TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Mainan Edukasi Anak 1 Tahun untuk Merangsang Kemampuan Sensorik

Mama perlu mencari permainan edukasi yang tepat untuk anak-anak

28 November 2022

15 Mainan Edukasi Anak 1 Tahun Merangsang Kemampuan Sensorik
Pixabay/BethL

Orantua milenial menghadapi tantangan tersendiri ketika mengasuh anak. Salah satunya adalah memilih permainan yang tepat untuk si Kecil.

Apalagi, orangtua milenial sering kali memanfaatkan teknologi untuk pengawasan. Akibatnya, anak enggan bermain dengan benda-benda atau mainan lain yang dapat disentuh. Untuk itu, Mama perlu membiasakan si Kecil berinteraksi langsung dengan orang-orang sekitar.

Selain itu, Mama perlu memberikan mainan edukasi anak 1 tahun untuk mendukung perkembangan kognitif dan kemampuan sensorik anak. Sehingga, anak tidak terbiasa di depan gadget, komputer, atau layar televisi. 

Perlu disadari kalau kegiatan bermain sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Pilihlah mainan edukasi untuk anak 1 tahun yang bagus untuk perkembangan fisik dan kognitif anak.

Kalau Mama dan Papa masih bingung membelikan mainan edukatif anak 1 tahun, simak rekomendasi Popmama.com berikut ini, yuk!

1. Mainan yang mengenalkan bentuk, warna hingga huruf

1. Mainan mengenalkan bentuk, warna hingga huruf
Freepik/Yanalya

Untuk membantu pengetahuan si Kecil dalam mengenal sebuah bentuk, warna, dan sebuah huruf abjad bisa menggunakan sebuah permainan. 

Melalui mainan edukasi anak 1 tahun ini, Mama dan Papa bisa mengajak si Kecil memisahkan mainan-mainan sesuai dengan warna atau bentuknya. Sehingga, kemampuan kognitif diri anak berkembang.

Kemampuan berpikir anak dilatih untuk mengingat, memecahkan masalah, hingga mengambil keputusan dengan tepat.

Sebagai orangtua, Mama dan Papa memiliki peran penting dalam menemani si Kecil bermain. Anak pun tidak ditinggalkan begitu saja dengan mainan yang dimilikinya.

Orangtua bisa sekaligus membantu anak belajar melalui media permainan. Bahkan, interaksi sosial si Kecil juga bisa ditingkatkan melalui mainan edukasi tersebut.

2. Mainan alat musik 

2. Mainan alat musik 
Pixabay/Thedanw

Tidak hanya berfungsi sebagai mainan yang dapat menghibur si Kecil saja. Namun, mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat dijadikan media pembelajaran.

Ya, mainan alat musik bisa menjadi salah satu pilihan yang dapat dibeli. Mainan alat musik berguna sebagai media untuk melatih kepekaan anak, khususnya indra pendengaran.

Jadi, tidak ada salahnya membelikan beberapa mainan anak musik untuk si Kecil. Apalagi, bila ia memang menyukai musik.

Coba pilih mainan yang penuh dengan warna-warna cerah. Sehingga, anak makin tertarik dan antusias.

3. Mainan dengan kegiatan fisik

3. Mainan kegiatan fisik
Freepik/Jcomp

Sebuah mainan yang mengharuskan si Kecil melakukan kegiatan fisik juga diperlukan. Selain menyenangkan, mainan edukasi anak 1 tahun ini dapat membantu anak mengembangkan koordinasi mata dan tangan serta kemampuan motoriknya. 

Mainan yang merangsang kemampuan fisik, seperti bola, sepeda, atau bowling plastik. Dengan mainan tersebut, si Kecil dapat makin aktif bergerak.

Selain itu, mainan yang memicu si Kecil melakukan kegiatan fisik adalah bermain rumah-rumahan.

Jenis mainan ini dapat membantu perkembangan fisiknya karena anak termotivasi untuk merangkak. Keingintahuan akan juga dirangsang.

