Ampuh Atasi Gatal Menyiksa, Ini 6 Obat Gatal Alami untuk Ibu Hamil

Bahannya mudah dan murah, ada di sekitar dapur Mama

1 Oktober 2020

Ampuh Atasi Gatal Menyiksa, Ini 6 Obat Gatal Alami Ibu Hamil
Todaysparent.com

Gatal yang menyerang ketika hamil adalah hal yang sangat membuat tak nyaman. Seiring dengan perubahan bentuk dan ukuran tubuh, kulit yang meregang dapat menyebabkan rasa gatal yang tak tertahankan. Begitu pula dengan perubahan hormon dan respons tubuh terhadap kehamilan yang juga menimbulkan gatal di sekujur tubuh.

Berikut ini Popmama.com merangkum obat gatal alami untuk ibu hamil yang dapat Mama coba di rumah, dilansir dari parenting.firstycry.com:

1. Kompres dingin

1. Kompres dingin
Pixabay/Rita_Bernhardt

Mama hanya memerlukan kompres dingin untuk meredakan gatal. Bisa menggunakan ice pack atau es batu yang dibungkus dengan plastik atau kain. Tempelkan kompres dingin ini di bagian-bagian yang terasa gatal selama beberapa menit. Kompres dingin dapat mengatasi peradangan pada kulit dan menenangkan kulit dari rasa gatal yang mengganggu dengan cepat.

2. Sari lemon

2. Sari lemon
freepik.com/freepik

Sari lemon punya kemampuan untuk menenangkan kulit dari gatal. Mengandung antimikroba, sari lemon dapat membunuh mikroba-mikroba yang ada di permukaan kulit, yang menyebabkan rasa gatal. 

Caranya gampang banget, Ma. Mama hanya perlu memeras buah lemon dan mengambil sarinya. Campurkan dengan sedikit air, lalu celupkan kapas ke dalamnya dan oleskan ke area kulit  yang terasa gatal.

Editors' Picks

3. Minyak kelapa

3. Minyak kelapa
freepik.com/freepik

Minyak kelapa juga bisa menjadi pertolongan pertama kala rasa gatal datang menyerang. Pastikan kulit Mama bersih dan kering, kemudian teteskan 1-2 tetes minyak kelapa ke permukaan kulit. Usap hingga merata dan beri sedikit pijatan ringan sampai minyak meresap sempurna ke kulit. Tak perlu dibilas. Lakukan perawatan ini dua kali sehari.

Minyak kelapa punya kemampuan menembus pori-pori kulit dan mencapai sel-sel kulit yang kering. Asam lemak dari minyak kelapa membantu mengurangi rasa gatal dan iritasi. Sifat antimikroba dari minyak kelapa juga efektif mengatasi infeksi kulit yang mungkin menyebabkan iritasi dan peradangan.

4. Baking soda

4. Baking soda
Pixabay/evita-ochel

Jangan salah, baking soda bukan hanya untuk membuat kue atau membersihkan permukaan lantai yang berkerak. Baking soda juga terkenal dapat mengatasi kulit kering dan gatal-gatal. Kandungannya dapat mengembalikan keseimbangan pH kulit sehingga kulit pun menjadi sehat lagi. 

Bagaimana cara menggunakannya? Mudah, Ma. Campurkan satu sendok penuh baking soda dengan sedikit air di wadah. Pastikan tidak terlalu cair atau pun kental. Konsistensinya harus seperti pasta kental. Aplikasikan pasta baking soda ini ke bagian-bagian kulit yang terasa gatal. Biarkan mengering, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan perawatan ini setiap hari.

5. Oatmeal

5. Oatmeal
Freepik/jcomp

Selain enak dimakan, oatmeal juga ampuh menyembuhkan gatal-gatal. Mama hanya perlu mencampurkan satu cangkir penuh oatmeal dengan sedikit air hangat. Masukkan campuran oatmeal tersebut ke dalam bak air atau bathtub. Berendamlah dengan air oatmeal tersebut selama 10-12 menit. Bilas tubuh dengan air bersih setelahnya. Berendam dengan oatmeal ini bisa dilakukan rutin, 2-3 kali dalam seminggu. 

6. Lidah buaya

6. Lidah buaya
Freepik/Trumronnarong

Lidah buaya dipercaya sebagai obat alami yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Kandungan anti peradangannya serta kemampuannya untuk menghidrasi kulit, mampu memberikan kelembapan ekstra pada kulit sehingga melembutkan dan meredakan rasa gatal. 

Ambil lidah buaya, bersihkan dengan air mengalir. Potong melintang dan kumpulkan lendirnya. Gunakan lendir lidah buaya dengan cara dioleskan ke permukaan kulit yang terasa gatal. Pijat-pijat dengan lembut. Lakukan perawatan ini dua kali sehari.

Gatal bisa jadi masalah yang menjengkelkan selama kehamilan. Dengan enam obat gatal alami ini, Mama dapat meredakan rasa gatal yang sering dialami saat hamil dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Semoga informasi ini bermanfaat, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.