9 Jenis Macam-Macam Warna Hijau Cat Tembok Beserta Artinya

Setiap warna hijau memiliki jenis dan arti masing-masing, lho

16 Mei 2024

9 Jenis Macam-Macam Warna Hijau Cat Tembok Beserta Artinya
apartmenttherapy.com

Berbicara tentang warna, warna hijau menjadi salah satu warna yang tidak akan pernah habis diperbincangkan, karena memiliki jenis warna yang cukup banyak.

Dikutip dari laman Color Psychology, warna hijau dalam sisi psikologi memiliki pengaruh yang amat besar bagi manusia karena dapat membantu seseorang merasa rileks dan mengurangi kecemasan.

Dari semua warna pada roda warna, hijau dianggap sebagai warna yang menyegarkan dan menenangkan bagi mata manusia. Hijau juga melambangkan harmoni dan kedamaian dalam hidup.

Bagi Mama pencinta warna hijau, mungkin akan kesulitan kira-kira jenis warna hijau apa yang paling cocok untuk diaplikasikan dalam cat tembok di rumah. Perlu diketahui bahwa setiap warna hijau memiliki arti dan fungsi masing-masing dalam penggunananya, jadi jangan sampai salah pilih ya, Ma!

Untuk membantu Mama mendapatkan warna yang tepat, berikut Popmama.com telah menyiapkan informasi terkait macam-macam warna hijau cat tembok sebagai cat tembok rumah dilansir dari berbagai sumber.

Yuk, disimak untuk menjadi referensi Mama!

1. Hijau daun (leaf green)

1. Hijau daun (leaf green)
Popmama.com/Auliya

Dari semua warna yang ada, hijau menjadi warna yang paling menenangkan mata. Begitu juga ketika melihat warna hijau daun. Warna yang identik dengan warna daun ini menggambarkan harapan, pembaruan, dan kebangkitan.

Dari banyaknya pilihan warna hijau yang tersedia, jenis warna ini cukup banyak direkomendasikan. Hal ini dikarenakan warna hijau daun seolah dapat memancarkan aliran energi positif, sehingga membuat siapa saja yang melihatnya merasa teduh dan segar.

Warna hijau daun ketika dipilih sebagai cat tembok di rumah bisa membangkitkan semangat baru untuk para penghuninya. 

2. Balu (dark green)

2. Balu (dark green)
Popmama.com/Auliya

Warna balu atau dark green merupakan pilihan yang tepat bila Mama menginginkan warna hijau tua dan gelap.

Cat tembok dengan warna ini dapat menjadi sebuah pilihan tersendiri saat ingin diaplikasikan pada ruangan di rumah. Berbicara tentang simbolisme, dark green dapat melambangkan keinginan kuat, ambisi, dan kekayaan dalam hidup.

Lebih lanjut, warna ini juga dapat dikaitkan dalam kehidupan percintaan. Jika melihat warna dark green, maka bisa menjadi pertanda bahwa Mama perlu mencintai diri sendiri terlebih dulu sebelum mencintai orang lain.

3. Hijau pupus (yellowish green)

3. Hijau pupus (yellowish green)
Popmama.com/Auliya

Di dalam roda warna, warna jenis ini terlentak di antara warna hijau dan kuning. Hal ini dikarenakan memiliki komposisi 50 persen warna hijau dan 50 persen warna kuning.

Kombinasi warna kuning dan hijau ini sangat cocok diaplikasikan pada ruang kamar anak karena dapat membangkitkan perasaan gembira dan menyegarkan mata. Warna hijau pupus sangat menarik karena juga, apalagi dapat memberikan semangat baru dan identik dengan keceriaan.

Editors' Pick

4. Hijau lumut (moss green)

4. Hijau lumut (moss green)
Popmama.com/Auliya

Jika Mama sedang mencari warna hijau tua yang mendekati level warna netral, maka warna hijau lumut dapat menjadi pilihan. Mirip dengan warnanya, dinamai hijau lumut atau moss green karena warna ini menyerupai warna yang bisa Mama lihat di lumut.

Sekilas, mungkin warna ini terlihat biasa saja ketika penglihatan. Hanya saja, jenis warna ini menawarkan keanggunan yang tenang. Maka dari itu, sangat sempurna untuk dijadikan warna tembok di rumah.

Selain itu, hijau lumut juga cocok untuk dijadikan warna tulisan yang memiliki latar belakang putih krem.

5. Kerak terusi (verdigris)

5. Kerak terusi (verdigris)
Popmama.com/Auliya

Verdigris merupakan istilah yang berasal dari Prancis Kuno dari kata ‘vert-de-Grèce’ yang memiliki arti hijau yunani.

Namun, kadang-kadang juga dapat dikenal sebagai hijau tembaga atau hijau bumi. Hal ini dikarenakan pigmen yang terkandung umumnya dibuat dari perunggu atau endapan tembaga yang telah teroksidasi.

Warna kerak terusi ini terbilang unik, namun sayangnya termasuk jarang digunakan. Padahal, warna ini juga memiliki arti yang positif karena dapat mewakili alam, surga, dan kesucian.

6. Wilis (myrtle green)

6. Wilis (myrtle green)
Popmama.com/Auliya

Myrtle green atau wilis merupakan warna yang mewakili warna daun tanaman myrtle. Myrtle merupakan genus tanaman berbunga yang berasal dari wilayah Mediterania di Eropa Selatan serta Afrika Utara.

Jenis ini merupakan warna hijau tua klasik dengan sentuhan cyan yang kuat. Dalam dunia fashion, myrtle green sangat populer terutama di era 1950 sampai 1960-an terutama untuk produk pakaian formal dan informal perempuan.

Jika Mama membutuhkan warna cyan, namun tidak terlalu terang dan terkesan lebih gelap, maka warna ini bisa dijadikan opsi yang tepat.

7. Indranila (dark turquoise)

7. Indranila (dark turquoise)
Popmama.com/Auliya

Warna turquoise, termasuk dark turquoise, merupakan perpaduan warna hijau dan biru yang terlihat sejuk sekaligus menenangkan saat ditangkap indra penglihatan kita. Jenis warna ini memiliki nuansa feminim yang manis.

Warna indranila sangat cocok untuk diaplikasikan sebagai cat tembok di salah satu sudut ruangan. Apalagi warna ini merupakan perlambangan dari kebijaksanaan, ketenangan, kreativitas, keberuntungan, bahkan dapat membantu keseimbangan emosional bagi siapa saja yang melihatnya.

8. Hijau zamrud (emerald)

8. Hijau zamrud (emerald)
Popmama.com/Auliya

Hijau zamrud merupakan salah satu warna unik yang banyak ditampilkan dalam budaya populer, salah satunya seperti julukan Irlandia (Pulau Zamrud) karena negaranya kaya akan tanaman hijau subur.

Jenis warna hijau ini tidak terlalu terang maupun cerah, karena warnanya identik dengan tampilan batu pertama zamrud.

Secara umum, hijau zamrud melambangkan kelimpahan, kemakmuran dan pertumbuhan semua aspek kehidupan. Selain itu, jenis warna ini juga mewakili agar seseorang dapat menemukan keseimbangan dan harmoni dalam hidup.

9. Hijau tentara (army green)

9. Hijau tentara (army green)
Popmama.com/Auliya

Hijau tentara merupakan warna yang telah digunakan dalam militer sejak Perang Dunia II atau bahkan sebelum periode itu. Karenanya, warna ini sering digunakan untuk merepresentasikan perang atau dunia militer.

Warna ini sangat cocok digunakan bila Mama tidak terlalu menyukai jenis warna hijau yang terang. Dikarenakan termasuk warna netral, warna ini biasanya tidak akan mengganggu indra penglihatan kita, bahkan juga tidak akan memberikan iritasi pada mata seperti warna lain.

Nah, jadi itulah macam-macam warna hijau cat tembok beserta arti dan fungsinya. Semoga informasinya bisa membantu bagi Mama yang sedang membutuhkan referensi warna saat mendekorasi rumah

Baca juga:

The Latest