Penting, Ini Dos & Don'ts Bicara Seputar Covid-19 pada Anak

Jangan sampai salah menjelaskan ya, Ma!

2 Maret 2021

Penting, Ini Dos & Don'ts Bicara Seputar Covid-19 Anak
Freepik/prostooleh

Masih mewabahnya virus Covid-19 atau virus corona di Indonesia tentu saja membuat rasa takut yang dirasakan banyak orang, termasuk anak-anak.

Namun, masih banyak orangtua yang menghindari percakapan seputar Covid-19 guna melindungi anak-anak mereka. Padahal, anak juga perlu mendapat informasi seputar Covid-19 agar tidak mengalami rasa takut berlebih dan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada, Ma.

Untuk itu, agar tidak salah menyampaikan informasi yang ada seputar virus corona pada anak-anak mama, yuk perhatikan Dos & Don'ts yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Memberi tahu anak informasi tentang Covid-19

1. Memberi tahu anak informasi tentang Covid-19
Noodle.com

Anak usia sekolah umumnya sudah lebih memahami akan apa yang diajarkan oleh orangtuanya, untuk itu Mama bisa menjelaskan secara terbuka dan jujur agar anak merasa lebih waspada terhadap dirinya.

Mama bisa memulainya dengan menjelaskan apa itu  virus corona yang mewabah di Indonesia, jelaskan dari mana asalnya, mengapa ini sangat bahaya. Setelah itu biarkan anak mama melontarkan pertanyaan.

Informasi seputar virus corona umumnya didapat dari media, namun sebaiknya Mama perlu berhati-hati dalam membiarkan anak mengonsumsi media tanpa pendampingan. Sebab jika tidak, anak akan secara mentah-mentah menelan informasi yang ia dapat dan itu akan membuat anak merasa lebih takut.

Untuk itu, jika memang ingin memberikan informasi melalui media, sebaiknya dampingi anak dan berikan penjelasan terhadap informasi yang disaksikan bersama ya, Ma.

Editors' Picks

2. Gunakan bahasa yang mudah anak pahami

2. Gunakan bahasa mudah anak pahami
Freepik/lifeforstock

Meski usia sekolah umumnya lebih memahami banyak hal, namun anak tetap perlu dijelaskan dengan bahasa yang mudah mereka pahami, Ma.

Cobalah jelaskan informasi seputar virus corona menggunakan visual yang menyenangkan dengan gambar kartun atau semacamnya. Dengan begitu anak akan lebih memahami dan lebih waspada dalam memerangi virus corona yang masih mewabah ini.

3. Mengajarkan mencuci tangan yang benar

3. Mengajarkan mencuci tangan benar
Pixabay/drfuenteshernandez

Salah satu cara dalam memerangi virus corona adalah dengan mencuci tangan yang benar menggunakan sabun dan air mengalir. Untuk itu, penting mengajarkan anak bagaimana mencuci tangan yang baik dan benar.

Robert Frenck, M.D., direktur medis, divisi penyakit menular di Rumah Sakit Anak Cincinnati menyarankan, “Ajari anak cara mencuci tangan menggunakan sabun dan air setidaknya selama 15-20 detik, atau berapa lama untuk menyanyikan ABC.”

Ini penting dilakukan sebelum anak makan atau menyentuh wajahnya, sebab bakteri yang ada pada tangannya akan dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui hidung, mata, dan mulut.

4. Jangan teralu panik

4. Jangan teralu panik
Freepik/pvproductions

Menurut dokter anak Dyan Hes, M.D., pendiri Gramercy Pediatrics, anak-anak sensitif terhadap kecemasan orang tua mereka.

Jadi, dalam memberikan informasi seputar virus corona pada anak usakan tidak terlalu panik dan tetap optimis ya, Ma. Sebab saat Mama merasa panik atau cemas, maka anak pun akan merasakan demikian dan menjadi takut menghadapi virus tersebut.

Saat kecemasan melanda, umumnya Mama dan Papa akan banyak menimbun perlengkapan guna persiapan karantina, hal ini justru bisa membuat anak mama ikut merasakan kepanikan akibat adanya virus corona yang tak kunjung usai.

5. Beri tahu anak tanggapan pemerintah seputar Covid-19

5. Beri tahu anak tanggapan pemerintah seputar Covid-19
Freepik/tirachardz

Mama juga bisa memberi tahu anak mengenai tanggapan pemerintah dalam memerangi virus tersebut. Mulai dari berbagai pencegahan seperti menutup sekolah dan kantor, menguji vaksinasi, mempersiapkan protokol kesehatan, dan lain semacamnya.

Dengan memberikan rencana pemerintah dalam memerangi virus corona, maka ini akan meredakan kekhawatiran Mama dan keluarga, termasuk anak-anak.

Nah, itu dia Do & Don'ts yang bisa Mama bicarakan pada anak seputar Covid-19. Semoga informasinya bermanfaat dan selalu diberi kesehatan untuk Mama dan keluarga di rumah.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.