Mengajarkan Doa Pagi Katolik untuk Anak Sebelum Beraktivitas

Sebelum beraktivitas, awali pagi dengan doa yang tulus kepada Allah Bapa

9 September 2020

Mengajarkan Doa Pagi Katolik Anak Sebelum Beraktivitas
Freepik/jcomp

Sebagai umat Katolik, berdoa merupakan bagian dari kegiatan rohani yang penting. Anak mama sebenarnya dapat berdoa kapanpun dan dimanapun. Meskipun begitu, pagi hari merupakan waktu penting yang perlu selalu diawali dengan doa. 

Sebelum kita beraktivitas, ada baiknya kita selalu mengawalinya dengan doa. Kita perlu memohon dampingan dan bimbingan Tuhan serta Roh Kudus agar segala kegiatan sepanjang hari dapat berjalan dengan lancar dan selalu terjaga dalam lindungan-Nya. 

Doa pagi sebenarnya tidaklah sulit. Si Kecil dapat melakukannya secara spontan ataupun membacanya di buku-buku doa anak-anak.

Untuk membiasakan anak mama berdoa di pagi hari, Popmama.com akan memberikan 5 contoh doa pagi Katolik sebelum si Kecil beraktivitas.

Simak selengkapnya ya, Ma.

1. Doa pagi singkat

1. Doa pagi singkat
Freepik/A3pfamily

Berdoa di pagi hari seringkali tidak dilakukan anak mama dengan alasan tidak punya waktu. Di pagi hari biasa mereka sibuk menyiapkan diri untuk pergi ke sekolah atau kegiatan lainnya. 

Meskipun begitu, doa pagi dapat dilakukan dengan singkat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Biasakan anak mama berdoa di pagi hari, meskipun sebentar tapi pastikan ia melakukannya dengan kesungguhan hati. 

"Selamat pagi Bapa.Terima kasih atas kasih karunia-Mu yang telah Kau berikan kepadaku dari malam aku tidur hingga pagi hari ini. Aku bersyukur untuk nafas baru yang boleh aku terima. Berkati dan lindungi aktivitasku sepanjang hari ini. Berkati pula orang tua, sanak saudara, sahabat dan semua orang yang aku kasihi dalam menjalankan aktivitas mereka. Dan ampunilah untuk segala dosa yang telah kami perbuat. Doa yang kurang sempurna ini saya serahkan kepada-Mu. Demi Kristus, Tuhan kami. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

Editors' Picks

2. Doa pagi ungkapan syukur

2. Doa pagi ungkapan syukur
Freepik/Zilvergolf

Meskipun hendak memulai kegiatan sepanjang hari, bersyukur di pagi hari tidaklah salah.  

Coba bayangkan, dapat bangun di pagi hari dengan tubuh yang segar saja sudah merupakan anugerah yang perlu disyukuri. Apalagi ketika kita masih diberikan nafas hidup ketika bangun pagi. Itulah mengapa tidak ada salahnya untuk menyelipkan ungkapan syukur di pagi hari. 

"Terimakasih Tuhan, untuk pagi dan hari yang baru ini. Terimakasih pula untuk malam yang telah kulewati. Dimana aku boleh mengalami perlindungan-perlindungan-Mu dalam tidurku. Sertailah dan berkatilah hari ini, pekerjaanku, keluargaku, sahabat-sahabatku dan semua kejadian serta orang yang akan kujumpai hari ini. Supaya pada malam hari nanti apabila aku menutup hari ini, aku patut melambungkan puji dan syukur kepada-Mu, Tuhan yang Maha kasih. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin." 

3. Doa pagi perlu dilakukan dengan hening

3. Doa pagi perlu dilakukan hening
Freepik/Sewcream

Meskipun dilakukan di pagi hari dengan suasana terburu-buru, doa pagi tetap perlu dijalankan dalam suasana hati yang tenang. 

Usahakan si Kecil berhenti sejenak dari kesibukannya di pagi hari. Luangkanlah waktu sekitar 5 menit untuk berdoa pagi. Doa perlu dilakukan dalam keheningan karena merupakan bentuk komunikasi dengan Allah. 

"Allah Bapa kami yang bertahta di dalam surga, selamat pagi. Aku bersyukur kepada-Mu atas berkat dan perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Aku bersyukur karena pagi hari ini karena aku boleh bangun dengan tenaga dan semangat yang baru. Aku juga mau bersyukur untuk nafas kehidupan yang Kau berikan sehingga aku boleh merasakan hari yang baru. Berkatilah keluargaku dan semua orang yang akan aku jumpai hari ini. Berikanlah aku keberanian untuk hidup berbagi kasih dengan sesamaku. Berkatilah juga segenap tugas-tugas dan pekerjaanku sepanjang hari ini supaya menjadi persembahan hidup bagi-Mu. Dalam nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin."

4. Doa pagi mohon perlindungan dan keselamatan

4. Doa pagi mohon perlindungan keselamatan
Freepik/Sewcream

Perlindungan dan keselamatan dari Tuhan sangatlah penting. Dalam naungan-Nya, kita akan terlindung dari marabahaya, dosa, dan perbuatan yang jahat. 

Kita tidak dapat tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Maka dari itu, perlindungan dari Tuhan sangatlah kita butuhkan. Bukan hanya perlindungan, kita juga perlu memohonkan tuntunan Tuhan ketika membuat keputusan.

Nah, mohon tuntunan dan perlindungan Tuhan sebaiknya diucapkan ketika berdoa di pagi hari.  

"Allah Bapa Sang Pencipta manusia dan alam semesta ini, Aku ucapkan syukur kepada-Mu, karena boleh bangun di pagi hari ini. Aku mohon bimbingan-Mu sepanjang hari ini. Bimbinglah agar aku dapat bekerja dalam semangat kasih-Mu dengan rajin, dan jujur. Buat aku agar tidak mudah putus asa dalam menjumpai segala kesulitan.Jagailah aku dari segala marabahaya dan dari rencana jahat terhadapku. Aku persatukan dengan pengorbanan Yesus Kristus, yang hidup bersama-Mu dalam persatuan roh kudus kini dan sepanjang masa. Dalam nama Bapa dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

5. Berdoa di pagi hari perlu diajarkan sejak dini

5. Berdoa pagi hari perlu diajarkan sejak dini
Freepik/Sewcream

Mama dapat mulai menerapkan kebiasaan berdoa pagi pada anak-anak. Mereka perlu menjalankan kegiatan rohani ini agar semakin mengenal dan dekat denganTuhan.

Namun mereka membutuhkan bimbingan orangtua agar membantu mereka semakin mengenal Tuhan dan mau bersyukur dalam segala hal. 

Mama dapat mulai membiasakan si Kecil berdoa pagi ketika ia bangun tidur. Atau mungkin juga berdoa bersama-sama dengannya.

"Ya Allah, Bapa yang mahabaik, terima kasih atas perlindungan-Mu sepanjang malam tadi. Terimakasih ya Yesus karena kau selalu mau menjadi sahabatku. Juga atas Roh Kudus yang Kau utus untuk membimbing hidupku. Sebelum beraktivitas, aku mohonkan bimbingan-Mu sepanjang hari. Berkatilah pula orang tuaku, pengasuh, pendidik, sanak-saudaraku, dan teman-temanku sepanjang hari. Dan berikanlah penghiburan bagi yang bersusah hati, sakit dan menderita. Bimbinganglah aku, ya Bapa, supaya hari ini aku selalu berlaku sopan dan melaksanakan tugasku dengan baik. Utuslah Santo-Santa pelindungku, para malaikat pelindung, dan bunda Maria sendiri, supaya mendampingi aku sepanjang hari ini. Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus. Amin."

Itulah 5 doa pagi Katolik sebelum anak beraktivitas. Panjatkan doa dengan bersungguh-sungguh agar anak selalu dalam lindungan dan diberi keselamatan. Yuk Ma, biasakan si Kecil berdoa sebelum mengawali kegiatannya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.