TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Benarkah Anak Adopsi Bisa Mirip dengan Orangtua Asuhnya?

Yuk, cek faktanya dulu, Ma

Freepik/user18526052

Karena alasan tertentu, orangtua memilih untuk mengadopsi bayi. Bayi tersebut diasuh seperti anak kandung atau anak yang dilahirkan oleh Mama.

Lalu apakah Mama pernah mendengar keluarga atau kerabat berkomentar: “Wah, si Kecil mirip mamanya, ya!” Atau “Si Bayi kalau senyum mirip dengan papanya.”

Benarkah anak adopsi bisa mirip dengan orangtua asuhnya? Nah, untuk mengetahui penjelasannya, Popmama.com sudah merangkum informasinya pada ulasan berikut ini, Ma.

Benarkah Anak Adopsi Bisa Mirip dengan Orangtua Asuhnya?

Freepik/user18526052

Mama mungkin pernah mendengar komentar tentang anak adopsi yang mirip dengan orangtua asuhnya. Namun benarkah anak adopsi bisa mirip dengan orangtua asuhnya setelah beberapa waktu?

Mungkin ini hanya kebetulan, ya, Ma. Atau jika Mama merasa anak yang diadopsi mirip dengan orangtua asuhnya, ada faktor psikologis yang berperan. Misalnya, bisa saja Mama merasa sangat dekat dengan bayi atau anak yang diadopsi sehingga merasa dia adalah anak yang dilahirkan oleh Mama.

Faktanya, ada beberapa hal yang menentukan bayi atau anak kecil mirip dengan orangtuanya asuhnya. Apa saja?

Apa yang Membuat Bayi Menjadi Mirip dengan Orangtuanya?

Gen memang mengontrol seperti apa rupa bayi pada akhirnya, namun yang menarik dari gen adalah gen tidak dapat diprediksi. Anak-anak mewarisi gen dari masing-masing orangtuanya, namun gen-gen yang berbeda “aktif” dan bahkan memengaruhi gen-gen lain, yang semuanya dapat memengaruhi penampilan mereka.

Kadang-kadang anak-anak akhirnya tampak persis seperti salah satu orangtua kandungnya atau bahkan sangat mirip dengan saudara kandungnya—dan kadang-kadang mereka tidak tidak menyerupai siapa pun di keluarga. Banyak kombinasi gen yang mungkin terjadi.

Anak kandung berbagi 50% DNA mereka dengan orangtua kandungnya dan saudara kandung dari orangtua yang sama, jadi ada banyak ruang untuk variasi. Jika saudara kandung yang memiliki hubungan darah ternyata mirip, maka campuran gen yang mereka warisi dari orangtuanya pun serupa.

Namun setiap anak mungkin juga mendapatkan “instruksi” genetik untuk ciri-ciri yang berbeda. Misalnya, anak sulung mungkin memiliki bibir salah satu orangtuanya, sedangkan anak bungsu mungkin mendapatkan bibir dari orangtuanya yang lain.

Faktanya, struktur tulang seorang anak baru akan terbentuk pada usia 20-an karena begitu banyak gen yang terlibat, termasuk gen yang berperan dalam pertumbuhan, perkembangan tulang, dan timbunan lemak, yang berarti penampilan mereka juga akan berubah seiring berjalannya waktu.

Benarkah Bayi Baru Lahir Lebih Mirip Papa?

Freepik.com/freepik

Ada kepercayaan umum bahwa bayi yang baru lahir cenderung lebih mirip sang Papa. Menurut penelitian, ini adalah cara alami bagi papa untuk yakin bahwa bayi tersebut adalah keturunannya.

Teori ini mendapat dukungan ilmiah pada tahun 1995 ketika sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang-orang jauh lebih baik dalam mencocokkan foto bayi berusia satu tahun dengan ayahnya dibandingkan dengan ibunya.

Penelitian menemukan bahwa papa yang menghabiskan rata-rata 2,5 hari lebih banyak dengan bayinya jika si Kecil lebih mirip dengan mereka.

Para peneliti berteori bahwa kunjungan papa yang sering ini memungkinkan adanya pengasuhan, pengawasan, dan dukungan yang lebih besar terhadap kesehatan dan kebutuhan ekonomi bayi.

Nah, itu penjelasan tentang benarkah anak adopsi bisa mirip dengan orangtua asuhnya. Apakah si Kecil juga mirip dengan Mama dan Papa?

Baca juga:

The Latest