Bisa Dicoba di Rumah, Gerakan Pijat untuk Meredakan Kembung pad Bayi

Kembung bikin bayi rewel, yuk atasi dengan gerakan-gerakan pijat ini

9 Oktober 2020

Bisa Dicoba Rumah, Gerakan Pijat Meredakan Kembung pad Bayi
Freepik/Odua

Bagi orang dewasa, kembung adalah masalah kesehatan yang mudah diatasi. Dengan istirahat dan mengonsumsi makanan hangat, biasanya rasa tak nyaman akibat kembung akan mereda dengan sendirinya. Tetapi, bagi bayi, tidak semudah itu. 

Masalahnya, bayi mungil mama sangat rentan mengalami kembung dan kelebihan gas dalam perutnya. Bagi mereka, hal ini sangat menyakitkan. Tak heran jika bayi yang mengalami kembung akan lebih rewel, banyak menangis, dan tidak mudah ditenangkan. 

Pijat bayi banyak dianjurkan untuk mengatasi masalah kembung ini. Tetapi, seperti apa sih pijat yang dapat mengatasi masalah kembung pada bayi? Berikut Popmama.com merangkum serba-serbinya, dilansir dari Healthline:

Pijat Perut Bayi "I Love You"

Pijat Perut Bayi "I Love You"
Freepik/Alexander-safonov

Pijatan pada perut ditujukan untuk mendorong udara yang terperangkap agar bergerak. Gerakan yang disarankan adalah memulai dari kanan bawah perut bayi (tempat dimulainya usus besar) dan berakhir di kiri bawah perut. 

Dilansir dari buku "Infant Massage: A Handbook for Loving Parents", berikut ini gerakan pijat I Love You yang bisa Mama coba:

  1. Mulailah dari sisi kanan pusar bayi dengan menirukan gerakan huruf I
  2. Ikuti dengan menelusuri menyerupai gerakan huruf L (menyamping, dimulai dari pojok kiri atas perut bayi, bergerak melintasi dan ke bawah sisi kanan)
  3. Akhiri dengan bentuk U terbalik (mulai dari sudut kiri bawah perut bayi, menelusuri ke atas, lalu melintasi batang tubuh di atas pusar, kembali ke sisi kanan bawah)

Editors' Picks

Pijat Perut Bayi Hands of Clock

Pijat Perut Bayi Hands of Clock
Freepik/a3pfamily

Pijatan lembut dapat memberikan kenyamanan pada perut bayi. Mama bisa mencoba variasi gerakan pijat Hands of Clock ini:

  1. Bayangkan ada wajah jam di perut bayi mama. Mulailah pada jam 7 atau 8, bergerak dari kiri ke kanan dalam bentuk setengah bulan.
  2. Tekan dan geser tangan dengan lembut searah jarum jam.
  3. Lakukan di sisi yang lain dengan tangan mama yang satunya.

Pijat Kaki Bayi untuk Meredakan Kembung

Pijat Kaki Bayi Meredakan Kembung
Freepik/onlyyouqj

Kaki merupakan bagian di mana banyak saraf-saraf yang berkaitan dengan seluruh organ tubuh kita terkumpul. Pijat refleksi pada orang dewasa memang cukup manjur mengatasi banyak penyakit. Tetapi, pada bayi, memang masih belum ada bukti ilmiah yang bisa mendukungnya. 

Mama bisa mencoba untuk memijat lembut kaki bayi di bagian tengah atas kaki, tepat di bawah bantalan kakinya. Pijatan lembut di area kaki ini dapat melegakan kembung di perutnya. Namun, bicarakan dengan dokter anak mama sebelum memulai pengobatan rumahan seperti pijat refleksi ini.

Pijat Bayi untuk Meredakan Kolik

Pijat Bayi Meredakan Kolik
freepik.com

Hingga kini, masih belum ada penelitian yang bisa memastikan penyebab kolik. Diduga, kembung adalah penyebabnya. Walaupun begitu, perawatan yang bertujuan mengurangi gas dalam perut tidak selalu ampuh mengurangi gejala kolik. Mama bisa melakukan pijatan lembut di perut dan kakinya. Tetapi ini mungkin hanya bisa menenangkannya ya, Ma.

Apabila si Kecil kolik diiringi dengan muntah berlebihan atau kesakitan selama atau setelah menyusu, segeralah konsultasikan kondisinya dengan dokter anak.

Membuat Bayi Bergerak Aktif untuk Meredakan Kembung

Membuat Bayi Bergerak Aktif Meredakan Kembung
romper.com

Jika pijatan-pijatan tidak cukup efektif mengatasi masalah kembung yang diderita bayi mama, Mama bisa mencoba beberapa alternatif cara ini untuk melancarkan pencernaannya:

  • Buatlah bayi bersendawa lebih banyak dari biasanya untuk melepaskan udara yang terjebak di dalam sistem pencernaan
  • Angkat kaki bayi ke udara sambil berbaring telentang. Ini dapat membantu mengeluarkan gas dan mendorong bayi buang air besar jika ia mengalami sembelit.
  • Putar perlahan kaki dan pinggul bayi dari satu sisi ke sisi lainnya. Cara ini dapat membantu menggerakkan isi perut di sepanjang jalur pencernaan.

Semoga pijatan di atas dapat membantu Mama memberikan kenyamanan pada bayi tatkala ia mengalami kembung ya, Ma. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.