TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

7 Kerajinan Tangan yang Mudah dan Menggemaskan untuk Balita

Yuk, ajak si Kecil berkreasi!

Freepik

Pandemi Covid-19 yang mengharuskan semua orang berdiam diri di rumah tentu membuat banyak orang mulai merasa bosan dengan kegiatan yang itu-itu aja. Begitu pula dengan anak-anak yang pada dasarnya lebih mudah merasa bosan dibanding orang dewasa.

Jika si Kecil bosan dengan kegiatan itu-itu aja selama di rumah, Mama bisa mengajaknya membuat sebuah prakarya dari kerajinan tangan lho! Selain bahan-bahan yang mudah didapat, membuat prakarya juga akan mengisi waktu luang Mama dan anak dengan lebih beragam.

Tak melulu dengan gadget, anak tentu akan menyukai kegiatan membuat kerajinan tangan. Selain menyenangkan, membuat berbagai kerajinan tangan juga akan melatih keterampilan dan motorik halus anak.

Nah, untuk Mama dan si Kecil yang akan membuat sebuah prakarya, yuk simak rangkuman Popmama.com mengenai 7 ide kerajinan tangan yang mudah dan menggemaskan untuk balita. Dijamin anak suka deh, Ma!

1. Ubur-ubur warna-warni

Iheartcraftythings.com

Kerajinan ini tentu akan membawa anak ke dalam suasana berkunjung ke akuarium dengan ikan dan ubur-ubur yang berenang di dalam akuarium besar. Bahan dan cara membuatnya pun cukup mudah. 

Mama cukup menyiapkan gelas kertas berukuran kecil, kertas warna-warni, mata googly sebagai mata ubur-ubur, lem perekat, tali berwarna putih, pita, gunting kertas. Cara membuatnya sebagai berikut:

  • Mulailah dengan memotong kertas menjadi kotak. Mama bisa membantu mengguntingkan kertas tersebut alih-alih memberikan gunting langsung padanya. Gunakan kertas berbeda warna agar ubur-ubur terlihat berwarna-warni.
  • Ambil gelas kertas kemudian minta si Kecil untuk membalik gelas tersebut. Lalu oleskan lem ke seluruh bagian bawah dan sampingnya.
  • Sekarang biarkan anak menempelkan kertas warna yang sudah dipotong tadi pada bagian atas yang telah diberi lem. Pastikan seluruh gelas tertutupi dengan kertas.
  • Berikan lubang di tengah gelas tadi, kemudian berikan tali dan ikat simpul bagian dalam untuk memegang gelas.
  • Bagian yang sudah diikat simpul tadi bisa direkatkan ke bagian dalam gelas dengan pita yang sudah disiapkan.
  • Lengkapi ubur-ubur berwarna-warni ini dengan menempelkan mata googly di kedua sisi cangkir kertas.
  • Gunakan tali untuk menggantungnya di mana saja atau si Kecil dapat memegang tali dan bermain dengannya.

2. Lukisan kain perca

Pondokibu.com

Meski sering tak dimanfaatkan, sebagian orang yang kreatif justru membuat kerajinan tangan dari kain perca. Mama bisa membuat prakarya mudah dari bahan kain perca ini. 

Pertama Mama bisa memulai menyiapkan beberapa potong kain perca, lem, kertas atau kanvas, gunting, dan pensil. Caranya mudah, Mama bisa memulai menggambar pola kesukaan anak pada kain parca.Kemudian gunting pola tersebut dan tempelkan pada kertas atau kanvas.

Sesuaikan pola dengan warna kain parca yang ada ya, Ma. Ini akan membuat lukisan dari kain parca menjadi lebih indah dan berwarna. Mama juga bisa memberikan bingkai pada pola yang sudah temeplekan di kertas atau kanvas.

Jadilah hiasan dinding yang cantik buatan Mama dan si Kecil. Selain mudah, tentunya anak akan merasa bangga ketika melihat hasil karyanya dipajang di rumah. Yuk, Ma coba ajak di Kecil membuat ini.

3. Ikan warna-warni dari kertas

Parenting.firstcry.com

Jika si Kecil memiliki lebih banyak kertas warna, ini tentu bisa Mama manfaatkan untuk mengajaknya membuat prakraya yang mudah dan menggemaskan. Seperti membuat ikan warna-warni. Bahannya pun mudah didapat.

Pertama Mama bisa siapkan kertas warna, mata gogly untuk hiasan mata pada ikan, spidol hitam, payet warna, gunting, lem, stapler. Cara membuatnya pun mudah, yuk simak berikut ini:

  • Potong kertas warna menjadi dua bagian. Potongnya harus dalam bentuk memanjang ya, Ma.
  • Dari satu potongan panjang itu, potong segitiga dari ujung kertas. Lalu minta si Kecil melipat kertas tersebut tanpa membuat lipatan di tengah sehingga kedua ujungnya saling bersentuhan.
  • Sekarang potong segitiga dari tepi yang terlipat dan minta si Kecil untuk menggambar garis dengan spidol hitam pada segitiga ini agar terlihat seperti sirip. Pastikan ia juga menggambar garis di bagian belakang potongan segitiga.
  • Sekarang masukkan segitiga kecil di samping dan stapler mereka untuk menutup persegi panjang dan segitiga agar terlihat seperti sirip. Tekuk sedikit untuk memberikan tampilan dua dimensi.
  • Ambil lem dan rekatkan mata googly di setiap sisi mulut ikan.
  • Ambil segitiga besar dan tempel di belakang untuk membuat sirip kembali.
  • Tempatkan lem dengan cara dot di seluruh tubuh ikan. Tempelkan payet ke titik-titik ini untuk membuat ikan berwarna-warni.
  • Biarkan lem mengering dan ikan kertas sudah siap dimainkan.

