5 Tips Memilih Baju Lebaran untuk Bayi

Selain modelnya yang bagus, pilih baju yang nyaman agar si Kecil tetap happy di hari Lebaran nanti

12 Februari 2024

5 Tips Memilih Baju Lebaran Bayi
Unsplash/Uby Yanes

Salah satu tradisi hari raya Idul Fitri yang dilakukan dari tahun ke tahun adalah membeli baju baru Lebaran. Tak hanya Mama dan Papa saja yang mengenakan baju Lebaran, tetapi si Kecil juga tak mau ketinggalan.

Banyak sekali pilihan baju Lebaran bayi dengan motif atau desain yang lucu-lucu. Namun, perlu Mama ingat bahwa model baju yang lucu belum tentu nyaman untuk si Kecil. Jadi, dalam memilih baju Lebaran bayi, alangkah baiknya jika Mama memprioritaskan kenyamanan bayi agar ia tetap nyaman di sepanjang hari Lebaran.

Maka dari itu, kali ini Popmama.com telah merangkum tips memilih baju lebaran untuk bayi. Langsung saja simak tipsnya, ya, Ma!

1. Utamakan pilih baju dengan bahan yang nyaman

1. Utamakan pilih baju bahan nyaman
Canva/corelens

Pakaian yang lucu dan fashionable mungkin terlihat menarik, tetapi ingatlah bahwa dalam memilih baju untuk bayi, penting untuk selalu mengutamakan kenyamanan dibandingkan dengan fashion.

Meskipun baju tersebut terlihat terlihat lucu, koleksi terbaru dari merek populer, atau desainnya yang unik, tetapi jika bahannya gatal dan tidak nyaman, si Kecil justru akan merasa tidak betah dan rewel di sepanjang hari Lebaran.

Maka dari itu, pastikan untuk memilih pakaian dengan bahan kain yang lembut, seperti kain yang terbuat dari cotton bamboo atau cashmere dengan jahitan yang tidak gatal atau mencuat.

Editors' Pick

2. Pilih model baju yang tidak menyusahkan

2. Pilih model baju tidak menyusahkan
Unsplash/Nana Miya

Di momen Lebaran, biasanya banyak keluarga besar yang berkumpul untuk bersilaturahmi. Maka dari itu, bisa jadi banyak keluarga yang merasa gemas dan ingin menggendong si Kecil.

Nah, alangkah baiknya jika Mama memilihkan baju lebaran dengan model yang simpel agar tidak menyusahkan. Hindari pakaian yang berlayer-layer agar lebih terlihat simpel dan tidak panas. Jika ia mengenakan kerudung, pilihlah model kerudung yang nyaman dan tidak terlalu panjang. 

Jika baju si Kecil menjuntai ke sana-sini, maka kemungkinan besar itu akan menyusahkan. Jadi, perhatikan aspek keamanan dan kemudahan pakaian saat dipakai si Kecil, ya, Ma.

3. Pilih baju yang tidak telalu ketat atau longgar

3. Pilih baju tidak telalu ketat atau longgar
Freepik/Phudet

Baik terlalu ketat maupun terlalu longgar, keduanya sama-sama akan membuat si Kecil merasa tidak nyaman. Baju yang terlalu ketat dapat membuat bayi merasa kepanasan dan mudah berkeringat. Sedangkan baju yang terlalu longgar atau kebesaran dapat menyusahkan dan membuat bayi merasa tidak nyaman. 

Maka dari itu, pilihlah baju yang sesuai dengan ukurannya. Jika Mama membeli baju melalui toko online, sebaiknya ukur dahulu badan bayi dan sesuaikan dengan panduan ukuran baju.

4. Beli baju yang mudah dipadupadankan

4. Beli baju mudah dipadupadankan
Canva/Sarah Chai

Dalam hari raya Idulfitri, biasanya orang akan mengunjungi beberapa rumah sanak saudara. Dengan begitu, tentunya si Kecil akan beberapa kali berganti pakaian. 

Maka dari itu, sebaiknya Mama membeli baju lebaran bayi yang mudah untuk dipadupadankan. Sehingga jika hanya beli satu pasang pakaian, Mama masih bisa mix and match outfit bayi dengan pakaian lain yang cocok.

Daripada harus membeli banyak baju baru sekaligus, lebih baik memaksimalkan baju yang ada bukan?

5. Pilih baju yang berwarna cerah

5. Pilih baju berwarna cerah
Freepik/serhii_bobyk

Si Kecil memang pantasnya mengenakan pakaian yang berwarna cerah karena akan membawa kesan ceria dan fresh. Mama bisa memilih warna-warna cerah seperti putih, warna-warna pastel, atau warna cerah lain yang senada dengan pakaian lebaran yang Mama dan Papa kenakan.

Selain itu, warna gelap biasanya lebih mudah menyerap semua cahaya. Ini akan menimbulkan hawa panas yang membuat si Kecil merasa gerah dan tidak nyaman.

Nah, itulah tips memilih baju lebaran untuk bayi. Ingatlah bahwa dalam memilih baju Lebaran untuk bayi, yang terpenting adalah kenyamanannya agar ia tetap tenang dan tidak rewel di hari spesial tersebut.

Semoga informasi ini membantu, ya, Ma!

Baca juga:

The Latest