9 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik Dalam Mendidik Anak

Rekomendasi buku parenting ini bisa membantu Mama dalam mendidik si Kecil

16 Juni 2020

9 Rekomendasi Buku Parenting Terbaik Dalam Mendidik Anak
friendshipcircle.org

Sering mendengar ungkapan, anak adalah cerminan dari orangtua? Bukan tanpa alasan ungkapan tersebut dilontarkan, sebab faktanya anak memang akan cenderung mengikuti dan mempelajari secara tidak langsung perilaku yang ia lihat dari orangtuanya.

Itulah mengapa memberikan pendidikan terbaik dalam mengasuh dan mendidik anak sejak bayi penting dilakukan. Sebab orangtua memiliki pengaruh yang paling besar dalam tumbuh kembang si Kecil.

Di era serba teknologi seperti saat ini, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para orangtua dalam mengasuh dan mendidik si Kecil.

Untuk itu, membaca buku-buku mengenai parenting menjadi langkah awal yang dapat membantu Mama dalam mengasuh buah hati dengan baik dan benar.

Berikut Popmama.com merekomendasikan 9 buku parenting terbaik yang wajib dibaca serta diterapkan untuk para orangtua kepada buah hati mereka. Disimak yuk, Ma.

1. Calmer, Easier, Happier Parenting

1. Calmer, Easier, Happier Parenting
Tokopedia.com

Salah satu buku parenting bestseller impor ini dapat membantu Mama bagaimana mengasuh anak dengan baik, benar, dan tetap bahagia. Buku ini akan memberikan strategi bagi para orangtua dalam mengasuh anak agar mau mendengarkan dan melakukan apa yang Mama minta padanya.

Ketika Mama menggunakan strategi-strategi ini, tidak hanya menjadikannya lebih kooperatif, tetapi si Kecil juga lebih percaya diri, mandiri dan perhatian. Buku ini dilengkapi dengan contoh kisah nyata dari orangtua di luar sana dengan panduan yang jelas agar tetap tenang dan lebih bahagia dalam mengasuh buah hati tercinta.

Untuk mendapatkan buku ini, Mama perlu merogoh kocek sekitar Rp 200.000 dan dapat memesannya secara online pada toko online yang telah tersedia di Indonesia.

2. Fitrah Based Education

2. Fitrah Based Education
Fitrahbased.com

Buku ini merupakan tulisan penulis Harry Santosa berdasarkan hasil perjalanan panjang perenungan, praktek, riset, kolaborasi praktisi dan pakar selama lebih 15 tahun yang kemudian diidiseminasi dan distrukturkan serta dituangkan dalam sebuah buku.

Buku ini menjadi panduan bagi para orangtua dan pendidik dalam mendidik anak sesuai fitrahnya sehingga dapat mencapai peran peradaban terbaiknya. Ditulis berdasarkan pemahaman fitrah manusia dari Al-Quran dan hadist, buku ini akan membuat para orangtua mendidik anak dengan baik dan sesuai ajaran yang ada.

Buku yang memiliki tebal sebanyak 426 halaman full-colored ini dapat Mama pesan di berbagai toko online dengan harga sekitar Rp 340.000. 

3. Merawat Fitrah Anak Laki-laki dan Peremuan

3. Merawat Fitrah Anak Laki-laki Peremuan
Tokopedia.com

Laki-Laki dan perempuan memiliki fitrah yang berbeda, kita semua pun menyetujui hal tersebut. Namun dalam praktik kehidupan sehari-hari, semuanya disamaratakan. Nyaris tak dijumpai satu pun lembaga yang memisahkan pendidikan anak laki-laki dan perempuan. Bukan sekadar fisik isi kelas, melainkan kurikulumnya.

Dari konsep yang terbentuk di kehidupan nyata itulah yang kemudian membuat lahirnya buku ini. Buku ini nantinya akan mengajarkan orangtua apa saja fitrah seorang anak laki-laki dan perempuan yang tak bisa disamaratakan.

Dengan bahasa yang ringan dan mudah dipahami, Mama dapat memahami lebih lanjut fitrah seorang anak berdasarkan jenis kelaminnya. Untuk mendapatkan buku ini, Mama perlu merogoh kocek sekitar Rp 238.000 dan langsung mendapatkan satu set buku yang bisa menjadi pedoman dalam mengasuh buah hati.

Editors' Picks

4. Pemuda Bukan Remaja

4. Pemuda Bukan Remaja
Shopee.co.id

Mempersiapkan anak menuju aqil baligh menjadi sebuah proses panjang yang harus orangtua letakkan pondasinya sejak usia anak kecil. Sebab jika tidak, banyak pemuda yang terlambat dewasa dan belum siap dalam memikul beban syariat saat usia baligh mereka tiba.

Buku ini menjadi pedoman bagi orangtua dengan menyertakan sederet pengalaman yang diramu dengan berbagai ilmu dari berbagai referensi buku pendidikan anak. Buku ini menyajikan konsep yang terkait dengan ikhtiar orangtua untuk mempersiapkan anak menuju aqil baligh dan kemandirian hidup.Namun diperkaya dengan pemaparan berbagai problematika pemuda yang ada di tengah masyarakat.

Tak hanya menyajikan pembahasan solusi dari masalah pemuda yang ada saat ini, tetapi juga menceritakan pengalaman keluarga penulis dalam mengaplikasikan konsep yang ada dalam buku ini.

Dengan harga Rp 60.000, Mama dapat membeli buku ini melalui toko online untuk mendapat pendidikan baru dalam mempersiapkan anak menuju aqil baligh kelak.

5. Prophetic Parenting

5. Prophetic Parenting
Toko.proumedia.co.id

Buku ini dapat membantu Mama dalam membentuk sisi psikis dan kecenderungan bagi sang anak dengan mengetengahkan pentingnya pertumbuhan anak di gendongan sang Mama, keluarganya dan lingkungannya serta hubungan kekerabatan dengan kedua orangtua dan karib-kerabatnya.

Salah satu buku parenting Islami ini juga menjaga nilai-nilai agama dalam masa pertumbuhannya dan membiasakannya untuk selalu berpikir sejak usia dini. Buku ini bisa Mama dapatkan di berbagai toko buku terdekat ataupun toko online. Dengan harga sekitar Rp 80.000, Mama sudah bisa mendapatkan buku parenting bernuansa Islami ini.

6. Rumah Main Anak

6. Rumah Main Anak
Shopee.co.id

Usia 3 tahun biasanya memasuki usia anak mulai memasuki sekolah pendidikan usia dini. Sebagai orangtua, tidak sepenuhnya kita bisa menyerahkan tanggung jawab pendidikan kepada guru di sekolahnya.

Buku ini mengajak Mama dan Papa untuk tetap membesari buah hati di rumah dengan cara yang seru, menarik, dan menyenangkan bagi si Kecil yang baru akan memasuki usia pendidikan pra sekolah. Buku ini dilengkapi dengan 60 stimulasi permainan untuk anak usia 3-6 tahun, 45 stimulasi permainan mengenalkan anak pada huruf dan angka, 50 aktivitas art and craft + science for children.

Tak hanya itu saja, dengan harga sekitar Rp 200.000, mama sudah bisa mendapatkan buku ini lengkap dengan bonus berupa flashcard huruf dan angka sebanyak 36 buah.

7. Tuntas Motorik

7. Tuntas Motorik
Whenyoucallmeibu.wordpress.com

Mengasah sistem motorik anak tentu perlu dilakukan setiap orangtua sejak usia anak masih dini. Hal ini karena sistem sensori motorik pada tubuh seseorang akan memberikan pengaruh positif pada hidupnya yang akan datang. Seperti bagaimana ia berjalan dan menggunakan berbagai barang yang.

Dengan memberikan sudut pandang yang perlu dibangun dalam mendidik anak usia pra sekolah, bahkan masih bayi sekalipun, buku ini menyajikannya dengan contoh kasus yang nyata agar Mama dapat memahami dan tak merasa bosan dalam membaca buku ini.

Semuanya akan dikupas dalam bentuk kasus, ditulis secara ringkas, jelas dan padat. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 50.000, Mama bisa langsung memesan buku ini melalui toko online yang tersedia.

8. Tuntas Kemandirian

8. Tuntas Kemandirian
Shopee.co.id

Setelah sukses dengan buku Tuntas Motorik sebelumnya, penulis Ani Ch kemudian meneruskan buku dengan judul Tuntas Kemandirian. Buku ini mengajarkan orangtua bagaimana membangun pondasi karakter seorang anak, sehingga penting bagi para orangtua dan guru mendapatkan solusi dalam menuntaskan kemandirian tersebut.

Melalui buku ini, penulis memberikan solusi dan menghadirkan panduan bagaimana mendidik anak menjadi mandiri di usia dini, usia pra baligh, dan usia baligh, serta tentunya memberi gambaran bagaimana kemandirian menjadi pondasi karakter.

Tidak berbeda jauh dari buku sebelumnya, buku ini bisa Mama dapatkan dengan memasan pada toko online seharga Rp 70.000.

9. Yes, Your Baby is Genius

9. Yes, Your Baby is Genius
Tokopedia.com

Buku ini berisi panduan yang akan membantu Mama dalam memberikan stimulus untuk mengukur dan memperkaya tahun pertama kehidupan bayi. Terlebih pada bulan-bulan pertama setelah kelahiran, itu sangat penting untuk kesejahteraan jangka panjang seorang anak.

Untuk membuat hidup si Kecil dengan stimulasi yang seperti seharusnya, buku ini akan memberikan informasi yang diperlukan untuk membantu si Kecil dalam mencapai potensi penuh. Buku ini nantinya akan menjelaskan mengenai pertumbuhan anak serta membimbing orangtua dalam menciptakan lingkungan rumah yang meningkatkan perkembangan otak. 

Salah satu buku parenting best seller ini dapat Mama pesan secara online dengan harga sekitar Rp 250.000.

Nah, itu dia 9 rekomendasi buku parenting terbaik yang dapat membantu Mama dalam megasuh dan mendidik si Kecil sejak usianya dini. Semoga berguna dan dapat menjadi pedoman bagi Mama dalam mendidik buah hati tercinta.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.