4. Bunga teratai dari sedotan

advintro.blogspot

JIka anak Mama perempuan, tentu ia menyukai bunga, bukan? Mama bisa mengajak si Kecil berkreasi membuat bunga dari sedotan lho. Bahannya pun mudah, cukup siapkan 12 sedotan warna bebas, kawat, gunting, putik dan kelopak plastik.

Caranya mudah, pertama ambil sebuah sedotan lalu gunting menjadi 4 potong. Mama bisa meminta si Kecil melakukan langkah ini pada sedotan lainnya sehingga terdaat 48 buah guntingan sedotan.

Ambil sepotong sedotan, kemudian gunting menyamping. Buka potongan sedotan lalu lipat keluar mengikuti garis sedotan. Kemudian lipat balik bagian pangkah kelopak dan tusuklah ujung sedotan satu persatu pada kawat.

Pastikan menusuknya rapat ya, Ma. Jika sudah, barulah Mama bisa mengikat ujung kawat dengan ujung satunya hingga menyerupai bunga. Setelah itu tambahkan putik dan kelopak plastik. Bunga teratai sederhana pun sudah jadi!

5. Membuat tempat pensil dari botol bekas

Handicraft.INDRAAPP

Tak melulu menjadi sampah, botol-botol bekas minuman yang ada di rumah bisa Mama manfaatkan untuk kerajinan tangan yang bermanfaat bagi anak lho. Mama bisa mengajak si Kecil membuat tempat pensil dari botol bekas.

Pertama tentunya Mama perlu menyiapkan botol bekas, beberapa lembar kain flanel warna, lem, dan gunting. Ketika bahan siap, pastikan botol sudah dalam keadaan bersih sebelum dibuat tempat pensil ya, Ma.

Langkah pertama untuk membuatnya adalah dengan memotong bagian atas botol. Kemudian tutup sehelai kain flanel pada bagian luar botol dan gambarlah pola pada kertas. Polanya bebas bisa apa saja yang si Kecil suka.

Jika sudah digambar, tempel pola pada kain flanel dan gunting sesuai pola. Setelah itu Mama bisa meminta si Kecil menempelkan flanel berpola tersebut pada botol. Tempat pensil berbalut flanel yang cantik pun sudah jadi dan siap digunakan.

6. Kepiting dari gelas kertas

Adahobi.com

Kerajinan tangan satu ini juga cukup mudah untuk dibuat bersama si Kecil. Untuk membuatnya, Mama perlu menyiapkan gelas kertas atau gelas plastik, kertas karton, cat warna merah, mata googly, spidol hitam.

Langkah pertama adalah ambil gelas lalu warnai seluruh permukaan luarnya dengan cat merah. Biarkan si Kecil yang melakukannya, kegiatan ini tentu akan membuat si Kecil senang. Setelah itu buat kaki kepiting terlebih dahulu sambil menunggu gelas tadi kering.

Mama bisa menyiapkan pola kaki kepiting agar si Kecil bisa dengan mudah menjiplaknya di kerta karton. Setelah selesai, gunting sesuai pola yang sudah digambar tadi. Jika gelas sudah kering, tempelkan kaki tersebut pada bagian belakang gelas menggunakan lem.

Sentuhan akhir adalah memberikan mata pada bagian depan gelas, jangan lupa biarkan si Kecil menggambar bibir dengan spidol yang telah disiapkan. Mainan kepiting menggemaskan pun sudah selesai!

7. Pesawat terbang dari botol

Masandpas.com

Si Kecil bosan dengan mainannya yang itu-itu aja? Coba ajak membuat pesawat terbang dari botol yuk, Ma!

Pertama siapkan botol plastik ukuran sedang, kardus bekas, cutter, pensil, penggaris, gunting, dan cat untuk mewarnai pesawat lebih cantik. Jika bahan sudah siap, langkah-langkahnya seperti berikut ini:

  • Bersihkan botol terlebih dahulu, termasuk melepaskan plastik merk yang ada dibagian luar botol. 
  • Buat rancangan sayap pesawat dari kardus bekas, kemudian potong menggunakan cutter atau gunting.
  • Gunakan cutter untuk menyayat bagian samping botol di kedua sisinya. Ini untuk menempatkan bagian sayap pesawat nantinya.
  • Masukan sayap pesawat dari sebelah kanan hingga keluar dari sisi kiri, masukan secara perlahan ya, Ma. 
  • Sebagai pelengkap, buat juga pola untuk ekor dan baling-baling pesawat, kemudian lakukan seperti tahap pemasakan sayap.
  • Agar lebih cantik, Mama bisa mengajak si Kecil mengecat bagian pesawat dengan cat poster. Pesawat sederhan nan menggemaskan ini pun siap dimainkan!

Itulah 7 ide kerajinan tangan mudah dan menggemaskan yang bisa dibuat bersama si Kecil. Mudah, kan? Yuk, ajak si Kecil berkreasi untuk mengisi waktu luangnya.

Baca juga:

The Latest