7 Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Semuanya ada di sekitar kita lho, yuk ajarkan ke anak

12 Agustus 2021

7 Sumber Daya Alam Dapat Diperbaharui
Contoh.kemendesa.go.id

Segala sesuatu yang ada di alam ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, Semua yang ada di alam ini sering disebut sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui.  

Apa itu sumber daya alam yang dapat diperbaharui? 

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang keberadaannya melimpah di alam. 

Sumber daya alam tersebut dapat diolah hingga bisa digunakan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Walaupun jumlahnya banyak, manusia harus bijak menggunakan agar ketersediaan sumber daya alam ini tidak habis dan bisa tetap dinikmati sampai kapan pun oleh generasi-generasi berikutnya. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini Popmama.com telah merangkum 7 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Simak dan beri tahu anak yuk, Ma!  

1. Matahari 

1. Matahari 
Pixabay/takmeomeo

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang pertama adalah Matahari. Matahari merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Pancaran sinar yang dikeluarkan oleh matahari mengeluarkan panas sehingga dapat digunakan sebagai sumber energi untuk pembangkit listrik tenaga surya dan menghasilkan listrik. 

Hal tersebut dapat terjadi karena pancaran panas sinar matahari ditangkap oleh panel dan kemudian diubah menjadi listrik. 

Listrik yang berasal dari sinar matahari ini sangat ramah lingkungan. 

Sayangnya, listrik di Indonesia masih lebih banyak menggunakan batu bara sehingga menghasilkan limbah B3. Hal tersebut dapat menyebabkan masyarakat terkena penyakit pernafasan jika setiap hari harus menghirup udara kotor. Misalnya, batuk, bronkitis, TB, ISPa, dan lain sebagainya. 

2. Angin 

2. Angin 
pixabay.com/Tantetati

Contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang kedua adalah angin. Angin merupakan sumber energi alternatif. Salah satunya digunakan sebagai pembangkit listrik. 

Nantinya, hembusan angin ditangkap oleh baling-baling yang sudah disiapkan. Kemudian, baling-baling tersebut berputar sehingga membuat putaran pada motor (mesin) yang selanjutnya akan menghasilkan energi listrik. 

Selain untuk membantu menjalankan pembangkit listrik tenaga angin, angin pun dapat digunakan sebagai energi alternatif irigasi sawah. 

Embusan angin di sawah dapat dimanfaatkan untuk menggerakkan baling-baling kincir angin yang akan menghidupkan alat kompresor di bagian bawah. 

Kompresor yang terhubung dengan sistem perpipaan akan memompa air di sumur sawah dan mengalirkannya ke permukaan sawah. 

Editors' Picks

3. Air 

3. Air 
Pixabay/drfuenteshernandez

Selain matahari dan angin, air pun dapat diandalkan untuk membangkitkan listrik. 

Biasanya, air yang digunakan untuk diolah menjadi listrik adalah air bendungan. Nantinya, air yang mengalir dengan bantuan turbin diubah menjadi energi mekanik. Kemudian selanjutnya diubah menjadi energi listrik dengan bantuan generator. 

4. Tumbuhan 

4. Tumbuhan 
Freepik/Jcomp

Tumbuhan adalah salah satu makhluk hidup yang ada di bumi dan bisa diperbaharui. 

Tumbuhan biasanya akan dijadikan sumber makanan oleh manusia dan hewan. 

Akan tetapi, nantinya tumbuhan dapat berkembang biak kembali. Baik dengan bantuan manusia ataupun dengan usahanya sendiri. 

Contoh tanaman yang berkembang biak dengan bantuan manusia yakni mangga, jambu, jeruk dan lain-lain. Sedangkan tumbuhan yang  berkembang biak dengan cara sendirinya yakni seperti pisang. 

5. Hewan 

5. Hewan 
Pexels/Nandhu Kumar

Sama halnya dengan tumbuhan, hewan pun biasanya digunakan sebagai bahan makanan manusia.

Hewan pun dapat berkembang biang sendiri sehingga dianggap dapat sebagai sumber daya alam yang dapat diperbaharui. 

Akan tetapi, kini ada beberapa hewan yang sudah semakin langka keberadaannya di Indonesia dan di dunia. 

6. Biomassa 

6. Biomassa 
cangkangsawit.id

Biomassa adalah sisa-sisa makhluk hidup yang telah mati seperti rumput kering, sisa kulit kayu bekas mebel dan kotoran hewan. 

Biomassa tersebut nantinya dapat diolah oleh manusia menjadi pupuk kompos Selain itu, kotoran hewan pun dapat dijadikan sebagai energi alternatif pengganti bahan bakar dari gas alam, yaitu biogas. 

7. Geothermal 

7. Geothermal 
starenergygeothermal.co.id

Geothermal merupakan sumber daya alam dari perut bumi. 

Panas yang dihasilkan perut bumi dapat diolah untuk memanaskan air hingga mengeluarkan uap. Kemudian, uap tersebut akan dialirkan ke turbin untuk menghasilkan energi listrik. 

Nah, itulah 7 contoh sumber daya alam yang dapat diperbaharui. Baik menggunakan mesin, tenaga manusia, maupun diperbaharui dengan sendirinya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.