5 Cara Belajar Bahasa Inggris ala RM BTS, Membantu Banget!

Leader BTS ini belajar bahasa Inggris secara otodidak lho

8 Juni 2022

5 Cara Belajar Bahasa Inggris ala RM BTS, Membantu Banget
Instagram.com/rkive

BTS menjadi salah satu idola Korea yang sedang digemari banyak orang, termasuk kaum remaja di Indonesia. Setiap anggotanya memiliki ciri khas dan pesona masing-masing, sehingga membuat para ARMY jatuh hati.

Salah satu member yang tidak pernah absen membuat penggemar terkagum adalah RM, selaku leader atau pemimpin dari BTS. Lelaki bernama asli Kim Namjoon ini diketahui memiliki kecerdasan di atas rata-rata, bahkan IQ-nya mencapai 148.

Sebagian dari kalian mungkin juga sudah tahu kalau kemampuan bahasa inggris RM tidak perlu diragukan lagi. Padahal, RM sendiri merupakan anggota BTS berdarah asli Korea.

Ia tidak memiliki pengalaman tinggal lama di luar negeri, namun skill berbahasa Inggrisnya kerap kali menjadi panutan.

Lantas, bagaimana ya cara leader BTS ini mahir berbahasa Inggris? Simak ulasannya yuk yang telah Popmama.comrangkum tentang cara belajar bahasa Inggris ala RM BTS.

1. Menonton film atau serial bahasa Inggris

1. Menonton film atau serial bahasa Inggris
Instagram.com/rkive

Banyak orang merasa terheran bagaimana RM yang bukan seorang native speaker bisa memiliki kemampuan bahasa inggris sangat baik. Terlebih, skill speaking dan pelafalan setara dengan active speaker.

Melalui wawancara BTS di program ‘The Ellen Show’ pada tahun 2017 lalu, RM membagikan cara dia mempelajari bahasa Inggris. Lelaki kelahiran 1994 ini mengatakan bahwa dirinya menonton serial ‘Friends’ saat usianya 14-15 tahun.

Ia menonton serial tersebut hingga season 10 alias sampai tamat.

Tidak hanya sekali, RM menonton serial ini berkali-kali. Pertama, menonton menggunakan subtitle bahasa Korea, kemudian dengan subtitle bahasa Inggris, dan yang terakhir tanpa subtitle sama sekali.

Jadi selain menikmati serial, RM juga memanfaatkan tontonan ini untuk bahan belajar dan improve skill bahasa Inggris-nya.

Editors' Picks

2. Mempunyai keinginan untuk mengeksplorasi lebih dalam

2. Mempunyai keinginan mengeksplorasi lebih dalam
Instagram.com/rkive

Kemampuan bahasa Inggris RM bisa meningkat bukan hanya karena dirinya menonton serial ‘Friends’ sampai tamat saja. Ia memiliki keinginan tinggi untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang apa yang sedang dipelajarinya

Sifatnya ini tentu sangat berpengaruh, lho. Contoh sederhananya, kamu bisa coba membiasakan mencatat kosa kata bahasa Inggris yang baru pertama kali didengar. Kemudian, mencari tahu artinya dan mencatatnya di note book, persis seperti apa yang dilakukan oleh RM.

3. Beranikan diri bicara bahasa Inggris dengan orang lain

3. Beranikan diri bicara bahasa Inggris orang lain
Instagram.com/rkive

Kemampuan bahasa Inggris tak akan berkembang jika tidak diasah. Cara selanjutnya yang dilakukan RM untuk meningkatkan skill bahasa Inggrisnya ialah memberanikan diri berbicara dengan orang lain menggunakan bahasa Inggris, khususnya native speaker.

Saat BTS diundang ke acara luar Korea, RM sebagai pemimpin menjadi salah satu anggota yang aktif berbicara bahasa Inggris. Di jaman serba modern ini, kamu bisa menemukan partner berbicara bahasa Inggris dari mana saja.

Beranikan diri untuk melatih kemampuan bicara bahasa Inggris. Akan lebih seru jika kamu mendapat  partner yang juga masih sama-sama belajar.

4. Belajar bahasa Inggris bisa dimulai dari hal yang disukai

4. Belajar bahasa Inggris bisa dimulai dari hal disukai
Instagram.com/rkive

RM merupakan siswa yang cerdas ketika masa sekolah. Ia pernah masuk dalam jajaran satu persen siswa terpintar di Korea Selatan untuk ujian masuk universitas mata pelajaran matematika, bahasa Inggris, bahasa Korea, dan ilmu sosial.

Ketika berada di kelas 2 SMA, ia pernah meraih skor 148 untuk tes IQ. Karena tertarik dengan dunia rap, maka RM sejak kecil belajar bahasa Inggris yang memang sering digunakan untuk lagu rap.

RM mempelajarinya secara otodidak. Berkat kemampuan bahasa Inggrisnya, RM sebagai musisi kerap bekerja sama dengan para musisi luar lainnya, salah satunya dengan rapper Warren G asal Amerika Serikat.

5. Konsisten belajar bahasa Inggris

5. Konsisten belajar bahasa Inggris
Instagram.com/rkive

Salah satu kunci utama orang sukses adalah konsisten. Memang terdengar sederhana, namun siapa sangka jika sikap konsisten untuk belajar bisa menghasilkan sesuatu yang maksimal di akhirnya.

Semua akan terasa sia-sia kalau kamu tidak melakukannya dengan konsisten. Kamu bisa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris dari hal-hal sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari, seperti menonton film atau serial bahasa Inggris, mencatat kosa kata baru dengan artinya, dan beranikan diri aktif berbicara bahasa Inggris.

Nah jadi itulah sederet cara belajar bahasa Inggris ala RM BTS. Patut dicoba nih cara leader BTS satu ini!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk