TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

8 Buah yang Baik Dikonsumsi saat Sahur, Mengandung Banyak Air

Beberapa buah ini mudah didapat, sangat dianjurkan saat sahur

Freepik/Racool_studio

Untuk mendapatkan puasa yang berkualitas, kamu perlu punya sahur yang berkualitas. Jangan lupa untuk mengonsumsi buah dengan banyak air di dalamnya. 

Selain minum, kamu perlu menyiasati menu sahur agar tenggorokan tidak mudah kering dan tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menghindari menu yang berminyak atau tinggi garam. 

Sebaiknya, konsumsi menu yang berkuah dan dibarengi dengan buah yang kaya air dan serat. Dirangkum Popmama.com, inilah daftar buah yang baik dikonsumsi saat sahur. 

1. Semangka yang mengandung air sebanyak 92%

Freepik/8photo

Buah yang satu ini memang identik dengan nuansa musim panas. Mengonsumsi semangka memberikan kesegaran tersendiri, terutama saat sedang haus. 

Bagaimana tidak, 1 cup porsi semangka setara dengan 118 ml air. Ini dikarenakan 92% dari buah ini terdiri dari air, demikian ditengok dari Healthline

Di dalamnya terkandung vitamin C, vitamin A, dan magnesium. Untuk Mama yang sedang diet juga cocok karena buah ini mengandung kalori yang rendah. 

2. Stroberi yang segar dan banyak airnya

Freepik/KamranAydinov

Saat menggigit stroberi yang dagingnya gemuk, maka akan langsung terasa bagaimana air banyak terkandung di dalamnya. Setidaknya 91% dari kandungan stroberi adalah air. 

Stroberi juga mengandung banyak serat yang tinggi antioksidan serta kaya vitamin dan mineral. Mama bisa menyajikan stroberi secara langsung atau dijadikan jus agar anak-anak lebih tertarik untuk mengonsumsinya. 

3. Melon yang mengurangi nafsu makan juga

Pixabay/PublicDomainPictures

Selanjutnya ada melon yang mengandung tinggi air. Melon, terutama jenis cantaloupe, memiliki nutrisi tinggi dan bisa membantu menjaga kesehatanmu. 

Satu porsi melon mengandung serat yang mampu mengurangi rasa lapar. Penting untuk saat puasa, kan?

Melon jenis cantaloupe juga mengandung vitamin A yang memenuhi kebutuhan tubuh sebanyak 120% dari kebutuhan harian. Sedangkan menurut penelitian, vitamin A bisa membantu tubuh melawan infeksi. 

Selain tidak mudah lapar dan haus, juga bikin tidak mudah sakit. 

4. Jeruk yang tinggi vitamin C

Freepik/wirestock

Seperti diketahui, jeruk juga mengandung vitamin C yang tinggi. Di dalamnya juga terkandung potassium yang membantu menjaga imun tubuh dan kesehatan hati. 

Buah berwarna oranye ini memiliki antioksidan yang tinggi, termasuk flavonoid yang menjaga sel dari kerusakan dan mengurangi inflamasi. 

Dalam 1 buah jeruk, terkandung 118 ml air, lho. 

5. Tomat yang bisa jadi campuran salad

Freepik/Racool_studio

Dalam tomat, 94% di antaranya adalah air. Selain itu, tomat mengandung serat dan vitamin C yang baik untuk tubuh. 

Untuk menikmatinya, Mama bisa menggabungkan tomat dengan selada dan mentimun untuk dijadikan salad. Kedua sayuran tersebut juga mengandung air yang cukup tinggi. 

6. Anggur yang baik untuk tulang dan darah

Pixabay/Bru-nO

Selanjutnya ada anggur yang manis dan menyegarkan. Anggur memang dikenal sebagai salah satu buah yang tinggi kandungan airnya. 

Anggur juga kaya akan vitamin K yang baik untuk kesehatan darah serta tulang, dan tembaga yang baik untuk memproduksi energi pada tubuh. 

Sedangkan pada anggur yang berwarna merah atau gelap, maka kandungan antioksidannya jadi lebih tinggi dibanding anggur yang berwarna terang. 

7. Pir yang bisa mempercepat penyembuhan luka

Freepik/Stockking

Selain apel, ada pir yang buahnya mirip dan rasanya nikmat. Bedanya, pir lebih berair dibanding apel. Inilah kenapa buah ini sangat cocok dinikmati saat sahur. 

Dalam kandungan pir, tak hanya tinggi air saja, tapi juga mengandung banyak vitamin dan mineral seperti folat, provitamin A, dan niacin. 

8. Nanas yang tinggi antioksidan juga

Freepik.com/8photo

Buah khas tropis, nanas, punya kandungan air yang tinggi. Ia juga memiliki daging yang segar dan rasa yang manis. Selain air, nanas juga mengandung magnesium, vitamin C, zinc, dan potassium. 

Mengonsumsi nanas matang secara rutin dikabarkan bisa membantu menjaga kesehatan rahim. Wah, boleh dicoba!

Itu dia daftar buah yang mengandung banyak air dan bisa dikonsumsi saat sahur. Untuk puasa yang lebih berkualitas, Ma!

Baca juga:

The Latest