7 Manfaat Rajin Membaca Alquran saat Hamil Tua

Coba tingkatkan intensitas mambaca Alquran selama masa kehamilan yuk, Ma!

25 Juni 2021

7 Manfaat Rajin Membaca Alquran saat Hamil Tua
Pexels/ali-burhan-40040645

Bagi setiap orangtua tentu ingin anak-anaknya tumbuh menjadi pribadi yang baik, sehat dan cerdas. Maka dari itu, orangtua akan selalu berusaha mencari cara untuk menstimulasi kemampuan otak sang Kecil sejak masih di kandungan, salah satunya dengan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran.

Ibu hamil yang membaca atau mendengarkan lantunan ayat suci Alquran memang bisa memberikan manfaat untuk janin di dalam kandungan. Apalagi jika kebiasaan positif ini dilakukan secara rutin sambil menanti kelahiran si Kecil. 

Nah, jika Mama ingin mengetahui manfaat yang akan didapatkan ketika rutin membaca Alquran selama masa kehamilan, berikut ini Popmama.com telah merangkum manfaat membaca Alquran saat hamil selengkapnya. 

1. Bisa menenangkan janin di dalam kandungan

1. Bisa menenangkan janin dalam kandungan
Pexels/nappy

Selama kehamilan, Ibu hamil rentan lebih sensitif dari biasanya mulai dari mudah marah, emosi tidak stabil atau menangis. Perasaan sensitif yang terjadi memang alami dan akan menyebabkan ketidakstabilan emosi. Jika tidak ditangani dengan baik, maka bisa berdampak negatif bagi janin yang berada dalam kandungan.

Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk membaca Alquran untuk membantu menstabilkan emosi. Membaca Alquran bisa memberikan ketenangan bagi Ibu hamil dan janin di dalam kandungan.

Hal tersebut juga tertulis dalam Q.S Ar Ro’d, yakni “Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah (dzikrullah) maka hati akan menjadi tenang."(Q.S Ar Ro'd:28).

Selain itu, ketenangan yang dirasakan oleh ibu hamil selama membaca Alquran bisa meningkatkan hormon serotonin. Perlu diketahui bahwa hormon ini merupakan hormon kebahagiaan seseorang, sehingga ibu hamil dapat menjalani kesehariannya dengan penuh rasa tenang dan bahagia.

2. Meningkatkan kecerdasan janin

2. Meningkatkan kecerdasan janin
Pexels/gabby-k

Ketika masa kehamilan memasuki usia 6 bulan, maka janin akan memulai fase pembelajaran pertamanya. Janin mulai bisa mendengar dengan jelas suara yang ada di luar perut, bahkan terkadang ia memberikan respons seperti menandang perut Mama.

Tak hanya mendengarkan musik klasik saja yang dapat membantu meningkatkan kecerdasanan janin, namun lantunan suara orang yang sedang membaca Alquran mampu meningkatkan kecerdasan janin lebih baik lagi.

Lantunan ayat Alquran tidak hanya meningkatnya kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional, tetapi juga mampu meningkatkan kecerdasan spiritual. 

Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk selalu membaca atau memperdengarkan lantunan ayat suci Alquran kepada janin. Hal ini perlu rutin dilakukan agar si Kecil bisa lahir sebagai pribadi yang memiliki kecerdasan tinggi.

Editors' Picks

3. Meningkatkan kreativitas yang tinggi

3. Meningkatkan kreativitas tinggi
Pexels/fotios-photos

Pada umumnya, anak-anak yang sering dan terbiasa mendengarkan lantunan ayat Alquran memiliki daya ingat yang tinggi. Nah, ingatan yang tajam pada anak berpengaruh pada kemampuan menghafalnya. Di mana ia akan lebih mempunyai daya ingat tinggi, salah satunya menghafal Alquran.

Apabila didampingi dengan pola asuh orantua yang berkualitas, tentu kreativitas anak akan terus meningkat sejalan dengan tumbuh kembangnya. Jadi, Mama sangat disarankan untuk rutin membaca Alquran selama masa kehamilan supaya kreativitas janin bisa terbangun.

4. Menghilangkan rasa takut dan kegelisahan

4. Menghilangkan rasa takut kegelisahan
Pexels/ivan-samkov

Ketika sudah mendekati hari persalinan, bagi sebagian ibu hamil kerap merasakan takut dan gelisah. Namun, hal ini tentu menjadi pemicu timbulnya stres dan akan berpengaruh kurang baik untuk kesehatan diri sendiri dan janin di dalam kandungan.

Membaca Alquran menjadi salah satu terapi untuk menghilangkan rasa takut dan gelisah tersebut. Hal ini dikarenakan ada frekuensi dan gelombang bunyi dari lantunan ayat Alquran, sehingga dapat meredakan ketegangan pada otot saraf otak dan mampu memperkuat kepribadian ibu hamil. 

Dengan begitu, rasa takut dan gelisah dapat teratasi dengan baik. 

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa pada bayi

5. Meningkatkan kemampuan berbahasa bayi
Pexels/kpaukshtite

Alquran merupakan salah satu firman Allah yang diturunkan menggunakan bahasa Arab. Selain itu, bahasa Arab terkenal memiliki nilai sastra yang tinggi, bahkan bagi sebagian orang mengalami kesulitan dalam mempelajarinya.

Dengan membaca atau memperdengarkan lantunan ayat Alquran sejak masa kehamilan, Mama dapat pelan-pelan memperkenalkan sesuatu yang baru kepada si Kecil. Besar harapan, si Kecil nantinya bisa mudah dalam mempelajari berbagai bahasa.

6. Mencegah timbulnya berbagai penyakit

6. Mencegah timbul berbagai penyakit
Pexels/rodnae-prod

Membaca Alquran selama masa kehamilan akan berdampak besar pada bayi hingga kehidupannya di dunia kelak. Diketahui bahwa manusia memiliki begitu banyak sel saraf yang mampu bergetar secara konstan.

Nah, dengan membaca Alquran secara tartil dan sesuai dengan tajwidnya akan berdampak pada panjang gelombang serta frekuensi yang juga berpengaruh positif sehingga membantu kecerdasan otak dan dapat mengembalikan keseimbangan tubuh.

Oleh karena itu, Mama tidak akan mudah terkena penyakit apalagi yang akan menganggu pikiran. 

7. Meningkatkan kecerdasan emosional janin

7. Meningkatkan kecerdasan emosional janin
Pexels/leah-kelley-50725

Membacakan atau memperdengarkan lantunan Alquran selama masa kehamilan akan merangsang kecerdasan emosional janin menjadi lebih baik.

Maka dari itu, penting bagi Mama untuk meningkatkan intensitas membaca Alquran agar janin yang berada dalam kandungan dapat tumbuh secara optimal.

Nah, itulah beberapa manfaat membaca Alquran saat hamil. Jangan lupa untuk selalu membaca Alquran saat ada waktu luang ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.