5 Doa Katolik untuk Memohon Kesembuhan Anak yang Sakit

Doa untuk memohon mengubah kelemahan menjadi kekuatan anak

23 Juli 2021

5 Doa Katolik Memohon Kesembuhan Anak Sakit
Freepik/Pressfoto

Setiap orangtua tentunya tidak ingin melihat anaknya sakit, jika berbagai cara perawatan dan pengobatan telah dilakukan, Mama tidak boleh lupa untuk berdoa meminta kesembuhan pada anak yang sedang sakit.

Mama dapat memohon rahmat kesembuhan dari Tuhan untuk anak. Diharapkan Tuhan dapat menguatkan anak agar bisa melawan penyakitnya, mendapatkan kesembuhan, dan kembali beraktifitas dengan normal.

Namun, doa tidak dapat menggantikan peran dokter atau jenis pengobatan lainnya. Jika anak sakit, maka tindakan wajib yang juga harus Mama lakukan adalah tetap berkonsultasi dengan dokter. Karena, mukjizat Tuhan juga harus diimbangi dengan keterlibatan aktif Mama yang berusaha agar anak sembuh.

Berikut ini Popmama.com akan memberikan 5 doa Katolik untuk kesembuhan anak yang sedang sakit. Yuk Ma, simak doa-nya di bawah ini.

1. Doa mohon kesembuhan bersama Bunda Maria

1. Doa mohon kesembuhan bersama Bunda Maria
Freepik/Olha1

Yang pertama adalah doa meminta kesembuhan anak bersama Bunda Maria, Mama bisa mengajak Papa dan anggota keluarga lainnya untuk ikut berdoa, yang isi doanya seperti berikut ini:

Bunda Maria penuh Rahmat, Bunda penolong, bagi setiap mereka yang memohon pertolonganmu. Dengan segenap hati dalam segala kekurangan dan kelemahanku, kami memohon bantuan Surgawi dan belas kasihan dari Putera-Mu, Yesus Kristus, untuk menjamah dan menyembuhkan anakku yang sedang berbaring lemah karena sakit.

Semoga dalam dampinganmu, anak kami tetap teguh dan sabar serta tidak kehilangan harapan akan sentuhan kasih dan rahmat penyembuhan dari sang Ilahi.

Dan semoga dengan sakitnya ini, dapat tumbuh cinta kasih Kristus, dan membangkitkan imannya untuk semakin dekat dengan Kristus, dan diKau dalam persekutuan gerejaNya yang satu dan Kudus kini, dan selama-lamanya, Amin.

Editors' Picks

2. Doa singkat yang bisa dipanjatkan setiap pagi dan malam hari

2. Doa singkat bisa dipanjatkan setiap pagi malam hari
Freepik/Kkhaosai

Selanjutnya adalah doa singkat yang bisa Mama dan Papa panjatkan setiap pagi dan malam hari untuk meminta kesembuhan anak, berikut adalah isi doa-nya:

Allah yang Maha baik, Engkaulah sumber penyembuhan sejati bagi mereka yang percaya kepada-Mu. Dalam belaskasihanMu, kami mohon bantuan dan sentuhan lembutMu, bagi anakku yang saat ini sedang sakit.

Pulihkan dia dengan jamahanMu, dan kuatkanlah dia oleh rahmatMu. Sekiranya rahmat dan sentuhanMu dapat menyembuhkannya, dan menjadikan dirinya untuk hidup dengan lebih mengasihiMu dalam ungkapan syukur, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan, dan Juru Selamat kami, Amin

3. Doa bersama Bunda Maria yang selalu mengasihi umat-Nya

3. Doa bersama Bunda Maria selalu mengasihi umat-Nya
Freepik/Justinboat29

Selanjutnya adalah doa yang juga dipanjatkan kepada Bunda Maria yang selalu bersama dan mengasihi umat-Nya, berikut adalah isi doa-nya:

Bunda Maria, Bunda Allah, dan Bunda kami, kami datang ke hadapanmu dengan pengharapan bahwa engkau akan menolong kami. Iman kami mengatakannya dan hati kami meyakininya.

Untuk (nama anak) yang sedang sakit dan di tengah penderitaannya, kami berseru kepadamu, “Bunda!” Karena kami percaya hanya dengan mengatakannya kami merasa lebih baik. Apabila kami merasa tidak dimengerti dan seorang diri, kami tahu bahwa engkau bersama kami dan bahwa engkau mengasihi kami.

Tolonglah anak kami ini ya Bunda Maria, dan apabila dia sehat kembali bantulah dia untuk mencintai Tuhan dengan lebih baik lagi. Amin.

4. Doa memohon pada Tuhan Yesus yang memberkati umat-Nya dengan tangan-Nya

4. Doa memohon Tuhan Yesus memberkati umat- tangan-Nya
Freepik/Jcomp

Dalam cerita di Alkitab, Tuhan Yesus selalu menyembuhkan orang sakit bahkan orang buta sekalipun dapat ditolong-Nya, sehingga doa ini bisa sebagai permohonan pada Tuhan Yesus untuk meminta kesembuhan anak:

Tuhan Yesus, pandanglah anakku yang saat ini sedang sakit, yang dalam kesehariannya selalu memuji atas segala kebaikan-Mu yang penuh kasih. Hiburlah dia diatas ranjang sakitnya, dan ringankanlah penderitaannya.

Kami berserah kepada-Mu bahwa tidak ada penyembuhan yang sulit bagi-Mu, jika itu adalah kehendak-Mu. Karena itu kami berdoa agar Engkau menjamah anak kami dengan perhatian-Mu yang penuh kasih, memulihkan kekuatannya, dan menyembuhkan apa yang membuatnya sakit dalam kemuliaan nama-Mu yang penuh kasih. Amin

5. Doa memohon kuasa Tuhan untuk mengubah kelemahan jadi kekuatan

5. Doa memohon kuasa Tuhan mengubah kelemahan jadi kekuatan
Freepik/Sewcream

Terakhir adalah doa yang memohon kuasa Tuhan untuk mengubah kelemahan akibat sakit yang diderita anak, menjadi kekuatan yang membantunya bangkit kembali. Berikut adalah isi doa-nya:

Ya Tuhan, sumber kekuatan kami, penghiburan semua orang yang menderita, tolonglah… (nama anak) dengan kuasa-Mu, dan pulihkanlah kesehatannya.

Engkau berjanji bahwa Engkau akan “mengubah yang meratap menjadi orang yang menari-nari.” Ubahlah dukacita (nama anak) menjadi sukacita, dan kelemahan mereka menjadi kekuatan, dengan pengantaraan Yesus Kristus Tuhan kami. Amin.

Nah itulah, 5 doa katolik untuk kesembuhan anak yang sedang sakit. Dengan iman dan keyakinan yang teguh, Mama berharap agar Allah melimpahkan sukacita serta kesembuhan pada anak yang sedang sakit.

Jangan pernah patah semangat, Ma. Ketika Mama dan Papa tidak tidur di malam hari karena menjaga anak yang sedang sakit, maka perbanyak berdoa agar kesembuhan anak benar-benar segera terjadi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.