TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksklusif: Cara Irish Bella Selalu Dekat dengan Air, dari Kebiasaan Dongeng hingga Afirmasi

Ada doa-doa dan afirmasi yang disampaikan Irish setiap malam sebelum Air tidur

Popmama.com/Michael Andrew

Menjadi Mama satu anak menjadi tantangan tersendiri bagi Irish Bella. Setelah memiliki anak, fokus Irish saat ini adalah memberikan yang terbaik untuk mereka. Mulai dari aspek pendidikan hingga hal-hal lain yang dibutuhkan Air.

Berbagai aspek pun berusaha dibentuk dan dibiasakan Irish kepada anaknya tersebut. Terpenting adalah kedekatan antara anak dan orangtua, khususnya antara Air dan dirinya.

Ia menyebutkan kalau punya cara tersendiri untuk selalu memiliki hubungan yang kuat dengan anak. Irish membiasakan hal itu dari Air masih bayi.

"Mengacu ke UNICEF, kalau misal orangtuanya sibuk atau working mother. Papa jarang di rumah sempatkanlah setidaknya 30 menit sama anak dari hati ke hati. Benar-benar waktu untuk anaknya, ajak ngobrol anaknya," tutur Irish dalam wawancara khusus dengan Popmama.com.

Selain menyempatkan waktu, Millennial Mama of The Month edisi Januari 2022 membagi tips lain yang ia lakukan agar anak bisa dekat dengan sang Mama. Mulai dari dongeng hingga berkomunikasi intens dengannya.

Berikut Popmama.com rangkum cerita dan cara Irish Bella selalu dekat dengan Air dari kecil.

1. Cara bonding Irish Bella dan Air yang dilakukan setiap hari

Popmama.com/Michael Andrew Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Bagi Irish, bonding antara mama dan anak memang secara alami muncul dari bayi. Namun, dengan adanya anggapan itu kita tetap harus mengelola hubungan ini agar makin kuat.

Irish yang melihat Air menyukai buku, hal sederhana yang ia lakukan dengan anaknya itu setiap hari adalah membaca bersama.

"Air suka baca buku dibadingkan dengan mainan lain. Lebih banyak dibacain buku, belajar angka, belajar huruf," tutur Irish.

Diceritakan Irish kalau Air yang sudah tertarik dengan buku dari bayi. Ia menyebutkan kalau keinginan anaknya itu muncul dengan sendirinya. 

"Dia selalu main sama buku, padahal banyak mainan juga. Dari dia bisa duduk sudah tertarik sekali ke buku. Jadi setiap hari di dongengin dan di bacain buku. Sekarang kalau dibelikan oleh-oleh ya dibawakan buku," pungkas aktris tersebut.

2. Lewat pelukan, Irish Bella ingin membentuk karakter penyayang di Air

Popmama.com/Michael Andrew Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Setiap manusia pasti memiliki bahasa cinta masing-masing. Bagi Irish ke Air, bahasa cinta mama satu anak ini adalah pelukan dan sentuhan hangat atau physical touch.

"Kalau aku lebih ke physical touch (sentuhan fisik). Saat Air masih bayi sudah saya terapkan. Saya juga suka peluk kalau cranky  dan tantrum. Mudah-mudahan itu membentuk dia menjadi sosok yang penyayang minimal menghormati perempuan," ucap Irish.

Ungkapan 'anak laki-laki dekat dengan mama' dibenarkan oleh Irish. Karena memang sampai saat ini Air sangat dekat dengannya. 

"Bahkan Ammar juga becandaannya ke Air 'kamu tuh anak mama banget'. Nyatanya mungkin mitos ini memang benar di saya," pungkasnya.

3. Harapan Irish Bella kepada Air saat dewasa nanti, khawatir kehilangan?

Popmama.com/Michael Andrew Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Melihat perkembangan Air yang cepat, kadang membuat Irish Bella khawatir akan cepat juga 'ditinggalkan' oleh anaknya. 

Semakin hari, Air seolah makin 'dewasa'. Bahkan dalam setiap pertumbuhan itu, ada beberapa hal yang membuat Irish kagum dengan anaknya.

"Kekhawatiran pasti ada, karena cepat sekali dia dari bayi sampai setahun lebih tuh kayak 'wah cepat sekali ya ternyata'. Sekarang dia sudah bisa jalan sendiri, lari. Bahkan saya sudah merasa dia 'dewasa sekali' saat sudah bisa nolak. Di situ kayak ngerasa 'wah ini anak mulai besar' gitu," pungkas Irish. 

4. Cara Irish Bella tetap dekat dengan anak seiring dengan pertumbuhannya

Popmama.com/Michael Andrew Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Semakin anak bertumbuh, hubungan antara mama dan si Kecil juga harus berkembang. Oleh karenanya mengenali dan peka terhadap kesukaan anak menjadi salah satu caranya untuk tetap merasa intim satu sama lain. 

Tak hanya waktu khusus dengan anak, komunikasi juga penting untuk dibiasakan. Ia sudah mengajak ngobrol Air sejak bayi, bahkan saat ia belum mengerti apapun yang diucapkannya.

"Kata orang kenapa kok ajak ngobrol bayi padahal belum ngerti, menurut saya itu kurang tepat. Bayi itu jauh lebih cerdas dari apa yang kita pikirkan dan dari apa yang kita lihat," ucapnya.

Irish sudah berkomunikasi secara aktif dengan sang Anak. Baginya itu tidak hanya bonding  dengan anaknya, tapi juga menjadi cara Irish menenangkan diri.

5. Afirmasi positif dan doa-doa baik dari Irish selalu disampaikan kepada Air

Popmama.com/Michael Andrew Photoshoot dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah

Ada satu hal lagi yang juga selalu diterapkan Irish sebagai bagian bondingnya dengan Air.

Hal itu adalah afirmasi positif yang ia sampaikan kepada anaknya setiap sebelum tidur.

"Bonding time setiap sebelum Air tidur. Itu seperti menyampaikan doa-doa dan keinginan untuk diam, dan itu langsung saya sampaikan. Seperti, 'Nak, mudah2an kamu kalau besar nanti Mama doakan jadi anak yang saleh, inget sama Mama di manapun Air berada, kalau dewasa sekolah di luar tetap ingat sama Mama'. Itu seperti afirmasi yang saya lakukan dari dulu," pungkasnya.

Hal tersebut terus Irish sampaikan kepada  Air meski anaknya itu belum mengerti. Ia ingin terus melakukan ini sampai pada akhirnya Air mengerti dan paham betul maksud dari perkataan Irish tersebut.

Itulah tadi cerita dan cara Irish Bella selalu dekat dengan Air dari kecil. Tentunya apa yang dilakukan Irish ini juga dicontoh untuk Mama di luar sana yang ingin selalu dekat secara emosional dengan sang Anak.

Millennial Mama of the Month Edisi Januari 2022: Irish Bella

Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Senior Editor - Novy Agrina
Editor - Onic Metheany
Asst. Editor - FX Dimas Prasetyo  
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah 
Social Media - Irma Ediarti
Design - Aristika Medinasari
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Jihan Zahira
Stylist - Onic Metheany & Putri Syifa Nurfadilah
Makeup Artist - Claudya Christiani Purba
Hijab do - Dini Azzahra
Irish Bella's Wardrobe - A Pretty Paper Tale by Girah Ababyl & pretty witchy! by Yunia Chairat
Air Rumi Akbar 1453's Wardobe  - Mothercare
Irish Bella's Sandal - Sneakon

Baca juga:

The Latest