Duh, Ini 5 Penyebab Payudara Gatal saat Hamil

Rasa gatalnya menyiksa, apalagi jika muncul di depan umum, ternyata ini lho penyebabnya

28 Mei 2020

Duh, Ini 5 Penyebab Payudara Gatal saat Hamil
rd.com

Kehamilan adalah momen yang membahagiakan bagi para wanita. Jungkir-baliknya kehidupan ketika kehamilan, dijalani dengan penuh syukur karena tiap kehamilan adalah berharga dan punya keunikannya masing-masing. 

Namun, di sisi lain, kehamilan memunculkan berbagai masalah kesehatan yang dulunya tak pernah terpikirkan. Misalnya, payudara gatal. Payudara (dan juga puting) yang gatal, tentunya sangat menyiksa, apalagi jika Mama sedang berada di luar rumah dan di acara yang bertemu dengan banyak orang. 

Berikut ini Popmama.com merangkum enam faktor penyebab payudara gatal ketika hamil, dilansir dari Healthline:

1. Perubahan hormon

1. Perubahan hormon
Freepik/senivpetro

Hormon wanita hamil mengalami fluktuasi yang tak bisa ditebak. Umumnya akan semakin meningkat jelang kelahiran. Dengan segala perubahan hormon yang terjadi itu, bisa memunculkan rasa gatal di sekujur tubuh. Tak terkecuali di payudara. 

2. Kulit yang meregang

2. Kulit meregang
Freepik/Yanalya

Semakin bertambah besarnya perut mama dan si Kecil dalam kandungan, kulit mama akan meregang untuk mengakomodasi perubahan tubuh dan pertambahan berat badan ini. Mama mungkin akan melihat garis-garis kecil yang disebut striae gravidarum di sekitar perut, pinggul, pantat, dan payudara. Peregangan kulit ini menimbulkan rasa gatal, bahkan sensasi terbakar. 

Editors' Picks

3. Eksim

3. Eksim
Utswmed.org

Eksim yang disebabkan karena kehamilan adalah masalah kulit yang umum terjadi. Eksim bisa juga muncul di payudara atau bagian tubuh lainnya. Bersamaan dengan rasa gatal itu, Mama mungkin merasakan kulit kering, bercak merah, kulit pecah-pecah atau bersisik, dan benjolan kecil yang terangkat di sekitar kulit yang gatal.

4. Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP)

4. Pruritic urticarial papules and plaques of pregnancy (PUPPP)
Verywellhealth.com

Namanya yang panjang dan cukup sulit diingat, juga menimbulkan kondisi gatal yang sulit dijelaskan selama kehamilan. PUPPP menimbulkan gatal yang mengakibatkan benjolan di kulit. Gatal ini bisa muncul berupa bercak dan menyebar dari perut ke payudara, paha, dan bokong. Meskipun kondisi ini sangat mengganggu, hingga kini dokter masih tidak tahu persis apa penyebabnya.

5. Prurigo kehamilan

5. Prurigo kehamilan
medicalnewstoday.com

Kondisi lain yang menyebabkan gatal selama hamil adalah prurigo. Ini adalah respons sistem kekebalan tubuh terhadap semua perubahan yang terjadi saat hamil. Mama mungkin akan mendapati benjolan kecil di dada atau bagian tubuh lainnya. Tampak seperti gigitan serangga dan terasa gatal.

Jumlah benjolan ini mungkin hanya sedikit di awal, tetapi meningkat seiring waktu. Kondisi ini dapat berlangsung berbulan-bulan, bahkan berlanjut setelah bayi dilahirkan.

6. Intertrigo

6. Intertrigo
bustle.com

Intertrigo atau ruam di bawah payudara, sebetulnya bukanlah kondisi khusus kehamilan. Mama bisa mengalmi intertrigo kapan saja karena udara yang lembap, cuaca yang panas, dan gesekan. 

Itulah beberapa kondisi yang memicu gatal di payudara saat hamil. Terutama bagi kita yang tinggal di negeri tropis, kemungkinan mengembangkan masalah-masalah gatal di kulit ini akan lebih besar. Untuk meringankan rasa gatalnya, kenakan baju berbahan katun yang longgar, banyak minum air putih, dan pastikan kulit mama selalu lembap dengan bantuan losion. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.