, namun pose ini sangat manis untuk diabadikan. 

Pastikan Papa meletakkan tangannya di bagian perut Mama. Jangan lupa untuk tersenyum bahagia sebagai tanda bahwa Papa dan Mama telah siap dengan kehadiran si Kecil. 

6. Fokus memotret perut mama

6. Fokus memotret perut mama
Pexels/andre-furtado

Jika Mama dan Papa bukanlah tipe yang senang berada di hadapan kamera, namun ingin mengabadikan proses pertumbuhan si Kecil di dalam perut, jangan khawatir karena dengan mendokumentasikan perut ibu hamil dengan cara yang unik. 

Cobalah untuk memotret perut Mama setiap satu bulan sekali hingga momen menjelang persalinan. Konsep ini pun bisa melihat pertumbuhan serta perbedaan perut di setiap bulannya. Foto tersebut akan menjadi kenangan indah suatu saat nanti.

7. Melibatkan hewan peliharaan

7. Melibatkan hewan peliharaan
Freepik/wIrestock

Bagi keluarga yang memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, bisa melibatkan hewan tersebut untuk sesi pemotretan.

Hal ini akan semakin unik bahwa hewan peliharaan juga antusias menunggu kehadiran si bayi. Dengan melibatkan hewan peliharaan, sebuah keluarga akan terlihat sebagai keluarga yang hangat.

8. Saling bepegangan tangan

8. Saling bepegangan tangan
Pexels/Amina Filkins

Suami bisa berada di posisi belakang sambil memeluk perut yang kian membesar, bahkan dapat saling berpegangan tangan satu sama lain. 

Pemotretan dengan gaya seperti ini akan semakin unik jika dilakukan di ruangan terbuka. Mama bisa menggunakan belt supaya memperlihatkan perut yang semakin menonjol.

9. Bersandar di dada

9. Bersandar dada
Pexels/Georgia Maciel

Perempuan yang tengah hamil memiliki kerentanan fisik karena tengah mengandung janin di dalam kandungan. Namun, suami sebagai pasangan yang sigap selalu bisa memenuhi kebutuhan Mama.

Kondisi tersebut bisa digambarkan dengan Mama bersandar di dada Papa. Momen kehamilan tersebut dijalani berdua dan akan menjadi kenangan yang manis.

10. Simbol love di atas perut mama

10. Simbol love atas perut mama
Pexels/Garon Piceli

Pose ini termasuk salah satu yang begitu hangat, di mana Papa memeluk Mama dari belakang. Tangan Papa pun bisa membentuk simbol love di perut Mama yang membesar.

Jangan lupa untuk memakai cincin pernikahan supaya ikatan pasangan semakin kuat, bahkan foto yang dihasilkan menjadi lebih indah.

Nah, itu tadi beberapa pose untuk foto maternity selama masa kehamilan yang sudah menginjak trimester ketiga.

Jika Mama bisa melakukannya sendiri di rumah, maka mintalah Papa untuk mendokumentasikannya. Ini bisa bertujuan agar lebih irit budget, walaupun foto yang dihasilkan tidak sebagus di studio tentunya.

Selamat mencoba!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.