6 Rekomendasi Salep Gatal untuk Mengatasi Ruam pada Bayi

Ada kalanya bayi mengalami gatal hingga menyebabkan kulit tampak memerah

7 Maret 2021

6 Rekomendasi Salep Gatal Mengatasi Ruam Bayi
Freepik/zilvergolf

Kesehatan bayi merupakan prioritas utama mama. Namun, ada kalanya bayi mengalami gatal hingga menyebabkan kulit tampak memerah dan mengelupas. Rasa gatal itu umumnya disebabkan biang keringat pada lipatan kulit atau penggunaan popok yang tidak sesuai dengan kondisi kulit si Kecil. 

Rasa gatal pada kulit bayi merupakan kondisi normal karena lapisan kulit bayi belum terbentuk dengan sempurna. Akibatnya, kulit bayi menjadi lebih sensitif dan menimbulkan rasa gatal apabila terpapar sinar matahari, debu, atau bakteri. 

Mama tak perlu panik karena Mama bisa memberikan salep gatal yang telah diformulasikan khusus untuk kondisi kulit bayi. Salep gatal untuk bayi umumnya mengandung kortikosteroid yang bisa meredakan rasa gatal atau eksim. Ada pula salep yang mengandung zinc oxide dan petroleum jelly yang bisa melembapkan kulit. 

Berikut ini ada enam rekomendasi salep gatal untuk bayi dari Popmama.comapabila si Kecil mengalami ruam. Namun, jika Mama masih ragu untuk menggunakan produk salep yang dijual di pasaran, Mama bisa konsultasi terlebih dahulu ke dokter. 

1. Baby Cream Allano

1. Baby Cream Allano
amway.id

Baby cream ini mengandung pro vitamin B5 yang bisa meredakan rasa gatal pada bayi khususnya akibat pemakaian popok. Baby Cream Allano bisa melembapkan sekaligus meregenerasi kulit bayi. 

Tak hanya itu, baby creamini juga mengandung allantoin yang mampu mengatasi kulit bersisik dan kering. Sementara kandungan organic olive oil bisa mencegah dehidrasi pada kulit si Kecil. Apabila Mama tertarik untuk membelinya, harganya cukup terjangkau yakni Rp 55.000 sampai Rp 60.000. 

2. Baby Cream Cusson Baby SensiCare Intensive Soothing Cream

2. Baby Cream Cusson Baby SensiCare Intensive Soothing Cream
shopee.co.id

Baby cream ini terbuat dari 100 persen bahan organik seperti gandum organik, minyak zaitun, dan ceramide. Kandungan tersebut bisa meredakan rasa gatal pada kulit si Kecil sekaligus memberikan kelembapan dan mencegah timbulnya gatal di kemudian hari. 

Oleh karena itu, produk ini cocok dijadikan salep gatal si Kecil, khususnya bayi yang memiliki kulit sensitif. Baby Cream Cusson Baby SensiCare Intensive Soothing Cream dijual seharga Rp 75.000. Harganya memang relatif mahal, namun manfaat yang ditawarkan sesuai dengan harga tersebut. 

Editors' Picks

3. Baby Cream Pure Baby Soothing Moisturizer Cream

3. Baby Cream Pure Baby Soothing Moisturizer Cream
shopee.co.id

Produk ini bisa memberikan rasa sejuk, menenangkan, dan mengurangi rasa gatal pada kulit si Kecil. Baby Cream Pure Baby Soothing Moisturizer Cream mengandung sunflower seed oil yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu regenerasi sel di kulit. 

Oleh karena itu, produk ini cocok untuk bayi yang memiliki kulit sensitif dan sulit menghilangkan bekas luka gatal di kulit. Baby cream yang dijual seharga Rp 90.000 ini juga mengandung extra olive leaf yang bisa mencegah tumbuhnya jamur dan bakteri di kulit bayi. Kandungan extra olive leaf juga bisa menjaga kelembapan kulit si Kecil. 

4. Baby Cream Sudocrem

4. Baby Cream Sudocrem
shopee.co.id

Produk ini cukup dikenal karena mampu menenangkan peradangan dan iritasi pada kulit bayi. Cara penggunaannya pun cukup unik dibanding salep bayi lainnya yakni dioleskan dengan gerakan melingkar di kulit bayi yang menimbulkan rasa gatal. Oleskan terus hingga baby cream tidak terlihat di permukaan kulit si Kecil. 

Baby Cream Sudocrem yang dijual seharga Rp 75.000-an ini mampu mencegah munculnya ruam pada kulit bayi di kemudian hari sekaligus melembapkan kulit si Kecil.

5. Baby Cream Sebamed Baby Care Cream

5. Baby Cream Sebamed Baby Care Cream
shopee.co.id

Tak seperti salep gatal lainnya, produk ini bisa digunakan di semua bagian tubuh bayi karena bisa melindungi dan merawat kulit si Kecil. Produk ini mengandung formula 42 persen lipid dan camomile yang bisa meredakan iritasi akibat gatal. 

Baby Cream Sebamed Baby Care Cream dijual seharga Rp 100.000. Keunggulan lain dari produk ini adalah dapat digunakan hingga si Kecil berusia lima tahun.

6. Pigeon Baby Cream

6. Pigeon Baby Cream
shopee.co.id

Produk ini mengandung ekstra jojoba dan camomile yang bisa mejaga kelembapan kulit si Kecil agar tetap halus dan sehat. Pigeon Baby Cream cocok untuk bayi yang sering mengalami gatal karena alergi. 

Harganya pun terjangkau yakni Rp 17.000 sampai Rp 20.000. Namun, harga murah tak berarti kualitas rendah ya, Ma. Pasalnya, produk ini dapat membuat kulit bayi lebih sehat, halus, sekalgisu menghilangkan bekas gatal. 

Itulah beberapa rekomendasi salep gatal untuk bayi untuk meredakan rasa gatal pada kulit akibat ruam atau alergi. Jadi, produk mana yang akan Mama pilih?

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.