Dua Bayi di Brasil Salah Suntik Vaksin Pfizer, Harusnya Imunisasi DPT

Dua bayi segera dilarikan ke rumah sakit, dan perawat yang bertugas sementara ini dibebastugaskan

8 Desember 2021

Dua Bayi Brasil Salah Suntik Vaksin Pfizer, Harus Imunisasi DPT
Pexels/Pixabay

Dua bayi di Brasil harus dilarikan ke rumah sakit setelah perawat salah suntik vaksin.

Kedua bayi tersebut harusnya menerima imunisasi DPT untuk mencegah difteri, tetanus, pertusis dan hepatitis B, namun perawat menyuntikan vaksin Covid-19 Pfizer. 

Vaksin Pfizer yang disuntikan pada bayi perempuan berusia dua bulan dan bayi laki-laki berusia empat bulan menyebabkan reaksi yang parah sehingga keduanya harus dirawat di rumah sakit. 

Peristiwa salah suntik vaksin yang terjadi pada dua bayi di Brasil ini pertama kali dilaporkan media dan secara resmi sudah dikonfirmasi oleh pejabat lokal di kota Sorocaba, negara bagian Sao Paulo, Brasil. 

Informasi selengkapnya mengenai dua orang bayi di Brasil salah suntik vaksin Pfizer akan Popmama.com rangkum di bawah ini. 

1. Dua orang bayi datang ke rumah sakit untuk imunisasi DPT dan Hepatitis B

1. Dua orang bayi datang ke rumah sakit imunisasi DPT Hepatitis B
Pexels/Rene Asmussen

Diketahui sebelumnya bahwa bayi perempuan berusia dua bulan dan bayi laki-laki berusia empat bulan datang ke rumah sakit untuk suntik vaksin difteri, tetanus, pertusis, dan hepatitis B. 

Namun bukannya mendapatkan imun tubuh yang baik, sepulang dari rumah sakit kedua bayi tersebut justru mengalami demam tinggi, muntah bahkan menolak untuk minum susu. 

Orangtua bayi sudah berusaha untuk memberikan obat pada bayi agar kondisinya membaik, namun ternyata obat yang diberikan tidak memberikan pengaruh apa-apa. 

Keduanya langsung dilarikan ke rumah sakit GPACI. Meskipun keadaan bayi sudah cukup membaik, namun keduanya belum bisa pulang ke rumah dalam waktu dekat. 

Editors' Picks

2. Diketahui perawat salah suntuk vaksin pada kedua bayi

2. Diketahui perawat salah suntuk vaksin kedua bayi
Pexels/freestocks.org

Tenaga kesehatan mengetahui hal itu dari jumlah stok vaksin di hari imunisasi. 

Perawat yang salah suntik mengatakan ia bingung dengan botol kaca vaksin karena mirip. Karena kesalahannya, perawat ini pun diskors atau dibebastugaskan sementara sambil menunggu penyelidikan. 

3. Respons orangtua kedua bayi terhadap insiden salah suntuk vaksin

3. Respons orangtua kedua bayi terhadap insiden salah suntuk vaksin
Freepik

Orangtua salah satu bayi salah suntik vaksin mengatakan bahwa memang setiap orang membuat kesalahan, namun kesalahan dalam kasus ini tidak dapat terima. 

Ia tidak ingin menghukum perawat yang melakukan kesalahan tersebut, ia ingin insiden ini digunakan sebagai peringatan paramedis dan para orangtua lainnya untuk melakukan cek ulang terhadap apa yang diberikan perawat kepada anak-anak.

Hal ini disampaikan supaya tidak ada kejadian serupa yang terjadi, terutama pada anak-anak yang imun tubuhnya masih lemah. 

4. Penggunaan vaksin Pfizer untuk anak di atas 12 tahun di Brasil

4. Penggunaan vaksin Pfizer anak atas 12 tahun Brasil
Pexels/CDC

Di beberapa negara, vaksin Pfizer telah mendapatkan izin penggunaannya untuk anak lima tahun.

Otoritas Kesehatan Brasil, Anvisa baru mengizinkan penggunaan vaksin tersebut untuk anak di atas 12 tahun pada bulan Juni. 

Di Brasil kasus harian Covid-19 mencapai 4.844 kasus. Angka tersebut jauh lebih rendah jika dibandingkan pada 23 Juni. Di mana angka kasus Covid-19 harian mencapai 112.228.

Dengan demikian, masyarakat Brasil masih banyak yang belum mendapatkan vaksinasi lengkap.

Data yang didapat dari Our World in Data, hanya 64 persen masyarakat Brasil yang sudah menerima vaksin lengkap. Sementara 13 persen baru mendapatkan vaksin dosis pertama.

Demikian informasi mengenai dua bayi salah suntik vaksin di Brasil. Semoga kedua bayi tersebut segera pulih. Kita berharap tak ada lagi perawat yang lalai dalam menjalankan tugasnya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk