Cara Membuat Kartu Ucapan Unik untuk Hari Guru dari Kertas Origami

Selain dihari guru, kartu ucapan unik ini juga dapat digunakan saat ulang tahun ataupun hari raya

Youtube.com/Globe studio one

Setiap tanggal 25 November, anak-anak sekolah memperingati perayaan hari guru nasional. Anak-anak-anak akan memperingati hari guru di sekolah, dengan melaksanakan upacara.  

Setelah upacara berakhir biasanya akan terjadi sebuah momen yang mengharukan, dimana anak-anak mengungkapkan rasa terima kasih mereka kepada guru-guru yang telah mendidiknya selama ini.

Selain bersalam-salaman, ungkapan rasa terima kasih tersebut juga umumnya akan disimbolkan dalam bentuk penyerahan hadiah berupa bunga ataupun barang. Memberikan hadiah tidak lengkap rasanya tanpa adanya kartu ucapan.

Sebaiknya, kartu ucapan dibuat dalam bentuk yang semenarik mungkin, supaya kartu tersebut dapat disimpan sebagai kenang-kenangan.

Dalam hal ini Mama dapat membantu anak untuk membuat kartu ucapan yang menarik dalam rangka merayakan hari guru. Berikut Popmama.com berikan cara membuat kartu ucapan unik dari kertas origami untuk hari guru berbentuk baju yang mudah untuk diikuti. Yuk, disimak!

1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan

Pexels/oliadanilevich

Sebelum mulai membuat, persiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan : 

  • Kertas origami ukuran bebas (disarankan ukuran yang besar)
  • Kertas HVS 1 lembar untuk menulis ucapan
  • Gunting
  • Lem kertas/ doubletip

2. Tulis ucapan yang ingin disampaikan

Pexels/karolinagrabowska

Tulis ucapan yang ingin disampaikan dalam kertas hvs yang tersedia. Tulislah ucapan di bagian tengah kertas hvs (Jangan terlalu mepet dengan garis). Jika ingin menggunakan kertas lain selain kertas HVS, gunakan warna kertas yang terang agar tulisan tetap terlihat jelas.

3. Siapkan kertas origami

Youtube.com/Fahima's craft and art world

Siapkan kertas origami, kemudian lipatlah kedua sisi origami ke tengah. Pastikan kedua lipatan tersebut seimbang antara bagian kanan dan kirinya. Tekan-tekan kertas origami hingga terlihat jelas garis lipatannya di dalam.

4. Lipat origami hingga menyerupai jas

youtube.com/Globe studio one

Lipat bagian ujung atas sisi kanan dan kiri origami ke luar, hingga membentuk segitiga dan menyerupai kerah jas. Ambil kertas hvs yang berisi tulisan, kemudian gunting kertas hvs tersebut. Sesuaikan dengan ukuran bagian tengah origami yang terlihat garis lipatan, lebihkan 2 cm.

5. Tempelkan ucapan pada origami

Youtube.com/Fahima's craft and art world

Tempelkan kertas hvs berisi ucapan tepat pada bagian tengah origami. Posisikan bagian atas kertas hvs lebih panjang daripada kertas origami. Setelah kertas hvs sudah tertempel, buatlah tanda di bagian tengah kertas hvs yang melebihi kertas origami. Kemudian gunting sisi kanan dan kirinya dan lipat ke tengah hingga membentuk kerah baju.

6. Buatlah dasi

youtube/little idea zone

Ambil kertas origami baru, kemudian lipatlah kertas origami hingga membentuk layang-layang. Kemudian balik kertas origami dan lipat bagian ujungnya ke luar. Lipat lagi bagian ujungnya ke atas. Balik lagi kertas origami tersebut, lipat sisi kanan dan kirinya ke tengah. Lipat bagian ujungnya ke belakang.

7. Tempelkan dasi dan hiasan lainnya

youtube/little idea zone

Tempelkan dasi di bagian tengah kerah baju (kertas hvs). Kemudian buat hiasan lainnya seperti kancing, saku menggunakan kertas origami yang baru, disarankan dengan warna yang berbeda dengan warna kertas origami pertama supaya warnanya tidak nabrak.

8. Kartu ucapan sudah siap

youtube.com/Globe studio one

Setelah hiasan selesai ditempel dan kartu ucapan dipastikan sudah menyerupai kemeja dan jas, kartu ucapan siap diberikan kepada Bapak/Ibu guru. Supaya lebih menarik, kartu ucapan tersebut bisa dilengkapi dengan gambar ataupun pernak-pernik.

Itu dia cara membuat kartu ucapan unik dari kertas origami, salah satunya berbentuk baju seperti di atas. Buat Mama yang mau coba, bisa ikuti langkah-langkah di atas ya, Ma!

Baca Juga :

The Latest