30 Ayat Alkitab tentang Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Meski tak mudah, memaafkan orang lain adalah suatu hal yang paling penting untuk kita lakukan

17 Juni 2024

30 Ayat Alkitab tentang Memaafkan Kesalahan Orang Lain
Pexels/alleksana

Setiap manusia di dunia ini tentu tidak lepas dari perbuatan salah yang dilakukannya, termasuk kepada sesamanya sekali pun. Entah itu besar atau kecil, kita pasti pernah menerima kesalahan yang dilakukan oleh orang lain.

Terkadang, kesalahan besar yang dibuat oleh orang lain bisa membuat kita menjadi sakit hati. Perasaan tersebut tentu menimbulkan suatu kondisi di mana kita menjadi kesulitan untuk memaafkan orang lain.

Perlu kamu ketahui, seberapa besar kesalahan yang dilakukan orang lain, memaafkan adalah hal yang sangat penting untuk kita lakukan. Bahkan melalui firman-Nya di dalam Alkitab, Tuhan juga berpesan kepada kita untuk melakukan hal tersebut.

Sebagai pengingat dan pegangan bagi kita dalam kehidupan sehari-hari, kali ini Popmama.com telah merangkum 30 ayat Alkitab tentang memaafkan kesalahan orang lain secara lebih detail.

Simak beberapa ayat Alkitab berikut ini, yuk!

1. Ayat Alkitab tentang pesan untuk memaafkan kesalahan orang lain

1. Ayat Alkitab tentang pesan memaafkan kesalahan orang lain
Pexels/Liza Summer

Meski kelihatannya tidak mudah, memaafkan tetap menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan oleh siapa saja, tak terbatas pada kalangan tertentu.

Seperti kata firman Tuhan di dalam Alkitab, hendaknya suatu kejahatan yang kita terima dibalas dengan kebaikan. Hal ini berarti, ketika kita menerima suatu kesalahan yang amat berat sekali pun dari orang lain, kita tetap harus memaafkannya.

Berikut beberapa kutipan ayat Alkitab yang berisi tentang pesan untuk memaafkan orang lain, antara lain:

Matius 6:14

Karena jikalau kamu mengampuni kesalahan orang, Bapamu yang di surga akan mengampuni kamu juga.

Kolose 3:13

Sabarlah kamu seorang terhadap yang lain, dan ampunilah seorang akan yang lain apabila yang seorang menaruh dendam terhadap yang lain, sama seperti Tuhan telah mengampuni kamu, kamu perbuat jugalah demikian.

Kolose 1:13-14

Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih; di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa.

Efesus 4:31-32

Segala kepahitan, kegeraman, kemarahan, pertikaian dan fitnah hendaklah dibuang dari antara kamu, demikian pula segala kejahatan. Tetapi hendaklah kamu ramah seorang terhadap yang lain, penuh kasih mesra dan saling mengampuni, sebagaimana Allah di dalam Kristus telah mengampuni kamu.

Lukas 17:3-4

Jagalah dirimu! Jikalau saudaramu berbuat dosa, tegurlah dia, dan jikalau ia menyesal, ampunilah dia. Bahkan jikalau ia berbuat dosa terhadap engkau tujuh kali sehari dan tujuh kali ia kembali kepadamu dan berkata: Aku menyesal, engkau harus mengampuni dia.

Lukas 6:37

Janganlah kamu menghakimi, maka kamu pun tidak akan dihakimi. Dan janganlah kamu menghukum, maka kamu pun tidak akan dihukum; ampunilah dan kamu akan diampuni.

Lukas 6:36

Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

Imamat 19:18

Janganlah engkau menuntut balas, dan janganlah menaruh dendam terhadap orang-orang sebangsamu, melainkan kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri, Akulah TUHAN.

Amsal 15:1

Jawaban yang lemah lembut meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.

Matius 18:21-22

Kemudian datanglah Petrus dan berkata kepada Yesus: "Tuhan, sampai berapa kali aku harus mengampuni saudaraku jika ia berbuat dosa terhadap aku? Sampai tujuh kali?" Yesus berkata kepadanya: "Bukan! Aku berkata kepadamu: Bukan sampai tujuh kali, melainkan sampai tujuh puluh kali tujuh kali."

Markus 11:25

Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di surga mengampuni kesalahan-kesalahanmu.

Matius 18:33

Bukankah engkau pun harus mengasihani kawanmu seperti aku telah mengasihani engkau?

2 Korintus 2:10

Sebab barangsiapa yang kamu ampuni kesalahannya, aku mengampuninya juga. Sebab jika aku mengampuni, – seandainya ada yang harus kuampuni –, maka hal itu kubuat oleh karena kamu di hadapan Kristus.

Amsal 19:11

Akal budi membuat seseorang panjang sabar dan orang itu dipuji karena memaafkan pelanggaran.

Roma 12:17

Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!

1 Tesalonika 5:15

Perhatikanlah, supaya jangan ada orang yang membalas jahat dengan jahat, tetapi usahakanlah senantiasa yang baik, terhadap kamu masing-masing dan terhadap semua orang.

Amsal 16:6

Dengan kasih dan kesetiaan, kesalahan diampuni, karena takut akan TUHAN orang menjauhi kejahatan.

Kejadian 50:17

Beginilah harus kamu katakan kepada Yusuf: Ampunilah kiranya kesalahan saudara-saudaramu dan dosa mereka, sebab mereka telah berbuat jahat kepadamu. Maka sekarang, ampunilah kiranya kesalahan yang dibuat hamba-hamba Allah ayahmu.” Lalu menangislah Yusuf, ketika orang berkata demikian kepadanya.

Ibrani 8:12

Sebab Aku akan menaruh belas kasihan terhadap kesalahan mereka dan tidak lagi mengingat dosa-dosa mereka.

Roma 12:21

Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

1 Petrus 3:9-10

dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab: “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari yang baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

Amsal 10:12

Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

Amsal 17:9

Siapa menutupi pelanggaran, mengejar kasih, tetapi siapa membangkit-bangkit perkara, menceraikan sahabat yang karib.

Matius 22:39

Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

2. Ayat Alkitab tentang memaafkan kesalahan orang lain melalui doa

2. Ayat Alkitab tentang memaafkan kesalahan orang lain melalui doa
Unsplash/Ben White

Tidak hanya melalui ucapan langsung kepadanya, kamu juga bisa memaafkan kesalahan orang lain melalui doa. Dengan doa yang dipanjatkan, kamu bisa ikut mendoakan dirinya agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

Berikut beberapa referensi kutipan ayat alkitab tentang memaafkan kesalahan orang lain melalui doa, antara lain:

Lukas 23:34a

Yesus berkata: "Ya Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat."

Bilangan 14:19

Ampunilah kiranya kesalahan bangsa ini sesuai dengan kebesaran kasih setia-Mu, seperti Engkau telah mengampuni bangsa ini mulai dari Mesir sampai ke mari.

3. Ayat Alkitab tentang peringatan jika seseorang tidak memaafkan orang lain

3. Ayat Alkitab tentang peringatan jika seseorang tidak memaafkan orang lain
Freepik/azerbaijan_stockers

Tuhan sangat mencintai orang-orang yang pemaaf. Melalui firman-Nya di Alkitab, Ia berulang kali mengingatkan kita untuk memaafkan kesalahan yang dilakukan orang lain. Bahkan ada peringatan tersendiri bagi kita yang tidak bisa memaafkan kesalahan.

Beberapa ayat Alkitab di bawah ini menunjukkan peringatan yang diberikan Tuhan kepada orang-orang yang tak mau memaafkan kesalahan orang lain. Berikut ayat Alkitab yang bisa jadi pedoman, antara lain:

Matius 6:15

Tetapi jikalau kamu tidak mengampuni orang, Bapamu juga tidak akan mengampuni kesalahanmu.

Matius 18:35

Maka Bapa-Ku yang di surga akan berbuat demikian juga terhadap kamu, apabila kamu masing-masing tidak mengampuni saudaramu dengan segenap hatimu.

Markus 11:26

[Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di surga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.]

Yohanes 20:23

Jikalau kamu mengampuni dosa orang, dosanya diampuni, dan jikalau kamu menyatakan dosa orang tetap ada, dosanya tetap ada.

Jadi, itulah 30 ayat Alkitab tentang memaafkan orang lain. Nah, ayat-ayat Alkitab di atas tak hanya sekadar dibaca saja, tetapi juga hendaknya selalu diingat, dipahami, dan menjadi pegangan bagi kita untuk saling memaafkan.

Semoga ayat Alkitab kali ini bermanfaat, ya.

Baca juga:

The Latest