4. Mainan dengan tema binatang

4. Mainan tema binatang
Pexels/Cotton Bro

Seperti orangtua umumnya, Mama berharap anak tumbuh cerdas. Untuk merangsang kemampuan berpikir, cobalah membeli mainan edukasi anak 1 tahun dengan tema binatang.

Mainan ini dapat membantu anak mengenal sekaligus mengingat berbagai nama dari jenis binatang. Saat bermain dengan mainan menyerupai figur binatang-binatang, si Kecil juga dapat berimajinasi sambil duduk tanpa terlalu banyak bergerak. 

Jangan lupa temani si Kecil untuk bermain bersama ya, Ma!

5. Mainan yang bisa digerakan menggunakan kaki 

5. Mainan bisa digerakan menggunakan kaki 
Freepik/Senivpetro

Mama pasti sering melihat berbagai mainan seperti mobil, sepeda, hingga motor di pusat perbelanjaan.

Perlu disadari kalau mainan edukasi anak 1 tahun ini memang bisa dinaiki oleh si Kecil. Sehingga, kakinya akan berusaha terlatih untuk menggerakkan. 

Jika rutin memainkan permainan jenis ini, perkembangan fisik si Kecil makin terstimulasi. Apalagi kedua kakinya akan berusaha untuk menggerak-gerakan mainan tersebut.

Saat bermain bersama, Mama dan Papa dapat memberikan pemahaman mengenai rambu-rambu lalu lintas. 

6. Fisher-Price Brilliant Basics Stack & Roll Cups

6. Fisher-Price Brilliant Basics Stack & Roll Cups
Blibli.com/Toyville Official Store

Sebaiknya, berikan mainan edukasi anak 1 tahun dengan konsep ditumpuk atau diubah menjadi bola. Salah satunya adalah Fisher-Price Brilliant Basics Stack & Roll Cups.

Mainan ini terdiri dari 10 bola warna-warni dengan bermacam-macam ukuran. Kemudian, ada bola kuning kecil. Semua bola dapat ditumpuk atau disusun menjadi menara. 

Dengan mainan ini, anak belajar untuk mengenali jenis warna, memecahkan masalah, meningkatkan kecerdasan spasial. Selain itu, kemampuan motorik halus anak juga terasah dengan baik.

Editors' Picks

7. Learning Friends 100 Words Book

7. Learning Friends 100 Words Book
Tokopedia.com/Cookieegoodiee

Mainan edukasi 1 tahun ini berbentuk seperti buku. Meski anak belum bisa membaca, tapi Mama dan Papa bisa memperkenalkan anak dengan buku sejak dini. Sehingga, anak sudah familier dengan buku sebagai sumber ilmu pengetahuan.

Learning Friends 100 Words Book dapat memperkuat keterampilan motorik halus. Anak juga belajar mengenali suara, huruf, dan angka. Namun, mainan ini hanya bisa diputar dalam dua bahasa, yakni bahasa Inggris dan bahasa Spanyol. 

8. Toys One Two Squeeze Baby Blocks

8. Toys One Two Squeeze Baby Blocks
mothercare.id

Anak dapat belajar merangsang kemampuan sensoriknya dengan Toys One Two Squeeze Baby Blocks. Mainan edukasi anak 1 tahun ini membantu anak untuk menumpuk, menyortir, meremas hingga melempar balok.

Mama dan Papa tak perlu khawatir, balok ini terbuat dari busa yang lembut. Menarik lagi, mainan balok ini terdiri dari 10 balok dengan warna yang beragam. Selain dilengkapi dengan warna, balok disertai gambar angka, hewan, dan bentuk.

9. Fisher-Price Baby's First Blocks

9. Fisher-Price Baby's First Blocks
Tokopedia.com/Fisher Price Flagship

Mainan edukasi anak 1 tahun ini diklaim sebagai mainan klasik. Mainan ini berupa 10 balok berwarna.

Balok dapat dimasukkan ke dalam tas jinjing. Supaya bisa masuk ke dalam tas, balok harus dimasukkan ke dalam lubang sesuai bentuknya.

Dengan mainan ini, kemampuan anak dalam memecahkan masalah dapat diasah. Selain itu, anak juga belajar mencocokkan bentuk. Tak cuma kemampuan fisik, kemampuan kognitif anak dilatih dengan baik.

10. First 100 Words: A Padded Board Book

10. First 100 Words A Padded Board Book
Tokopedia.com/HappyBunnyBooks

Umumnya, anak umur 1 tahun mulai belajar berbicara. Anak akan merekam dan meniru kosakata dari orang sekitarnya.

Nah, untuk mendukung perkembangan kemampuannya, orangtua bisa memberikan mainan edukasi anak 1 tahun ini.

Dengan First 100 Words: A Padded Board Book, anak dapat belajar 100 kata penting. Dilengkapi dengan ilustrasi, mainan ini membuat anak kian tertarik. Namun perlu diingat, mainan ini tersedia dalam bahasa Inggris, ya.

11. Little Tikes First Slide

11. Little Tikes First Slide
Littletikes.com

Mainan edukasi anak 1 tahun ini sebenarnya adalah perosotan. Mainan ini bisa digunakan di dalam ataupun di luar ruangan. Kemampuan fisik anak dapat terangsang dengan baik karena anak dapat bergerak secara aktif. 

Sebaiknya, pilih merek perosotan yang aman dan mudah disimpan. Selain itu, mainan perosotan hanya bisa digunakan oleh anak 1 tahun ke atas.

12. Set memancing ikan

12. Set memancing ikan
Tokopedia.com/VB Shopee

Selanjutnya, mainan edukasi anak 1 tahun yang lucu, yakni set memancing ikan. Mainan ikan dilengkapi dengan magent. Kemudian, anak bisa menggunakan kali bermagnet untuk memancing ikan.

Dengan mainan ini, anak belajar melatih koordinsi mata dan tangan. Selain itu, anak juga dilatih untuk lebih tangkas.

13. Mainan balok

13. Mainan balok
Pexels/Cottonbro

Mainan balok adalah mainan edukasi anak 1 tahun yang bagus untuk melatih kemampuan motorik kasar dan motorik halus.

Dengan mainan ini, ternyata anak bisa meningkatkan daya imajinasi lho. Bahkan, anak juga lebih leluasa mengekspresikan diri. 

Unik lagi, mainan balok dapat mengajarkan anak tentang matematika dasar. Sehingga, anak sudah tak asing lagi dengan salah satu konsep berhitung. 

Lantaran warna balok yang bermacam-macam, anak juga belajar mengenali segala jenis warna yang ada di dunia ini.

14. Puzzle

14. Puzzle
Pexels/Pixabay

Puzzle adalah mainan edukasi anak 1 tahun yang dapat merangsang kemampuan motorik dan kognitif. Pasalnya, puzzle menstimulasi anak untuk mengambil puzzle dan menyesuaikannya dengan bentuk yang benar.

Permaianan puzzle ini diklaim mirip dengan aktivitas sehari-hari, seperti menyusun buku sekolah, meletakkan tas sekolah, ataupun membereskan mainan ke tempatnya. Sehingga, anak secara tak langsung diajari untuk menata dan merapikan benda-benda sesuai dengan letaknya.

15. Ring donut

15. Ring donut
Pexels/Ivan Samkov

Terakhir, mainan edukasi anak 1 tahun, yakni ring donut. Pada umur ini, kemampuan motorik anak mengalami perkembangan. Untuk mendukungnya, berikan ring donut karena anak bisa meningkatkan gerakan tangan dan ibu jari.

Dengan mainan ini, anak dapat belajar menggenggam. Sehingga, anak mampu memegang benda-benda di sekitarnya.

Anak belajar untuk mengambil ring donut dan memasukkannya ke dalam tiang yang sudah tersedia. Selain belajar menggenggam, anak belajar memahami perbedaan ukuran benda. Anak juga belajar jenis warna.

Itulah 15 pilihan mainan edukasi anak 1 tahun yang bisa dipilih Mama dan Papa sebagai alternatif permainan di rumah.

Perlu diingat kalau sebuah permainan edukasi sangat penting untuk tumbuh kembang si Kecil di masa depannya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk