Heboh Video Baby Leslar Hanya Makan Nasi dan Garam, Tuai Pro Kontra

Video Baby Leslar hanya makan nasi dengan garam menuai pro dan kontra dari warganet

TikTok.com/nfornabilaaa

Usai sempat diterpa kasus KDRT yang menghebohkan publik, Lesti Kejora dan Rizky Billar kini fokus memperbaiki kehidupan rumah tangga mereka. Keduanya sama-sama disibukkan dengan peran sebagai orangtua dari anak pertamanya, Muhammad Leslar Al-fatih Billar.

Selain itu, Lesti dan Billar diketahui kerap wara-wiri untuk liburan dan menghabiskan waktu bersama. Pasangan ini sempat liburan ke Thailand, hingga wisata dalam negeri seperti Cikole, Lembang.

Di tengah-tengah momen liburan tersebut, ada satu hal yang membuat heboh warganet, yakni saat ibunda Lesti Kejora menyuapi Baby Leslar dengan nasi dan garam.

Cuplikan video yang diunggah oleh salah satu pengguna TikTok tersebut pun viral dan mengundang berbagai reaksi warganet. Salah satunya adalah muncul kritikan bahwa bayi tidak boleh diberi makan nasi dan garam.

Berikut Popmama.com rangkum kabar soal Baby Leslar hanya diberi nasi dan garam serta penjelasan tentang bolehkah bayi makan garam.

1. Baby Leslar anteng digendong dan disuapi sang nenek

@nfornabilaaa

tadi leslar makan siang di lembang, baby L nya gemes bgt😍cuman makan nasi pake garem

♬ suara asli - Dramablessing_ - Dramablessing_

Beberapa waktu lalu, beredar video yang memperlihatkan Baby Leslar sedang bersama sang Nenek. Video yang diunggah oleh akun TikTok dengan nama pengguna @nfornabilaaa ini memperlihatkan Baby Leslar yang begitu anteng digendong sambil disuapi ibunda Lesti. 

Sementara itu, Lesti Kejora dan Rizky Billar terlihat sedang duduk lesehan di sebuah saung atau gubuk. Keduanya tampak sedang bersantai dan bercengkrama usai makan di saung.

2. Baby Leslar disuapi nasi dan garam

TikTok.com/nfornabilaaa

Sambil digendong, Baby Leslar disuapi makan dengan beralaskan daun pisang. Bayi berusia 11 bulan ini pun tampak sangat menikmati makanannya.

Namun, yang menjadi sorotan warganet adalah keterangan video tersebut mengungkapkan bahwa Baby Leslar hanya makan nasi yang dicampur dengan garam.

“Tadi Leslar makan siang di Lembang. Baby L nya gemes banget cuma makan nasi pake garem,” tulis pemilik akun tersebut pada caption unggahannya.

3. Momen Baby Leslar makan nasi dan garam mendapat beragam komentar dari warganet

TikTok.com/nfornabilaaa

Sontak saja video tersebut mencuri perhatian warganet hingga menuai lebih dari 1.600 komentar. Banyak warganet yang gemas dengan Baby Leslar yang begitu anteng bersama sang nenek.

Sebagian warganet merasa kagum karena keluarga ini dianggap sederhana saat memberi makan Baby Leslar dengan nasi dan garam beralaskan daun pisang. 

  • “Anak seorang artis diajarin hidup sederhana, apa adanya. Salut banget. Sehat selalu ya Abang L, panjang umur nak,” tulis pemilik akun @yunimasse.
  • “Masyaallah sederhana sekali makan nasi beralas daun pisang terus ditambah garam sedikit nasinya,” tulis pemilik akun @Ahdi@czr.
  • “Nih anak gedenya pasti sederhana, karena masih kecil aja makan sama nasi sama garem aja mau. Masyaallah, Insyaallah dewasa nanti jadi orang sukses nak,” tulis pemilik akun @aditamafdnshi.

4. Namun, ada juga warganet yang mengkritik karena Baby Leslar diberi garam

TikTok.com/nfornabilaaa

Meski banyak yang memuji kesederhanaan keluarga Lesti, namun tak sedikit juga warganet yang terkejut saat mengetahui Baby Leslar makan nasi hanya pakai garam. Banyak yang menyebutkan bahwa anak bayi tidak boleh makan makanan yang ditambahkan dengan garam. 

  • “Anak belum setahun nggak boleh dikasih garam tauk,” tulis pemilik akun @Nadhifidan.
  • “Kasian loh pake garam ginjalnya belum kuat,” tulis pemilik akun @Ervi Sayang.
  • “Ya kali nasi sama garam. Kadang-kadang,” tulis pemilik akun @Yanic.

5. Lantas, bolehkan menambahkan garam pada makanan bayi?

Freepik/Jcomp

Dikutip dari laman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), bayi di bawah usia satu tahun boleh mendapat asupan garam. Umumnya, garam dan gula ditambahkan ke dalam hidangan bayi untuk menambah nafsu makannya. 

Namun, perlu digarisbawahi bahwa makanan bayi hanya boleh diberikan garam sesedikit mungkin. Dilansir dari National Health Service UK, bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberi garam lebih dari 1 gram sehari.

Pemberian garam yang berlebihan bisa merusak fungsi organ ginjal dan meningkatkan risiko terserang hipertensi saat bayi beranjak dewasa. Pasalnya, asupan garam dalam jumlah tinggi bisa membuat ginjal tidak dapat memproses dan membuang garam ke luar dari tubuh si Kecil. 

Demikian rangkuman kabar mengenai Baby Leslar hanya diberi nasi dan garam. Jadi, pada dasarnya Mama boleh menambahkan gula dan garam untuk meningkatkan nafsu makan si Kecil. Namun, sebaiknya berikan dalam takaran yang sedikit dan konsultasikan ke dokter bila perlu.

Semoga informasi ini bisa menambah wawasan, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest