ini Dia, Ma, 4 Hal yang Harus Dilakukan Setelah Memandikan Bayi

Setelah mandi adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan bayi, Ma

24 Mei 2020

ini Dia, Ma, 4 Hal Harus Dilakukan Setelah Memandikan Bayi
freepik.com/zilvergolf

Setelah Mama selesai memandikan bayi sekaligus bermain bersamanya, masih ada beberapa urusan yang harus diselesaikan.

Pastikan Mama menyediakan handuk di dekat Mama sebelum memulai rutinitas mandi. Karena bayi kehilangan panas tubuh lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa. Jadi, setelah mandi, bayi Mama biasanya akan sedikit menggigil kedinginan. Mama dapat dengan segera membungkusnya dengan handuk untuk mencegah bayi kedinginan.

Jika Mama berencana untuk menempatkan bayi di tempat tidur setelah mandi, jaga agar lampu redup dan suara-suara luar seminimal mungkin saat Mama menyelesaikan tugas setelah mandi.

Setelah memandikan bayi, Mama dapat melakukan hal-hal yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Keringkan bayi denga lembut dan seksama

1. Keringkan bayi denga lembut seksama
freepik.com/bluemoon1981

Karena bayi kehilangan panas tubuh lebih cepat dibandingkan dengan orang dewasa, pastikan Mama segera membungkusnya dengan handuk.

Handuk berkerudung merupakan pilihan yang baik karena sebagian besar panas tubuh keluar melalui kepalanya. Jika Mama tidak memiliki handuk berkerudung, Mama dapat dengan lembut membungkus kepalanya dengan handuk biasa.

Setelah Mama mengeringkan bayi dan membungkusnya dengan handuk, baringkan bayi di permukaan yang datar. Mama dapat memberikan tepukan ringan di badannya dengan handuk untuk menyerap sisa air.

Sama seperti saat memandikan bayi, perhatikan bagian lipatan. Seperti paha bagian dalam, lengan, selangkangan, dan dagu. Area lipatan ini dapat memerangkap kelembapan sehingga berpotensi menimbulkan ruam.

Editors' Picks

2. Jaga kulit bayi agar tetap lembap

2. Jaga kulit bayi agar tetap lembap
shutterstock/golfx

Waktu setelah mandi adalah waktu yang tepat untuk melakukan perawatan agar kulit bayi tetap lembap. Gunakan produk hypoallergenic yang bebas pewangi untuk semua perawatan kulit.

Bila perlu, Mama dapat menggunakan salep popok. Hindari menaburi bedak setelah mandi, bubuk bedak dapat mengiritasi kulit dan saluran pernapasan bayi.

3. Cek kuku, apakah sudah waktunya dipotong

3. Cek kuku, apakah sudah waktu dipotong
babydocclub.com

Perawatan kuku bayi lebih mudah dilakukan ketika kuku dalam keadaan lembap. Biasanya setelah mandi, kuku bayi menjadi lembut dan halus sehingga memudahkan Mama untuk memotongnya.

Jika Mama masih belum terbiasa memotong kuku bayi dengan gunting atau mungkin takut, Mama dapat menggunakan kikir. Cobalah mengikir kuku, ini jauh lebih mudah daripada menggunakan gunting yang tajam.

Potong kuku yang rutin menghindari bayi terluka akibat goresan kukunya, Ma.

4. Beri pijatan lembut

4. Beri pijatan lembut
freepik.com

Sebelum bayi mengenakan piyama, Mama dapat memberikan pijatan lembut atau sekadar mengusap lembut tubuh bayi. Selain membuat bayi menjadi lebih santai, memijat bayi juga dapat mempererat ikatan antara bayi dengan Mama.

Gunakan losion pijat untuk bayi, ini dapat membantu jari-jari Mama lebih luwes. Pastikan suhu ruangan hangat.

Pijatan yang menenangkan merupakan kebiasaan yang baik untuk rutinitas tidur bayi. Setelah relaksasi, si Kecil pun mengantuk dan siap untuk tidur.

Itulah empat hal yang harus Mama lakukan setelah memandikan bayi. Pastikan Mama tidak lupa untuk melakukannya ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.