TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ria Ricis Bagikan 11 Penyebab Hancurnya Rumah Tangga

Sebagian besar poin menyebut suami yang terlalu berpihak pada keluarga dibanding istrinya sendiri

Instagram.com/teukuryantr | Tiktok.com/nyunyujoea

Ria Ricis mengunggah foto berisikan 11 poin penyebab hancurnya rumah tangga yang ia ambil dari sebuah akun TikTok. Unggahan yang dibagikan lewat Instagram pribadinya itu langsung dihapus dan membuat netizen berasumsi negatif soal pernikahan Ria Ricis.

Penyebab hancurnya rumah tangga yang tertulis dalam unggahan Ria Ricis, antara lain:

  1. Suami selalu membela keluarganya dibanding istrinya
  2. Selalu dengar omongan keluarganya
  3. Mertua selalu mau terlibat dalam urusan rumah tangga
  4. Lebih memilih ribut dengan istri daripada ribut sama orangtua dan saudaranya
  5. Suami selalu diam kalau mama dan saudaranya menjelek-jelekkan istrinya
  6. Walaupun orangtua dan saudaranya salah tetap dibela, istri disalahkan
  7. Suami tidak jujur soal keuangan
  8. Lebih royal ke orang lain daripada istrinya
  9. Suami yang selalu selingkuh
  10. Meminjamkan barang yang ada di rumah tanpa bicara dulu sama istri
  11. Sembunyi-sembunyi memberi uang kepada orangtuanya

Lantas hal ini menjadi tanda tanya besar soal rumah tangga Ria Ricis dan Teuku Ryan. Pasalnya, pasangan ini selalu terlihat harmonis saat di depan kamera. 

Kali ini Popmama.com telah merangkum lebih jelas terkait Ria Ricis bagikan 11 penyebab hancurnya rumah tangga.

Disimak, yuk!

1. Suami selalu berpihak pada keluarga dibandingkan istrinya sendiri

Instagram.com/teukuryantr

Sebagian besar dari poin yang dibagikan, sosok suami yang selalu berpihak pada keluarga dibandingkan istrinya sendiri menjadi penyebab hancurnya rumah tangga. Inilah yang sering menjadi dilema seorang suami, memilih istri atau orangtuanya. 

Dalam Al-Qur'an Surah Luqman ayat 14 telah disebutkan agar manusia selalu berbuat baik pada orangtuanya, terutama sosok mama. Sementara itu, dalam hadis Rasulullah SAW, sosok mama disebut sebanyak tiga kali yang berarti harus diperlakukan dengan baik.

Pada saat yang bersamaan seorang suami juga harus berbuat baik pada istrinya. Hal itu tertuang pada Surat Al-Baqarah ayat 233 yang mengamanahkan seseorang untuk memberikan makanan dan pakaian yang layak sebagai nafkah untuk istrinya. 

Melansir dari NU Online, Prof Quraish mengungkapkan kalau menghargai istri sama pentingnya dengan menghormati mama sendiri. Keduanya harus sama-sama dicintai dan diutamakan.

Selanjutnya, Prof Quraish memberi nasihat kepada para suami untuk selalu berdiskusi dan melibatkan istri ketika hendak mengambil keputusan yang berkaitan dengan orangtua kedua belah pihak.

Intinya, seorang laki-laki harus bisa bersikap bijak dan tidak mempertentangkan antara posisi istri dan seorang mama karena dua-duanya sama penting.

2. Tidak jujur soal keuangan hingga memberi uang ke orangtua secara sembunyi-sembunyi

Instagram.com/teukuryantr

Melanjutkan dari NU Online yang mengutip dari perkataan Prof Quraish, soal keuangan juga perlu didiskusikan karena pada dasarnya orangtua suami adalah orangtua istri.

Misalnya ketika sepasang suami istri hendak memberikan hadiah kepada orangtua, lakukan kesepakatan bersama pasangan. Bahkan kalau suami ingin memberi hadiah kepada mamanya, usahakan melalui tangan istri agar terjalin tali kasih antar keduanya. 

Amalan untuk memperlakukan orangtua dan istri dapat dilakukan sekaligus tanpa harus mengabaikan salah satunya. Imam An-Nawawi pernah diminta fatwanya soal seseorang yang memiliki istri dan seorang mama. 

Apakah boleh mengutamakan istri daripada mamanya?

لا يأثم بذلك إذا قام بكفاية الأم إن كانت ممن يلزمه كفايتها بالمعروف، لكن الأفضل أن يستطيب قلب الأم وأن يفضلها، وإن كان لا بد من ترجيح الزوجة فينبغي أن يخفيه عن الأم

Artinya:

“Seseorang tidak berdosa dengan tindakan itu ketika ia mencukupi (nafkah) ibunya jika ibunya adalah salah seorang yang wajib dinafkahi dengan baik. Tetapi yang utama adalah membahagiakan (menjaga perasaan) dan mengutamakan ibunya. Jika memang harus mengutamakan nafkah istri daripada ibu, maka seseorang suami harus menyembunyikan tindakan tersebut dari ibunya.” (Al-Imam An-Nawawi, Fatawal Imamin Nawawi, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2018/1439], halaman 150)

3. Suami yang selalu selingkuh juga menyebabkan hancurnya rumah tangga

Instagram.com/riaricis1795

Ada banyak kasus perceraian yang diakibatkan oleh perselingkuhan, baik yang dilakukan oleh suami atau istrinya. Oleh karena itu, hal ini wajib dihindari dalam kehidupan pernikahan agar tak ada pihak yang tersakiti karena perselingkuhan.

Beberapa hal yang bisa dilakukan, seperti komunikasi, menghindari komunikasi dengan orang lain yang mengundang perselingkuhan, dan membangun chemistry yang lebih kuat dengan pasangan.

4. Pernikahan Ria Ricis dan Teuku Ryan sempat diramal oleh Koko Fengshui

Instagram.com/lambe__danu

Unggahan Ria Ricis soal 11 penyebab hancurnya rumah tangga membuat sebagian orang berspekulasi terjadi perselisihan antara YouTuber tersebut dengan sang suami, Teuku Ryan.

Jauh sebelum isyarat ini, Koko Fengshui sempat meramal pernikahan mereka.

Dalam unggahan yang dibagikan pada akhir Februari 2023 tersebut, Koko Fengshui menyebut rumah tangga artis inisial RR dan suaminya TR tidak seindah yang dilihat di layar kaca. Pasangan ini disebut sering beda pendapat. 

"Terutama untuk yang perempuan lebih menghargai laki-laki, jangan mentang-mentang kamu lebih berduit jadi seenaknya," tulis Koko Fengshui menyudutkan artis inisial RR. 

5. Koko Fengshui sebut akan ada perselingkuhan yang terekspos publik

Instagram.com/Riaricis1795

Selanjutnya Koko Fengshui juga membahas soal perselingkuhan yang diramalkan terjadi pada pernikahan artis inisial RR dan TR. Hal ini hampir senada poin 9 yang dibagikan Ria Ricis, "suami yang selalu selingkuh."

Menurut ramalan Koko Fengshui, perselingkuhan itu akan terekspos ke publik sampai terjadi perceraian. Dia memberikan saran kepada artis berinisial RR untuk mengubah sifat dan senantiasa berbuat baik agar ramalan negatif itu tak terjadi. 

Itulah beberapa rangkuman mengenai Ria Ricis yang membagikan 11 penyebab hancurnya rumah tangga hingga ramalan soal pernikahannya dengan Teuku Ryan.

Apa pun yang terjadi di belakang layar kaca, semoga mereka selalu diberi jalan tengah untuk menghadapi berbagai permasalahan rumah tangga, ya.

Baca juga:

The Latest