Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Ucapan yang Bisa Dibagikan Anak saat Memperingati Hari Pahlawan

Penggalan kata yang diucapkan Pahlawan cocok untuk menyambut Hari Pahlawan

10 November 2020

Ucapan Bisa Dibagikan Anak saat Memperingati Hari Pahlawan
Ilustrasi by IDN Times

10 November identik dengan perayaan Hari Pahlawan. Hal ini sebagaimana yang tercatat dalam sejarah terkait peristiwa pada 10 November 1945 di Kota Surabaya karena adanya persekutuan pasukan Indonesia dengan sekutu.

Adanya sejarah pertempuran di Surabaya pada 1945 kemudian ditetapkan sebagai Hari Pahlawan dalam Keputusan Presiden No. 136 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional.

Jika tahun-tahun sebelumnya banyak diberlakukan ragam perlombaan atau kegiatan dalam menyambut Hari Pahlawan, namun di tahun ini berbeda lantaran pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir di negeri ini.

Meski terbatasnya kegiatan lantaran pandemi, Mama bisa mengajak anak-anak di rumah untuk kut serta memeriahkan Hari Pahlawan dengan berbagi kata-kata ucapan selamat Hari Pahlawan melalui berbagai media sosial yang dimiliki.

Di era teknologi seperti sekarang ini, bukan tak mungkin jika anak Mama memiliki akun media sosial, kan? Nah, agar anak dapat bermedia sosial dengan positif, yuk ajak mereka memeriahkan Hari Pahlawan bersama melalui ucapan kata para Pahlawan yang sudah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Sejarah singkat Hari Pahlawan

1. Sejarah singkat Hari Pahlawan
Popmama.com/Vanny El Rahman

Peristiwa pertempuran antara pasukan Republik Indonesia dengan pasukan tentara Inggris 10 November 1945 silam membuat sejarah baru bagi negeri ini karena banyak Pahlawan yang berjuang dalam membela Tanah Air.

Meski sudah dinyatakan merdeka pada 17 Agustus 1945, namun kondisi Indonesia saat itu masih belum stabil. Pasalnya, pada 10 November 1945 kembali terjadi pertempuran besar pascakemerdekaan, yang dikenal juga sebagai pertempuran Surabaya.

Berdasarkan buku Bung Tomo, Hidup dan Mati Pengobar Semangat Tempor 10 November karya Abdul Waid, pertempuran Surabaya terjadi lantaran sejumlah hal. Bermula setelah kekalahan Jepang yang membuat rakyat dan pejuang Indonesia berupaya mendesak para tentara Jepang untuk menyerahkan semua senjatanya kepada Indonesia.

Kemudian pada September 1945, tentara Inggris tiba di Surabaya dengan tugas untuk melucuti tentara Jepang dan memulangkan mereka ke negaranya serta membebaskan tawanan perang yang ditahan oleh Jepang.

Tak hanya itu, mereka juga mengembalikan Indonesia kepada pemerintahan Belanda sebagai negara jajahan. Tentu saja ini membuat kemarahan warga di Surabaya karena menganggap Belanda menghina kemerdekaan Indonesia dan melecehkan bendera Merah Putih.

Kemudian 27 Oktober 1945, perwakilan Indonesia melakukan rundingan dengan Belanda dan berakhir ricuh di Hotel Yamato. Meski sejumlah warga tak berhasil masuk ke hotel, tetapi Hariyono dan Koesno Wibowo berhasil merobek bagian biru bendera Belanda sehingga bendera menjadi Merah Putih.

Lalu di tanggal 29 Oktober 1945, pihak Indonesia dan Inggris sepakat menandatangani gencatan senjata. Namun keesokan harinya, Indonesia dan Inggris bentrok dan menyebabkan Brigadir Jenderal Mallaby, pimpinan tentara Inggris, tewas tertembak hingga mobil yang ditumpanginya diledakan oleh milisi.

Tentara Inggris melalui Mayor Jenderal Robert Mansergh, pengganti Mallaby mengeluarkan ultimatum bahwa semua pimpinan dan orang Indonesia yang bersenjata harus melapor serta meletakkan senjatanya di tempat yang ditentukan.

Tak hanya itu saja, tentara Inggris juga meminta warga Indonesia menyerahkan diri dengan mengangkat tangan di atas dengan batas ultimatum pada pukul 06.00, 10 November 1945. Tentu saja ini membuat warga Surabaya marah hingga terjadi pertempuran besar yang berlangsung sekitar tiga minggu.

Diketahui, tokoh Pahlwan yang berjuang dalam pertempuran Surabaya 10 November 1945 ini ialah Sutomo, K.H. Hasyim Asyari, dan Wahab Hasbullah.

2. Tema Hari Pahlawan 2020

2. Tema Hari Pahlawan 2020
Kemsos.go.id

Banyaknya kisah perjuangan rakyat Indonesia baik sebelum maupun pascakemerdekaan tentu sudah tak asing lagi bagi anak-anak Mama. Sebab ini semua tercatat dalam buku sejarah pelajaran sekolah mulai dari SD, hingga SMA.

Kisah-kisah ini dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak untuk meneladani sikap tokoh perjuangan Indonesia seperti kejujuran, kegigihan, pantang menyerah, dan melakukan kewajiban dan hak.

