9 Cara Belajar Mengenal Bentuk dan Huruf dengan Playdough

Meningkatkan perkembangan motorik dan sesori anak

29 April 2020

9 Cara Belajar Mengenal Bentuk Huruf Playdough
Freepik/Maria-sbytova

Mengisi waktu luang dengan bermain bersama anak adalah aktivitas yang menyenangkan, apalagi jika permainannya dapat mendukung petumbuhan dan perkembangan otaknya. Walaupun terkesan sederhana, manfaat bermain play-doh atau playdough untuk balita ternyata luar biasa.

Playdough merupakan bentuk modern dari permainan tanah liat, yang bisa menjadi salah satu alternative permainan bagi anak berusia balita, karena mencakup berbagai aspek perkembangan dan pembelajaran, seperti skill motorik dan sensori nya.

Sifat playdough yang mudah dibentuk dapat memudahkan Mama untuk memperkenalkan anak pada berbagai huruf, bentuk, warna, angka, dan sebagainya. Serta memiliki berbagai warna mencolok yang dapat menarik perhatian anak.

Nah kali ini Popmama.com memberikan 9 cara untuk mengajari si Kecil mengenal bentuk dan huruf menggunakan playdough yang tentunya aman untuk anak.

Ini bisa menjadi cara untuk mengisi kegiatan selama puasa di bulan Ramadan bersama si Kecil.

1. Membuat fosil dinosaurus dengan memanfaaatkan mainan anak yang dicetak pada playdough

1. Membuat fosil dinosaurus memanfaaatkan mainan anak dicetak playdough
Instagram.com/Meadowlark.sg

Mungkin Mama dan si Kecil sudah tak asing lagi dengan mainan yang berbentuk dinosaurus bukan? Karena fosil aslinya mungkin sulit dijumpai karena ada di museum, jika anak memilikinya bisa lho dimanfaatkan untuk memperkenalkan anak pada fosil-fosil dinosaurus. Caranya pun menyenangkan dan mudah dilakukan.

Ambil beberapa playdough dan letakan dalam suatu wadah seperti mangkuk atau gelas mainan, ratakan setiap sisinya. Ajak si Kecil untuk meletakkan dinosaurus pada bagian atas hingga bentuk mainannya dapat tercetak pada playdough.

Akan lebih menyenangkan jika mainan fosil dinosaurus berbentuk kerangka atau tulang-tulangnya, sehingga pada playdough seperti tercetak fosil sungguhan.

2. Memperkenalkan berbagai bentuk binatang dengan menggunakan playdough dan cetakan coklat

2. Memperkenalkan berbagai bentuk binatang menggunakan playdough cetakan coklat
Instagram.com/Magda_i_sasanki

Bermain playdough dapat membantu anak untuk mulai mengeksplorasi hal-hal yang belum pernah ia lihat sebelumnya, seperti berbagai macam hewan yang ada di dunia. Selain menunjukkannya lewat buku cerita atau dari televisi, Mama dapat mengajak anak untuk membuat bentuk-bentuk binatang menggunakan playdough dan cetakan coklat.

Gunakan cetakan coklat yang sudah dibersihkan sebelumnya, lalu ajak anak untuk memilih warna yang ia suka dan letakan pada cetakan hingga menutupi setiap sisinya. Jika sudah terbentuk Mama dapat menunjukkan serta menyebutkan nama atau suara hewan tersebut.

3. Mengisi waktu luang bersama anak dengan membuat bentuk pelangi yang indah dan menarik

3. Mengisi waktu luang bersama anak membuat bentuk pelangi indah menarik
Instagram.com/Letsdough

Jika anak mengajak bermain disaat Mama memiliki waktu luang yang tak banyak, ajak si Kecil untuk membuat pelangi yang indah. Tak hanya indah dan menarik, namun membuat pelangi dari playdough dapat mudah diajarkan untuk anak, sehingga Mama dapat mengawasinya dalam jarak yang tidak jauh sambil mengerjakan aktivitas lain.

Pilih warna-warna pelangi seperti merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, atau warna-warna cerah lainnya, gulung setiap warna satu persatu, lalu susun setiap warna dengan bentuk melengkung agar menyerupai pelangi. Kemudian hias dengan menggunakan glitter atau bunga-bunga kering agar pelangi menjadi lebih indah.

Editors' Picks

4. Membuat ‘sarang lebah’ dari kertas gulungan tisu toilet yang diberi lem berbentuk segi enam

4. Membuat ‘sarang lebah’ dari kertas gulungan tisu toilet diberi lem berbentuk segi enam
Instagram.com/Cara_florance

Mama dapat memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak digunakan untuk membuat permainan playdough menjadi lebih menyenangkan. Misalnya seperti membuat bentuk sarang lebah pada playdough. Jika menggambarnya satu persatu mungkin akan membutuhkan waktu banyak dan membosankan bukan?

Namun, Mama dapat mengambil kertas bekas gulungan tisu toilet, kemudian menggunakan lem tembak untuk membentuk sarang lebah yang berbentuk segi enam. Setelah kering, ajak anak untuk memutarkan cetakan sarang lebah pada playdough yang telah dipipihkan.

Jangan lupa untuk menambahkan stiker gambar lebah untuk membuat sarang lebah menjadi lebih unik dan menarik.

5. Bermain ‘dokter-dokteran’ bersama anak dengan membuat kerangka mainan dari playdough

5. Bermain ‘dokter-dokteran’ bersama anak membuat kerangka mainan dari playdough
Instagram.com/Raising_red_heads

Mengajak anak untuk bermain sebagai dokter mungkin dapat meningkatkan minat dan potensinya, walaupun terdengar sulit dan serius untuk bermain dengan balita, bermain ‘dokter-dokteran’ bersama anak bisa jadi menyenangkan lho Ma!

Mama dapat mengajak si Kecil untuk mencetak bentuk badan manusia menggunakan cetakan kue, lalu ajarkan anak untuk membuat bagian kepala dengan membuat bola, lalu bagian tulang dengan menggunakan playdough yang lebih kecil dan tipis, serta bagian tangan dan kaki dengan playdough yang lebih pendek.

Selain bentuk tubuh, Mama dapat membentuk bagian-bagian tubuh manusia lainnya seperti tangan atau kaki.

6. Menggunakan peralatan yang mudah ditemukan di rumah untuk membentuk hewan-hewan

6. Menggunakan peralatan mudah ditemukan rumah membentuk hewan-hewan
Instagram.com/Brightboxplaykit

Bermain dengan anak tidak harus selalu dengan membelinya di toko, Mama dapat menyiasatinya dengan menggunakan barang-barang yang mudah ditemukan di rumah, seperti peralatan membuat kue. Jika Mama sering membuat kue, tentunya tidak asing dengan cetakan kue yang berbentuk hewan-hewan.

Nah, cetakan kue dapat dimanfaatkan lho untuk bermain playdough karena teksturnya yang lembut dan mudah dibentuk. Gunakan berbagai cetakan kue berbentuk hewan untuk mengajarkan anak nama-nama hewan, atau gunakan cetakan kue berbentuk geometri seperti lingkaran, persegi, dan segitiga untuk mengajarinya nama-nama bentuk.

7. Memperkenalkan huruf-huruf pada si Kecil dengan mencetak dan menghias nama pada playdough

7. Memperkenalkan huruf-huruf si Kecil mencetak menghias nama playdough
Instagram.com/Howweplayandlearn

Memperkenalkan huruf-huruf lebih mudah dengan anak jika dilakukan pada saat bermain, seperti mencetak namanya pada playdough yang telah dipipihkan. Gunakan mainan huruf-huruf atau menggunakan magnet huruf, bantu si Kecil menempelkannya pada playdough.

Selain menuliskan namanya, Mama juga dapat mengarahkan anak untuk menuliskan anggota keluarga lainnya, nama hewan, nama tokoh kartun favoritnya, nama warna. Kemudian jangan lupa untuk memberikan hiasan pada setiap tulisan agar menjadi lebih menarik.

Seperti menggunakan manik-manik, mote-mote plastik, glitter, dan sebagainya. Selain mencetaknya, Mama juga dapat mengajarkan anak nama-nama dan bunyi dari setiap huruf. Mendidik anak sedikit demi sedikit dengan cara yang menyenangkan itu mudah dilakukan, bukan?

8. Mengajari si Kecil cara berhitung dengan playdough yang sederhana namun juga menyenangkan

8. Mengajari si Kecil cara berhitung playdough sederhana namun juga menyenangkan
Instagram.com/Montessorifromtheheart

Mengajari anak menghitung mungkin merupakan hal yang membosankan dan kurang menyenangkan. Namun Mama bisa ajak anak untuk bermain sambil belajar menghitung dengan menggunakan playdough. Caranya pun juga tidak sulit, cukup bentuk playdough yang menarik seperti hati, bintang, segitiga, lingkaran, dan sebagainya.

Kemudian hitung bersama setiap bentuk yang diambil, lalu dipisahkan sesuai angkanya. Jangan lupa untuk memberikan apresiasi setiap selesai bermain dan belajar. Kemudian lakukan permainan menghitung lagi beberapa hari setelahnya agar anak tidak merasa jenuh.

9. Membuat playdough menjadi lebih menarik dengan mencampurkan bunga-bunga yang sudah kering

9. Membuat playdough menjadi lebih menarik mencampurkan bunga-bunga sudah kering
Instagram.com/Inspiremyplay

Mungkin anak dapat merasa bosan jika playdough yang dimainkan tidak variatif, dan terkesan itu-itu saja. Agar anak tidak mudah bosan, ambil beberapa bunga kering yang berada di taman atau teras rumah.

Kemudian potong-potong kecil setiap bagian bunga kering dan biarkan si Kecil mencampurkannya pada playdough saat bermain.

Nah tadi merupakan 9 cara bermain serta mengajak anak belajar untuk mengenal berbagai bentuk, huruf, dan hewan menggunakan playdough. Walaupun dipastikan aman, namun jangan lupa untuk selalu mengawasi anak pada saat bermain playdough ya Ma, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mudah kan Ma, main playdough bisa sambil belajar bentuk dan mengenal huruf!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.