TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Contoh Kenakalan Remaja, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenakalan remaja dapat disebabkan oleh beberapa faktor

14 November 2022

Contoh Kenakalan Remaja, Penyebab Cara Mengatasinya
liahonaacademy.com

Masa remaja adalah masa dimana seorang manusia sedang ingin mengenal siapa dirinya dan berada dalam fase mencari jati dirinya. Pada masa peralihan inilah umumnya anak-anak tidak hanya mengalami pertumbuhan dan perkembangan fisik saja, namun juga perkembangan psikologis.

Perkembangan psikologis memungkinkan remaja memiliki perilaku dan aksi yang tidak baik atau yang disebut kenakalan remaja.

Perilaku kenakalan remaja merupakan perilaku menyimpang dan dapat menimbulkan permasalahan ataupun keonaran di masyarakat. Fenomena ini biasanya seringkali ditemui pada kalangan pelajar.

Lantas apa saja contoh kenakalan remaja yang kerap terjadi? Berikut Popmama.com berikan informasi mengenai contoh kenakalan remaja, penyebab dan cara mengatasinya. Yuk disimak!

1. Apa itu kenakalan remaja?

1. Apa itu kenakalan remaja
independent.ie

Seorang ahli bernama Singgih berpendapat kenakalan remaja adalah suatu perbuatan atau tingkah laku yang dilakukan oleh seorang remaja baik secara sendirian maupun secara kelompok yang sifatnya melanggar ketentuan-ketentuan hukum, moral, dan sosial yang berlaku di lingkungan masyarakatnya.

Fenomena kenakalan remaja ini biasanya sering ditemukan di kalangan pelajar, terutama pada remaja dengan rentang usia 15 - 19 tahun.

Editors' Picks

2. Contoh kenakalan remaja

2. Contoh kenakalan remaja
promises.com

Terdapat bermacam contoh kenakalan remaja yang dapat terjadi di lingkungan sekitar, mulai dari yang sifatnya tidak membahayakan bahkan sampai tindakan kriminal.

Berikut adalah beberapa contoh kenakalan remaja yang sering dilakukan oleh para remaja di kehidupan sehari-hari:

1. Tawuran

Tindakan perkelahian atau perkelahian antar pelajar yang dilakukan oleh anak remaja termasuk dalam contoh kenakalan remaja.

Tawuran adalah salah satu perkelahian yang dilakukan dengan skala besar. Tawuran umumnya terjadi disebabkan oleh adanya oknum yang mempunyai masalah, misalnya kalah dalam pertandingan sepakbola. Salah satu oknum merasa tak terima dan justru menyerang.

2. Bolos Sekolah

Kenakalan remaja dengan cara membolos sekolah merupakan bentuk kemalasan seorang pelajar terhadap kewajibannya di sekolah.

Kenakalan remaja seperti ini contohnya yakni ketika anak remaja pamit kepada orangtuanya dari rumah untuk pergi sekolah. Namun, kenyataannya malah tidak sampai ke sekolah dan memilih untuk melakukan kegiatan lain di jam sekolah.

3. Menggunakan Obat-Obat Terlarang

Penggunaan obat-obat terlarang adalah salah satu contoh dari kenakalan remaja. Obat-obatan terlarang adalah jenis obat yang tidak dijual bebas di pasaran.

Apabila mengonsumsi obat-obatan tersebut, maka dapat menimbulkan efek melayang serta halusinasi pada anak remaja yang mengonsumsinya.

4. Tindakan Seks Sebelum Menikah

Masuknya budaya barat di Indonesia memberikan banyak dampak positif dan negatif. Salah satu dampak negatif dari masuknya budaya barat di Indonesia adalah tindakan seks sebelum menikah.

Anak remaja yang melakukan perilaku seks di luar nikah tentu telah menentang nilai-nilai agama dan nilai-nilai sosial masyarakat Indonesia.

5. Hamil Di Luar Nikah

Hamil di luar nikah adalah bahaya yang timbul setelah adanya tindakan seksual sebelum menikah.

Hamil di luar nikah tentu saja bisa menghancurkan masa depan. Hal tersebut dikarenakan anak remaja yang telah hamil di luar nikah akan kesulitan untuk melanjutkan pendidikan.

6. Meminum Minuman Keras

Meminum minuman keras terutama minuman yang beralkohol, sebenarnya bukanlah hal yang menjadi kriminalitas jika masih dikonsumsi dalam takaran yang benar.

Namun, di Indonesia, minuman keras mempunyai pengaturannya sendiri, yakni hanya boleh dikonsumsi oleh orang dewasa yang telah memasuki usia legal.

Anak remaja yang masih di bawah umur tidak diperbolehkan untuk meminum minuman keras, sebab dapat menimbulkan dampak yang buruk terhadap kesehatan.

7. Pelecehan Seksual

Contoh kenakalan remaja berikutnya adalah pelecehan seksuasl. Pelecehan seksual dapat terjadi karena tidak tersalurkannya kebutuhan seksual pada anak remaja.

Hal tersebut bisa saja dipengaruhi oleh adanya perilaku anak remaja yang kerap kali menonton vidio porno ataupun sering membahas hal-hal kotor sesama dengan teman sepergaulan.

3. Penyebab kenakalan remaja

3. Penyebab kenakalan remaja
Pixabay

Penyebab dari kenakalan remaja bisa disebabkan oleh dua faktor penting yakni faktor dari dalam diri (faktor internal) dan faktor dari luar (faktor eksternal).

1. Faktor Internal

Faktor internal kenakalan remaja dapat ditimbulkan oleh adanya:

  • Krisis identitas

Krisis identitas dapat memicu perilaku buruk pada remaja termasuk kenakalan remaja. Anak remaja sering mempertanyakan dan mencari jati dirinya sendiri.

Akan tetapi, pencarian jati diri yang gagal dapat menyebabakan anak remaja kecewa dan berujung melakukan kenakalan.

  • Kontrol diri yang lemah

Remaja yang belum mampu mempelajari dirinya sendiri dan membedakan tingkah laku yang dapat diterima dengan yang tidak dapat diterima akan terseret pada perilaku kenakalan.

2. Faktor Esternal

Faktor eksternal kenakalan remaja dapat ditimbulkan oleh adanya:

  • Kurangnya pemahaman tentang agama

Minimnya pemahaman agama dapat menyebabkan kenakalan remaja. Apabila anak remaja kurang atau tidak mempunyai pemahaman tentang agama sama sekali, maka dapat mendorong anak untuk melakukan perbuatan yang melanggar norma.

  • Kurang kasih sayang dan perhatian dari orangtua

Saat anak remaja merasa kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orangtua, mereka akan merasa tidak diinginkan.  Hal ini tentu dapat membuat remaja malah mencari perhatian atau pelampiasan dengan melakukan kenakalan remaja di luar rumah.

  • Pengaruh dari lingkungan sekitar

Lingkungan sekitar yang tidak baik akan dapat mempengaruhi perilaku remaja untuk melakukan tindakan yang tidak sesuai norma.

4. Cara mengatasi kenakalan remaja

4. Cara mengatasi kenakalan remaja
Freepik/pressfoto

Tindakan kenakalan remaja perlu diatasi dengan beberapa cara. Cara ini penting diketahui orangtua untuk mengendalikan perilaku anak agar tidak melakukan kesalahan atau kejahatan yang menimbulkan kerusuhan. Berikut ini beberapa caranya:

  • Kendalikan diri, baik diri anak dan orangtua
  • Tanyakan apa yang terjadi pada anak
  • Terapkan aturan dan konsekuensi untuk anak
  • Luangkan waktu untuk anak
  • Bawa anak untuk berkonsultasi ke psikolog
  • Berikan anak pemahaman mengenai moral dan agama
  • Hindari mencela anak dan berbuat kasar

Nah, itulah informasi mengenai contoh kenakalan remaja, penyebab dan cara mengatasinya. Selalu lindungi anak remaja mama dan perhatikan setiap perkembangannya supaya terhindar dari kenakalan remaja.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk