Ajarkan Anak, Apa Itu Salat Gaib dan Bagaimana Tata Caranya

Salat gaib dilakukan tanpa adanya jenazah

18 Januari 2021

Ajarkan Anak, Apa Itu Salat Gaib Bagaimana Tata Caranya
Dok. IDN Times/Rubiakto

Dunia aviasi Indonesia sedang mengalami duka. Pasalnya, pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dengan rute penerbangan Jakarta–Pontianak dinyatakan hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021) lalu.

Setelah dikabarkan hilang kontak pada pukul 14.39 WIB usai lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, pesawat ini akhirnya telah dikonfirmasi jatuh di wilayah perairan Kepulauan Seribu.

Pencarian pun dilakukan oleh tim SAR untuk menganalisis penyebab jatuhnya pesawat dan dalam upaya menemukan para korban.

Diketahui, pesawat ini mengangkut 62 penumpang. Hingga satu pekan lebih, pihak terkait masih terus berupaya melakukan pencarian sampai waktu yang belum ditentukan. 

Sementara itu, belasan jamaah di wilayah Bogor, Jawa Barat menggelar salat gaib untuk Kapten Afwan, pilot dari pesawat Sriwijaya Air SJ 182. Salat gaib ini dilakukan sebagai cara untuk mendoakan Kapten Afwan sekaligus ungkapan bela sungkawa pada keluarga korban. 

Lebih lanjut, berikut Popmama.com jelaskan informasi mengenai salat gaib yang dilakukan untuk Kapten Afwan, dikutip dari berbagai sumber. 

Salat gaib sebagai bentuk doa untuk sang pilot

Salat gaib sebagai bentuk doa sang pilot
Pixabay/mohamed_hassan

Salat gaib yang dilakukan oleh para jamaah untuk Kapten Afwan ini digelar di Masjid Ad-daulah di Perum Cibinong Endah, Sukahati, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (15/1/2021).

Dengan maksud untuk mendoakan sang pilot yang juga merupakan ketua panitia pembangunan Masjid Ad-daulah. Para jamaah yang terdiri dari para kerabat dan para tetangga ini juga berdoa agar keluarga Kapten Afwan dapat diberikan kesabaran serta keikhlasan. 

Dikutip dari laman IDNTimes, pihak keluarga juga telah melakukan salat gaib lebih dulu di rumah duka. Tepatnya, pada hari Rabu ((13/1/2021) malam. 

Saiful Anwar, sahabat Kapten Afwan yang tinggal di sebelah kiri rumahnya mengatakan, salat gaib ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Ia menambahkan bahwa pelaksanaan salat gaib ini merupakan wujud keikhlasan dari pihak keluarga. 

"Karena di lokasi pencarian sudah ada tiga jenazah yang ditemukan, dengan berbagai masukan, pihak keluarga sudah menerima dan ikhlas. Karena ini takdir dari Allah, dan pihak keluarga juga tidak mau larut dalam kesedihan," jelas Saiful.

Pihak keluarga juga mengatakan jika suatu saat nanti jasad Kapten Afwan ditemukan, maka akan melakukan proses penguburan jenazah sebagai mana mestinya. 

Editors' Picks

Apa itu salat gaib?

Apa itu salat gaib
Pixabay/SyauqiFillah

Sebagai orangtua, sudah menjadi kewajiban Mama dan Papa untuk mengajarkan pengetahuan Islam pada anak. Tidak terkecuali mengenai salat gaib ini, Ma.

Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, salat gaib dilakukan dengan tujuan untuk mendoakan seseorang yang telah meninggal dunia.

Berbeda dengan salat jenazah yang biasa ditemui dan dilakukan di hadapan jenazah langsung, salat gaib dilaksanakan tanpa adanya jenazah. Namun, keduanya sama-sama dikerjakan secara berjamaah.

Biasanya, salat gaib ini dilaksanakan sebagai solusi ketika kita tidak dapat menghadiri pemakaman atau mendoakan seseorang yang telah meninggal dunia secara langsung. 

Berikut niat dan tata cara salat gaib yang dapat diajarkan pada anak. 

Niat salat gaib

Niat salat gaib
Unsplash/Fadkhera Official

Bacaan niat salat gaib terbagi menjadi 2, yaitu sebagai imam atau makmum. Pada lafal niatnya, terdapat sedikit perbedaan antara jenazah laki-laki dan perempuan.

Inilah bacaan niat salat gaib:

  • Niat salat gaib sebagai imam

Ushalli alal mayyiti (mayyitati untuk jenazah perempuan) - sebutkan nama jenazah - alghooibi arba'a takbiroti fardhol kifaayati imaaman lillahi ta'ala

Artinya: “Saya berniat salat gaib atas jenazah (nama jenazah) dengan empat kali takbir menjadi imam karena Allah taala.”

  • Niat salat gaib sebagai makmum

Ushalli alal mayyiti (mayyitati untuk jenazah perempuan) - sebutkan nama jenazah - alghooibi arba'a takbiroti fardhol kifaayati ma'muuman lillahi ta'ala

Artinya: “Saya berniat salat gaib atas jenazah (nama jenazah) dengan empat kali takbir menjadi makmum karena Allah taala.”

Tata cara salat gaib

Tata cara salat gaib
Unsplash/Levi Clancy

Adapun tata cara pelaksanaan salat gaib, yaitu:

  • Membaca niat
  • Membaca takbir
  • Membaca surat Al Fatihah
  • Membaca takbir kedua
  • Membaca salawat dengan lafal sebagai berikut:

"Allohumma sholli alaa sayyidinaa muhammad wa alaa ali sayyidinaa muhammad, kama sholaita alaa sayyidina ibrohim wa alaa sayyidina ibrohim, wa barik alaa sayyidinaa muhammad wa alaa ali sayyidina muhammad, kama barakta alaa sayyidina ibrohim wa alaa ali sayyidina ibrohim, fil alaaminaa innaka hamiidum majiid"

  • Membaca takbir ketiga
  • Membaca doa untuk jenazah dengan lafal sebagai berikut:
  • Doa untuk jenazah laki-laki

"Allaahummaghfir la-hu warham-hu wa'afi-hi wa'fu ‘an-hu, wa akrim nuzuula-hu, wawassi' madkhola-hu, waghsil-hu bil maa-I wats tsalji wal-baradi, wanaqqi-hi minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyad-hu minal danasi, wa abdil-hu daaran khairan min daari-hi, wa ahlan khairan min ahli-hi, wa zaujan khairan min zau-ji-hi, waqi-hi fitnatal qabri wa'adzaban naari."

  • Doa untuk jenazah perempuan

"Allahummaghfirla-haa warham-haa wa'afi-haa wa'fu ‘an-haa, wa akrim nuzuula-haa, wawassi' madkhola-haa, waghsil-haa bil maa-I wats tsalji wal-baradi, wanaqqi-haa minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyad-haa minal danasi, wa abdil-haa daaran khairan min daari-haa, wa ahlan khairan min ahli-haa, wa zaujan khairan min zau-ji-haa, waqi-haa fitnatal qabri wa'adzaban naari.”

Kedua doa tersebut memiliki arti yang sama, yaitu:

Artinya: “Ya Allah ampunilah dia, berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai), maafkanlah dia dan tempatkanlah di tempat yang mulia (surga), luaskan kuburannya, mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan, sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran, berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya di dunia, berilah keluarga yang lebih baik daripada keluarganya di dunia, dan masukkan dia ke surga, jagalah dia dari siksa kubur dan neraka.”

  • Membaca takbir keempat
  • Membaca doa penutup dengan lafal sebagai berikut:

"Allahumma laa tahrimnaa ajro-hu (ajro-ha untuk jenazah perempuan) walaa taftinaa ba'da-hu (ba’da-ha untuk jenazah perempuan) waghfi lanaa wa la-hu(wa la-ha untuk jenazah perempuan) wa li ikhwanina (wa li akhwatina untuk jenazah perempuan) ladzina sabaqquuna bil imaani wa la taj'al fi quluubina gilal liladzina amanuu robbana innaka rouufur rohiim."

  • Mengucapkan salam

Itulah informasi lengkap mengenai niat dan tata cara salat gaib yang dapat Mama dan Papa ajarkan pada anak. Semoga dapat bermanfaat, ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.