TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

10 Tempat Wisata Edukasi Anak di Bogor, Belajar Lebih Seru!

Anak anak healing sambil learning!

26 Juni 2022

10 Tempat Wisata Edukasi Anak Bogor, Belajar Lebih Seru
kebunraya.id

Liburan bersama keluarga adalah hal yang menyenangkan dan paling ditunggu-tunggu, bukan?

Salah satu wilayah yang sering dipilih untuk berwisata adalah Bogor, yang dikenal sebagai Kota Hujan yang sejuk.

Letaknya yang tak jauh dari Jakarta, membuat banyak orang tertarik untuk menghabiskan waktu bersama keluarga di kota ini.

Tak hanya suasananya yang asri dan sejuk, di Bogor juga ada banyak tempat wisata edukasi anak yang ramah dan bersahabat, sehingga cocok dikunjungi saat akhir pekan. 

Tertarik mengunjungi Bogor? Berikut Popmama.com telah merangkum 10 tempat wisata edukasi anak di Bogor, yuk ajak anak belajar dengan cara yang lebih seru!

1. Kampoeng Air Katulampa

1. Kampoeng Air Katulampa
tempatwisata.pro

Tempat wisata edukasi lainnya di Bogor adalah Kampoeng Katulampa Bogor. Lokasi wisata yang satu ini sangat cocok bagi keluarga yang ingin menghilangkan rasa kelelahan dengan aktivitas sehari-hari, namun tetap bermanfaat bagi anak.

Pada tempat wisata yang terdapat di Jalan Bendung, Jl. Katulampa Raya, Kota Bogor ini, Mama bisa menemukan fasilitas seperti outbound dan belajar memancing.

Jika anak lapar, Mama juga tak perlu khawatir. Karena terdapat juga sarana tempat wisata kuliner alam pedesaan yang sangat mengasyikan di Kampoeng Air Katulampa.

2. Kampung Budaya Sindang Barang

2. Kampung Budaya Sindang Barang
dolanyok.com

Tempat wisata edukasi selanjutnya di Bogor adalah Kampung Budaya Sindang Barang. Lokasinya tepat di Jalan Endang Sumiwijaya, Pasireurih, Bogor, yang hanya berjarak lima kilometer dari kota Bogor.

Kampung ini sudah ada sejak dahulu kala, buktinya peninggalan sejarah dari budaya Sunda banyak yang bisa dipelajari di tempat ini, baik oleh anak-anak maupun orang dewasa.

Di tempat ini, terdapat delapan macam kesenian Sunda, ada juga situs-situs purbakala peninggalan kerajaan Pajajaran berupa bukit-bukit berundak.

Disini, anak juga dapat mempelajari rumah adat hingga pakaian dan budaya yang ada di masyarakat sunda. 

3. Kampung Horta Bogor

3. Kampung Horta Bogor
kampunghorta.com

Kampung Horta Bogor adalah tempat wisata yang memiliki banyak manfaat bagi anak-anak, karena disini mereka bisa bermain sambil belajar bersama keluarga dan teman-temannya.

Kampung yang terletak di Desa Selahuni, Ciomas ini disebut sebagai 'Kampung Horta' karena sebagian besar masyarakatnya yang menjadi pengerajin boneka Horta. Menariknya, di sini anak bisa mengikuti pelatihan membuat boneka Horta lho!

Selain membuat boneka, di Kampung Horta ini anak-anak juga bisa belajar untuk membuat sablon. Mulai dari teknik dasar dalam menyablon hingga cara mencetak dengan benar. 

Ada juga pelatihan cara membuat telur asin, cincau, minuman, membuat obat herbal, dan lainnya.

Jika anak mama termasuk aktif, ada juga permainan yang memanfaatkan motoriknya. Seperti menangkap ikan di kolam, memindahkan belut, menangkap bebek yang sengaja dilepas. 

4. Kebun Raya Bogor

4. Kebun Raya Bogor
jktgo.com

Wisata edukasi anak di Bogor berikutnya adalah Kebun Raya Bogor. Kebun yang terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Kota Bogor ini dikenal sangat luas. Di tempat ini Mama bisa mengajak anak mengetahui lebih banyak soal tumbuhan.

Tak hanya itu saja, lahan luas yang dulunya hanya berfungsi sebagai halaman istana ini juga dilengkapi berbagai atraksi modern. Di sini Mama juga bisa mengenalkan anak dengan hewan rusa sekaligus memberikannya makanan.

Seru sekali ya!

Editors' Picks

5. Kuntum Farmfield

5. Kuntum Farmfield
wisatabagus.com

Selain Kebun Raya Bogor, Kuntum Farmfield juga bisa menjadi pilihan tepat bagi Mama yang ingin mengajak anak liburan sambil berinteraksi langsung dengan hewan.

Tempat wisata yang berlokasi di Teras Hijau Residence, Kota Bogor ini adalah sebuah taman buatan yang sangat cocok untuk aktivitas luar ruangan anak-anak. Terlebih lagi dengan udaranya yang sejuk, bisa membuat anak betah bermain dan belajar di sana.

Ada banyak aktivitas yang ditawarkannya, mulai dari mengenal binatang hingga mengenal dengan lebih dekat, seperti memberikan makan hingga naik kuda.

6. Melrimba Garden Bogor

6. Melrimba Garden Bogor
difawisata.com

Melrimba Garden merupakan taman alami yang berada di kawasan wisata Puncak, Bogor. Taman yang memiliki luas area sekitar lima hektar ini dikeliling oleh perbukitan perkebunan teh dan hutan pinus.

Pada tempat wisata ini, Mama bisa mengenalkan anak pada berbagai koleksi bunga anggrek dan kaktus, serta strawberry.

Selain itu di Taman Meirimba Bogor ini juga menyediakan kolam pemancingan, lapangan rumput serba guna, sarana outbound, tempat permainan anak-­anak, kebun teh, rumah kaca tanaman hias, hingga wahana permainan luar ruangan seperti ATV dan high rope.

Tak hanya dikenal sebagai tempat wisata anak, di sini juga menjadi tempat refreshing keluarga yang nyaman dengan udara sejuk alam pegunungan Puncak Bogor.

Di sini Mama juga akan menemukan penginapan, restoran dan juga taman bermain anak dan permainan lainnya.

7. Museum Zoologi

7. Museum Zoologi
sikidang.com

Museum Zoologi merupakan pilihan tepat jika Mama ingin mengunjungi tempat wisata edukasi bersama anak.

Disini anak bisa melihat banyak fosil hewan, mengenalkannya tentang jenis hewan vertebrata dan avertebrata, susunan tulang dari unggas, mamalia dan lain sebagainya. 

Selain itu, museum Zoologi ini juga dekat dengan Kebun Raya Bogor, sehingga Mama dan anak juga bisa bersantai atau berpiknik sejenak di bawah pohon yang rindang setelah menjelajahi museum.

8. Sentulfresh

8. Sentulfresh
wisatasekolah.com

Tempat wisata edukasi di Bogor yang selanjutnya adalah Sentulfresh. Di sini merupakan tempat wisata yang menarik dan bermanfaat bagi anak, karena ia bisa melakukan berbagai aktivitas bermain dan belajar.

Aktivitas yang bisa anak-anak lakukan adalah memerah susu sapi, memberi makan burung merpati, menunggangi anak sapi, memberi makan ikan, mengobservasi budidaya cacing, budidaya ayam, peternakan rusa, dan juga mengenal jenis tanaman.

Kemudian anak juga bisa belajar membuat olahan yoghurt dari susu sapi segar yang diperah sebelumnya.

Lokasi Sentulfresh ini terletak di Kampung Cijulang RT.03 / RW.03, Desa Cadasngampar, Sukaraja, Bogor.

9. Taman Safari Cisarua

9. Taman Safari Cisarua
sikidang.com

Mama tentu sudah tak asing dengan tempat wisata yang satu ini, bukan? Taman Safari Bogor adalah salah satu tempat wisata edukasi di Puncak, Bogor. 

Lokasi ini cocok bagi Mama yang ingin mengajak anak-anak bermain sambil belajar. Selain itu, udara yang segar membuat Mama dapat menghirup oksigen yang menyehatkan bagi tubuh.

Anak juga dapat bertemu hingga berinteraksi langsung dengan 2.500 satwa dari belahan dunia yang terdapat di Taman Safari, seperti rusa, gajah, kerbau, macan tutul, tapir, anoa, singa, dan masih banyak lagi.

Hal ini karena para satwa yang berkeliaran bebas seperti di habitat aslinya.

Tak hanya mengenalkan anak pada berbagai satwa, di sana juga terdapat berbagai ragam permainan seperti speedway, crazy plane, angsa terbang, mandi bola, rumah hantu 3D, baby zoo, foam ball, sepeda air, bombom car, sepeda layang, dan lain-lain.

10. Taman Topi Chiquita

10. Taman Topi Chiquita
bogor.tribunnews.com

Apakah Mama berencana pergi ke Bogor naik kereta? Jika iya, jangan lupa untuk mengunjungi Taman Topi Chiquita yang berada di Jalan Kembang, Desa Sukaluyu, Kabupaten Bogor.

Bagi Mama yang belum tahu, Taman Topi Chiquita yang memiliki nama resmi Taman Ade Irma Suryani ini merupakan pusat hiburan rakyat yang sudah beroperasi selama puluhan tahun.

Saat ini Taman Topi memiliki 20 wahana yang bisa anak dijajal, antara lain bumper car, perahu air, dan kuda poni.

Nah itulah 10 tempat wisata edukasi anak di Bogor, yang bisa Mama pilih untuk mengisi waktu liburan di akhir pekan atau saat libur sekolah. Waktu healing kini menjadi lebih bermanfaat bagi pengetahuan anak deh!

Tertarik mengunjungi tempat wisata yang mana, Ma?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk