TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Fakta Tentang Tanaman Hias Adam Hawa Ungu

Dikatakan bisa menyembuhkan banyak penyakit, bagaimana faktanya?

Freepik

Untuk Mama yang ingin menambah koleksi tanaman hias, bisa melirik tanaman adam hawa ungu.

Tanaman adam hawa ungu pernah naik daun beberapa waktu lalu dikarenakan fungsinya bagi kesehatan. Banyak yang klaim bahwa tanaman ini bisa menyembuhkan banyak penyakit. 

Selain itu, bentuk dan warna daunnya yang juga unik menjadi pencuri perhatian tersendiri. 

Inilah beberapa fakta mengenai tanaman adam hawa ungu.  Seperti apa tanamannya, Popmama.com akan memberikan penjelasan lengkapnya. 

1. Daun yang berwarna ungu dengan bunga yang hanya mekar di pagi hari

amazon.in tanaman adam hawa ungu

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki daun yang berwarna ungu. Bagian bawah daunnya sedikit warna ungu terang dengan bayang merah muda. 

Masih masuk dalam family spider lily, tanaman ini tumbuh menjalar di permukaan tanah. Tinggi tanaman ini bisa mencapai 30-45 cm dengan diameter batang sekitar 1-2 cm. 

Tanaman dengan daun runcing ini punya bunga yang hanya mekar di pagi hari. Bentuk bunganya kecil dan muncul di antara helai daun. 

Seperti apa warna bunganya? Bunga mungil ini berwarna pink keunguan. Manis, ya!

2. Mudah dirawat

etsy.com

Tanaman hias bernama latin Tradescantia Pallida ini tak hanya cantik, namun juga mudah dirawat. Sistem kembang biaknya melalui stek batang. 

Lalu, ia juga suka dengan sinar matahari sehingga tak masalah diletakkan di halaman. Kemudian, tanaman adam hawa ungu juga mudah beradaptasi dengan beragam jenis tanah, tak perlu khawatir stres jika pindah pot. 

Namun jika ingin pertumbuhannya maksimal, maka pilihan jatuh di tanah dengan pasir dan batu koral. Juga, jangan lupa untuk rutin menyiramnya karena ia senang dengan tanah yang lembab. 

3. Bisa menjadi pewarna alamiĀ 

pinterest.com tanaman adam hawa ungu

Daun dari tanaman ini berwarna ungu gelap dan bisa dirawat dengan memberikan paparan sinar mentari yang cukup. 

Warna ungu di daunnya berasal dari kandungan pigmen antosianin yang ada di tanaman tersebut. 

Pigmen ini bisa digunakan sebagai pewarna alami, baik itu untuk pakaian atau makanan. Sama-sama aman, kok!

4. Selain di tanah, bisa juga jadi tanaman gantung

pinterest.com

Meski sebaiknya ditanam di tanah saja, namun tanaman adam hawa ungu juga bisa ditanam sebagai tanaman gantung. Sifatnya yang merambat bisa membuatnya menjuntai dengan cantik jika digantung. 

Tanaman ini memiliki kecepatan tumbuh yang tinggi. Jadi, kamu harus rajin-rajin mengurusnya agar tidak terlalu panjang menjuntai ke bawah. 

5. Diklaim bisa mengobati berbagai penyakit

shopee.co.id

Dalam sebuah pesan di sosial media dikatakan bahwa tanaman adam hawa ungu bisa menangkal banyak penyakit. 

Beberapa di antaranya adalah bisa menangkal radikal bebas, mengobati bronkitis, obat diare, anemia, nyeri sendi, mencegah tumor, menghentikan pendarahan luka, sumber antioksidan, dan membersihkan paru-paru. 

Hal ini membuat banyak orang berbondong-bondong mencari tanaman ini dan membuat harganya cukup melambung. 

Namun jangan langsung memercayainya karena belum ada uji klinis mengenai tanaman tersebut. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof dr Hardinsyah. 

Menurutnya, ia tidak yakin mengenai klaim tanaman tersebut yang bisa mengobati berbagai penyakit dan sebagai antioksidan. Dilihat dari fungsi herbal, tanaman berwarna hijau dan kemerahan yang bisa berfungsi menangkal radikal bebas. 

Nah, itulah beberapa fakta mengenai tanaman adam hawa ungu. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

The Latest