Untuk mengenalkan makna Hari Pahlawan kepada anak-anak Indonesia, setiap tahunnya pemerintah membuat tema yang berbeda agar anak-anak tetap memahami betapa pentingnya tokoh Pahlawan yang telah berjuang memerdekakan negeri ini.

Dikutip dari bone.go.id, Kementerian Sosial Republik Indonesia telah meluncurkan tema dan logo resmi untuk peringatan Hari Pahlawan 2020 yang mana tema pada peringatan tahun ini ialah "Pahlawanku Sepanjang Masa."

Jika dahulu para Pahlawan identik dengan perjuangan mereka melawan para penjajah untuk memerdekakan Indonesia, di era saat ini makna Pahlawan sendiri dapat dipahami dari berbagi pengertian.

Para Pahlawan masa kini ialah mereka yang menjadi panutan dan dapat membawa perubahan serta memberikan kontribusi positif dalam berbagai sisi. Terlebih di era teknologi saat ini yang banyak bermunculan ide, karya, kontribusi yang bermanfaat bagi banyak orang.

Ini bisa menjadi pembelajaran bagi anak, bahwa bukan hanya Pahlawan dahulu saja yang bisa memberikan kontribusi bagi negeri ini, mereka juga bisa seperti para Pahlwan dengan menyuarakan ide dan berkontribusi positif dalam berbagai sisi, Ma.

3. Kata-kata untuk ucapan Hari Pahlawan

3. Kata-kata ucapan Hari Pahlawan
Wikiwand.com

Meski di rumah saja karena kondisi pandemi yang tak kunjung usai, Mama bisa mengajak anak untuk tetap memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada hari ini (10/11/2020) dengan membagikan penggalan kata-kata para Pahlawan sebagai ucapan Hari Pahlawan 2020.

Berikut kata-kata yang bisa Mama dan anak bagikan diberbagai media sosial yang dimiliki, diantaranya ialah:

  • "Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya." - Presiden Soekarno

  • "Pahlawan yang setia itu berkorban, bukan buat dikenal namanya, tetapi semata-mata membela cita-cita." - Bung Hatta

  • "Robek-robeklah badanku, potong-potonglah jasad ini, tetapi jiwaku dilindungi benteng merah putih, akan tetap hidup, tetap menuntut bela, siapapun lawan yang aku hadapi." - Jendral Soedirman

  • "Dengan ilmu kita menuju kemuliaan." - Ki Hajar Dewantara

  • "Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri." - Raden Ajeng Kartini

  • "Dalam menghadapi musuh, tak ada yang lebih mengena daripada senjata kasih sayang" - Cut Nyak Dien

  • "Pahlawan-pahlawan di dalam tentara kami, satu dengan yang lainnya berselisih, dan kemudian yang gagah berani menyerah." - Pangeran Diponegoro

  • "Hidup yang tidak dipertaruhkan tidak akan pernah dimenangkan." - Sutan Syahrir

  • "Selama banteng-banteng Indonesia masih mempunyai darah merah yang dapat membuat secarik kain putih menjadi merah putih, selama itu kita tidak akan mau menyerah kepada siapa pun juga" - Bung Tomo

  • "Memimpin adalah menderita" - KH. Agus Salim

  • "Semangat pemuda Indonesia. Selamat Hari Pahlawan. Siapa kita? Kita Indonesia dan kita bisa!" - Bung Karno

  • "Kalahkan rasa takut yang selalu menghantui, beridri kokoh layaknya para Pahlawan yang dengan sigap membela negeri ini. Selamat Hari Pahlawan!"

  • "Jangan malu, teruslah lebarkan sayapmu untuk maju. Mari junjung harkat serta martabat dari bangsa ini! Selamat Hari Pahlawan!"

  • "Semangat kuat dan berapi-api adalah kunci keberhasilan. Selamat Hari Pahlawan!"

  • "Tak perlu menjadi orang lain untuk menjadi yang terbaik, jadilah diri sendiri yang percaya akan kemampuanmu. Sebab tak ada orang lain yang bisa menyamai kemampuan yang kamu miliki. Selamat berjuang dan selamat Hari Pahlawan!"

  • "Jadilah Pahlawan untuk dirimu sendiri, sebab tak ada satu pun orang yang mampu menjadi dirimu. Selamat Hari Pahlawan!"

  • "Kita sama halnya dengan mereka yang telah gugur, memiliki sebuah kewajiban untuk menciptakan sejarah baru bagi Indonesia dalam berkarya. Selamat Hari Pahlawan!"

  • "Jangan mudah berbangga diri, teruslah berjuang hingga membuat gebrakan baru bagi diri sendiri dan orang lain. Selamat berjuang kawan, selamat menyambut Hari Pahlawan."

  • "Sudah saatnya bagi kita untuk meneruskan jasa dari para pahlawan kita terdahulu. Terima kasih Pahlawanku, kami siap melanjutkan perjuanganmu. Selamat Hari Pahlawan!"

Nah, itu dia sejarah singkat serta kata-kata ucapan selamat Hari Pahlawan. Semoga kisah para Pahlawan Indonesia dapat menjadi pembelajaran bagi anak-anak kita ya, Ma. Tetap semangat dan selamat Hari Pahlawan 2020!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk