Liburan Bersama Anak, 11 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Solo

Tak hanya menyenangkan, tempat wisata ini juga menambah wawasan anak lho!

23 Juni 2022

Liburan Bersama Anak, 11 Rekomendasi Tempat Wisata Anak Solo
bob.kemenparekraf.go.id

Liburan bersama anak-anak tak hanya memberikan waktu yang berkualitas, namun juga akan menciptakan kenangan yang akan selalu diingat anak hingga usianya besar kelak. 

Jika Mama tinggal di Kota Solo atau berencana mengunjunginya, di sana ada banyak tempat wisata yang ramah anak dan edukatif, untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga.

Ingin tahu apa saja tempat wisata anak di Solo? 

Nah berikut Popmama.com telah menyiapkan beberapa rekomendasi tempat wisata anak di Solodi bawah ini. Jangan lupa disimpan ya!

1. Agrowisata Sondokoro

1. Agrowisata Sondokoro
solo.co.id

Tempat wisata yang pertama ini awalnya adalah sebuah pabrik gula besar yang berada di Solo.

Namun, kini diubah menjadi tempat wisata dengan pemandangan alam yang sangat asri. Karena terdapat banyak sekali pepohonan serta bunga yang memperindah tempat wisata ini.

Tempat wisata yang satu ini juga cocok untuk segala usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Misalnya Mama bisa menikmati pijat refleksi dan terapi ikan. Sedangkan anak dapat menikmati fasilitas kolam renang hingga flying fox.

2. Bukit Sekipan

2. Bukit Sekipan
travelspromo.com

Ketika berkunjung ke Bukit Sekipan, Mama dan anak menghabiskan waktu dengan menikmati fasilitas seperti wahana air mini waterpark, kampung halloween, dan rumah papua.

Dinamakan 'Kampung halloween' karena anak bisa menemukan berbagai macam boneka hantu khas Indonesia. Sedangkan rumah papua adalah miniatur rumah adat khas Indonesia.

Menarik sekali, ya?

3. Keraton Solo

3. Keraton Solo
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Datang ke Solo belum lengkap rasanya bila tak mengunjungi Keraton Solo, yang juga menjadi salah satu ikon wisata Kota Solo yang ramah anak dan edukatif.

Di tempat wisata ini, Mama dan anak bisa berfoto dengan latar bangunan bersejarah berusia lebih dari 270 tahun lho! Selain itu anak juga bisa mengunjungi Museum Keraton Solo.

Agar lebih seru, anak juga bisa melihat serta memberi makan kebo bule keturunan Kyai Slamet di Alun-alun Kidul (Alkid), naik becak hias, dan menonton atraksi prajurit pada Sabtu. 

Sedangkan jika berkunjung pada hari Minggu atau libur, ada wahana naik skuter listrik yang bisa disewa di lokasi.

4. Kereta Api Uap Jaladara

4. Kereta Api Uap Jaladara
pariwisatasolo.surakarta.go.id

Menaiki kereta api uap jaladara pun bisa menjadi liburan yang menyenangkan sekaligus edukatif bagi anak-anak. Alasannya karena, kereta api ini telah digunakan pada zaman dahulu, sehingga anak juga dapat belajar sejarah dari kereta uap tersebut.

Menariknya, kereta ini merupakan satu-satunya kereta uap yang berada di Solo yang masih beroperasi, namun kini hanya untuk wisata saja.

Kereta ini dijalankan dengan bahan bakar berupa kayu bakar sehingga menghasilkan uap yang akan menggerakkan kereta.

Editors' Picks

5. Museum Radya Pustaka

5. Museum Radya Pustaka
indonesiakaya.com

Tempat wisata di Solo yang ramah anak dan edukatif berikutnya adalah Museum Radya Pustaka di kawasan Sriwedari Solo. Museum yang satu ini merupakan salah satu museum tertua di Indonesia yang berdiri pada 1890.

Jika mengunjungi museum ini, anak akan melihat banyak sekali koleksi naskah tentang kerajaan-kerajaan di Indonesia. Naskah-naskah itu di antaranya mengenai Kerajaan Majapahit, Pulau Pajang, Mataram, dan Kerajaan Demak.

Situs kerajaan tersebut memiliki peninggalan-peninggalan dalam bentuk tulisan, sastra, patung, dan peninggalan lainnya yang bertuliskan Sanskerta serta huruf Palawa. Ini lah yang menjadikan keberadaan museum ini sangat berkesan bagi masyarakat Jawa.

Anak-anak bisa belajar banyak pengetahuan mengenai sejarah di museum ini. Terlebih lagi Museum Radya Pustaka Solo dapat diakses secara gratis alias tidak perlu membayar tiket masuk.

6. Taman Balekambang

6. Taman Balekambang
tempatwisata.pro

Taman wisata dan hutan kota yang satu ini berada di wilayah Manahan, Banjarsari, Solo. Di sini tak hanya menawarkan kesejukan dan pemandangan hijau yang asri saja lho!

Karena Mama di sini dapat mengajarkan anak mengenai keragaman flora. Terdapat sejumlah tumbuhan langka di taman yang juga menjadi objek wisata ramah anak di Solo itu seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel cokelat.

Di taman yang berusia 100 tahun pada 2021 ini, anak juga bisa belajar mengenai konservasi alam, mengingat fungsinya yang menjadi daerah resapan air dan paru-paru kota.

7. Taman Cerdas Jebres

7. Taman Cerdas Jebres
bob.kemenparekraf.go.id

Tempat wisata di Solo selanjutnya yang bisa Mama kunjungi bersama anak adalah Taman Cerdas Jebres. 

Di sini anak mama bisa menggunakan berbagai permainan yang bermanfaat untuk melatih ketangkasan anak. Tak hanya itu saja, di tempat wisata ini juga terdapat relief dan patung tokoh nasional seperti Ir. Soekarno, Moh. Hatta, dan Ki Hajar Dewantara.

Menariknya lagi, Taman Cerdas Jebres juga menghadirkan teleskop yang lengkap dengan angkasa dan planet-planetnya, serta kehidupan di bawah laut. Menarik, bukan?

8. Taman Hutan Rakyat Karanganyar

8. Taman Hutan Rakyat Karanganyar
jogjaday.com

Tempat wisata anak di Solo ini juga dikenal dengan nama Tahura. Di sini menjadi tempat wisata yang populer karena keindahan alam taman yang indah. 

Ditambah lagi ada 34 binatang yang bisa anak jumpai selagi menikmati pemandangan dilereng pegunungan. Anak bahkan juga bisa memberi makan rusa yang berkeliaran.

Tak hanya itu, taman ini juga memiliki berbagai tempat menarik untuk berfoto.

9. Taman Sriwedari

9. Taman Sriwedari
nativeindonesia.com

Taman Sriwedari ini menjadi salah satu tempat wisata Solo untuk anak yang mengasyikkan. Karena tak hanya bisa bermain, tempat ini cocok untuk anak yang ingin mempelajari sejarah zaman dahulu.

Pasalnya, di sana juga terdapat paling tidak 16 wahana permainan dan mini waterpark. Tak hanya itu, Mama dan anak juga dapat melihat kesenian wayang orang dengan kisah Mahabrata dan Ramayana.

10. The Heritage Palace Solo

10. The Heritage Palace Solo
solo.co.id

Apakah anak mama termasuk yang suka foto-foto? Jika iya, maka The Heritage Palace Solo adalah tempat yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kota Solo.

Alasannya karena tempat wisata yang satu ini sangat kental dengan nuansa Eropa.

Awalnya, ini merupakan pabrik gula peninggalan Belkamu dari tahun 1892. Kemudian, tempat ini direvitalisasi menjadi tempat wisata keluarga. 

Selain bisa foto-foto dengan latar belakang yang instagramable, anak juga bisa sewa kostum lho!

Tiket masuk yang tersedia di tempat wisata ini sebesar Rp20.000 untuk pintu masuk, tiket terusan sebesar Rp55.000 di weekdays dan Rp65.000 untuk weekend.

11. TSTJ atau Jurug Solo Zoo

11. TSTJ atau Jurug Solo Zoo
jateng.tribunnews.com

Kebun binatang Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau dikenal juga dengan nama Jurug Solo Zoo selama ini menjadi primadona tempat wisata ramah anak dan edukatif di Kota Solo. 

Sebagai kebun binatang yang sekaligus menjadi tempat konservasi hewan, TSTJ ini menjadi pilihan masyarakat dari berbagai daerah untuk mengajak anak berwisata sambil belajar mengenai keragaman satwa.

Jika Mama ingin berwisata ke TSTJ, jangan lupa menyiapkan uang untuk tiket sebesar Rp25.000 per orang untuk tiket masuk.

Nah itulah 11 rekomendasi tempat wisata anak di Solo. Mana yang ingin Mama segera kunjungi bersama anak?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk