TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Masih Sempat! 7 Cara Membuat Resolusi Tahun Baru yang Optimal

Mumpung masih awal tahun, yuk buat resolusi tahunan

Freepik

Bulan Januari menjadi waktu yang tepat dalam merancangkan rencana untuk satu tahun ke depan. 

Membuat resolusi tahunan membuat kita memahami berbagai target, harapan, dan impian yang ingin kita raih pada tahun 2020 ini. 

Selagi masih awal tahun dan awal bulan, tak ada salahnya mendaftar rencana di tahun ini dengan tekad yang baru seperti berhenti merokok, menurunkan berat badan, atau keinginan untuk mengunjungi tempat baru.

Mungkin resolusi ini terdengar familier dan mungkin persis seperti yang kamu buat setahun yang lalu!

Jadi bagaimana kamu bisa memastikan bahwa tekad untuk menjadi lebih sehat pada tahun 2020? Caranya, dengan menciptakan kebiasaan baru.

Menciptakan kebiasaan baru membutuhkan waktu dan energi. 

Perilaku baru tidak akan menjadi otomatis dalam semalam, tetapi kamu dapat menikmati beberapa manfaatnya dengan cukup cepat. 

Dok. McDonald's Indonesia

Pada Jum'at (10/01/2020) lalu, Caroline Kurniadjadja selaku Associate Director of Marketing McDonald’s Indonesia mengatakan harapan bisa diwujudkan dengan berbagai usaha, semangat, dan keyakinan agar resolusi serta harapan bisa terwujud. "Setiap mimpi yang diimbangi dengan kegigihan, semangat, dan kerja keras, semua pasti akan terwujud," kata Caroline. 

Dalam acara launching rangkaian menu Prosperity yang dikenalkan masyarakat sejak 2 Januari 2020 McDonald’s yaitu variasi baru Mushroom Steak Burger yang merupakan burger dengan daging sapi pilihan dilapisi saus jamur spesial, Caroline menyampaikan bahwa McDonald’s Indonesia juga memiliki kompetisi #RayakanHarapan3.

Kompetisi ini akan memilih 3 pemenang yang harapannya akan dibantu untuk diwujudkan oleh McDonald’s Indonesia. 

Adapun mekanisme kompetisi ini ialah dengan posting foto harapan yang diinginkan, contoh: harapan ingin laptop baru, maka foto yang di posting ialah laptop yang diinginkan,  lalu tulis keterangan foto mengenai harapan tersebut serta mention ke @McDonaldsID dan diberi hashtag #RayakanHarapan3. Terdapat tiga periode kompetisi, dengan waktu sebagai berikut: 
Periode I    : 7 Jan – 16 Jan, Pengumuman pemenang: 25 Jan 
Periode II    : 17 Jan – 26 Jan, Pengumuman pemenang: 3 Feb
Periode III    : 27 Jan – 5 Feb, Pengumuman pemenang: 12 Feb
McDonald’s akan memilih satu pemenang pada masing-masing periode untuk diwujudkan harapannya

Nah, selain kamu bisa mewujudkan impianmu di tahun ini dengan mengikuti program yang diadakan oleh McDonald's, kamu juga bisa mencoba tujuh tips berikut untuk membantu kamu mewujudkan resolusi dan menenciptakan perubahan di tahun yang baru ini. Bagaimana caranya? 

1. Bermimpi besar bukan kesalahan

Freepik

Ini  adalah keberanian yang sangat menarik. Jika tahun ini kamu punya resolusi menurunkan 50 kilogram atau  punya mimpi membawa orangtuamu umroh, maka itu adalah mimpi besarmu tahun ini. Bahkan kamu bisa bermimpi melebihi kemampuanmu, itu bukan kesalahan. 

Jadikan mimpi adalah ketekunan, dorongan, dan dukungan, kamu dapat melakukannya.

Tujuan ambisius seringkali menginspirasi orang lain di sekitar kita. Banyak yang akan mendukung kita. 

Beberapa akan dengan senang hati membantu dengan cara-cara praktis, seperti teman ikut kamu olahraga atau menyarankan kamu mengambil pekerjaan paruh waktu untuk kamu menambah tabungan. 

2. Uraikan mimpi besar menjadi langkah yang cukup kecil

Pexels/Breakingpic

Sekarang pikirkanlah lebih kecil.  Langkah-langkah kecil membuat kamu maju ke tujuan akhir. Misalnya adalah membuat wishlist

Jika kamu memulai setiap rencana dengan mendaftarnya, kamu dijamin untuk mencentang satu kotak dengan cepat.

Pada daftar harapan, cantumkan tugas atau prioritas yang paling kecil atau paling mudah di daftar teratas lalu buat semakin sulit hingga daftar terbawah.

Lakukan satu persatu untuk mencapai tujuan akhir, setelah selesai centang kolomnya. 

3. Pahami mengapa kamu tidak harus melakukan perubahan

Freepik/Jcomp

Dalam membuat perubahan atau saat ingin mencapai resolusi, kamu harus memahami alasan mengapa kamu harus berubah atau seberapa penting kamu ingin mewujudkan resolusi tersebut. 

Misalnya, perilaku tidak sehat seperti makan berlebihan dan merokok memiliki hasil langsung yang tak menyenangkan serta biaya yang banyak dikeluarkan.

Lalu, pikirkan apa yang harus kamu lakukan untuk menghilangkan kebiasaan ini. 

Jadi, ketika kamu mempertimbangkan perubahan, luangkan waktu untuk memikirkannya.

4. Komit pada diri sendiri

Pexels/Just Name

Buatlah diri bertanggung jawab melalui janji tertulis atau lisan kepada orang terdekat, dan kamu tidak ingin menyangkal hal tersebut. 

Itu akan mendorong kamu untuk bekerja keras melalui titik-titik sulit.

5. Beri diri kamu penghargaan

womensweekly.com.sg

Jangan menunggu untuk menyebut diri  seorang pemenang sampai kami berhasil melewati impian besar kamu. 

Dorong diri untuk terus melakukannya dengan berhenti sejenak untuk mengakui kesuksesan saat menandai langkah-langkah kecil dan besar dalam perjalanan ke suatu tujuan. 

6. Belajar dari masa lalu

Pexels/Christina Morillo

Setiap kali gagal melakukan perubahan, anggap itu sebagai langkah menuju tujuan.

Mengapa? Karena setiap upaya yang tulus mewakili pelajaran yang dipetik.  Ketika kita menemukan masalah, luangkan waktu sejenak untuk memikirkan apa yang berhasil dan tidak berhasil. 

Mungkin kamu menerima tantangan terlalu besar? Jika demikian, skala kembali ke tantangan yang kurang ambisius, atau pecahkan tantangan besar menjadi langkah-langkah kecil.  

Misalnya, jika berolahraga selama 30 menit berturut-turut tampaknya tidak pernah berhasil pada hari-hari yang sibuk, hancurkan dengan bertujuan untuk tiga kali jalan kaki selama 10 menit, satu sebelum bekerja, satu saat makan siang, satu setelah bekerja atau berjalan kaki 20 menit saat makan siang ditambah satu 10 menit naik turun tangga, lakukan setiap hari.

7. Bersyukur atas apa yang kamu lakukan

Freepik/suksao

Lupakan kesempurnaan. Tetapkan tujuan kamu untuk menyelesaikan segala wishlist

Aktivitas apa pun selalu lebih baik daripada tidak sama sekali. Misalnya saat tujuan kamu adalah ingin menurunkan berat badan, jika tujuan kamu untuk hari ini adalah 30 menit latihan di gym, tetapi kamu hanya punya  waktu 10 menit, bersyukurlah untuk itu. Itu cukup. 

Mungkin besok akan lebih baik. Selalu berpikir positif untuk hal kecil yang kamu lakukan untuk mewujudkan resolusi besar kamu. 

Nah, itu dia cara praktis dan optimal yang bisa kita lakukan untuk meraih resolusi di tahun yang baru. Melakukan satu persatu dengan semangat, komitmen, dan gigih, tak tutup kemungkinan harapan ini bisa terwujud. Semoga berguna! 

Baca juga: 

The Latest