10 Barang yang Harus Dibawa saat Camping Bersama Anak

Dengan persiapan yang tepat, Mama dapat memastikan kenyamanan dan kesenangan anak ketika camping

13 Februari 2022

10 Barang Harus Dibawa saat Camping Bersama Anak
Freepik/oksix

Ingin menghabiskan waktu akhir pekan dengan memberikan pengalaman yang baru bagi anak? Maka cobalah untuk mengajak anak camping atau berkemah di alam bebas.

Camping bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan jika Mama telah merencanakan dan bersiap-siap.

Beberapa peralatan dan perlengkapan yang tepat, dapat memaksimalkan kenyamanan, kesenangan, dan keamanan selama camping.

Jika Mama tertarik untuk mengajak anak camping, ada beberapa barang yang perlu disiapkan. 

Berikut Popmama.com telah merangkum daftarnya dalam kumpulan barang yang harus dibawa saat camping bersama anak. Yuk, simak ada barang apa saja!

1. Tenda

1. Tenda
Freepik/Wirestock

Membawa tenda untuk berkemah adalah hal yang pasti, kecuali jika berencana untuk tidur di bawah bintang-bintang atau Mama memiliki mobil camping. 

Jika Mama memiliki tenda namun belum pernah digunakan sejak tahun lalu, sebelum berangkat pastikan buka tenda untuk mengeluarkan udara.

Selain itu, pastikan juga tendanya tidak bau apak atau berjamur, dan periksa apakah masih menyimpan semua tiang, pasak, atau terpal yang melewati bagian atas untuk membantu mencegah hujan.

Jika berencana untuk membeli tenda secara online, periksa ukuran dan ulasan pengguna yang telah membelinya. Karena terkadang, tenda yang akan dibeli tidak muat untuk orang sebanyak yang diiklankan.

Misalnya, jika Mama adalah keluarga dengan empat orang, Mama mungkin ingin membeli tenda enam orang. Hal ini untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki cukup ruang.

2. Kantong tidur dan bantal

2. Kantong tidur bantal
Freepik/simonova1407

Bahkan jika ramalan cuaca terlihat panas untuk perjalanan berkemah, bawalah kantong tidur yang dapat dikemas untuk camping. Daerah berhutan atau pegunungan dapat mengalami penurunan suhu 20 derajat atau lebih di malam hari, terutama saat langit musim panas cerah.

Jangan lupa juga untuk membawa bantal, Mama mungkin bisa menghadapi tidur malam yang sulit jika tanpa bantal. Anak-anak juga suka memiliki bantal untuk perjalanan panjang dengan mobil dan sebagai bagian kecil yang ia bawa dari rumah untuk menenangkannya selama pengalaman baru.

Namun ingatlah, bahwa bantal mungkin berbau api unggun selama beberapa hari setelah perjalanan, jadi pertimbangkan untuk membeli satu set bantal yang berbeda untuk berkemah.

3. Selimut tambahan

3. Selimut tambahan
Freepik/kirayan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, meskipun cuaca cerah di musim panas, suhu bisa mengalami penurunan derajat di malam hari. Untuk mencegah anak kedinginan, Mama perlu membawa beberapa selimut sesuai anggota keluarga yang berkemah.

Tak perlu khawatir, karena selimut tambahan akan berguna dalam cuaca dan situasi apa pun. Mama mungkin juga akan menggunakannya sebagai alas tenda, untuk menyelimuti diri ketika udara dingin di larut malam atau pagi-pagi, atau untuk mendapatkan bantalan ekstra.

4. Senter dan baterai tambahan

4. Senter baterai tambahan
Freepik/andrznam

Senter adalah barang penting yang harus dibawa ketika berkemah lainnya. Bawalah beberapa senter dan baterai ekstra, dan pertimbangkan juga untuk membeli lentera berkemah.

Lentera sangat bagus karena memancarkan lebih banyak cahaya ke segala arah dan berdiri sendiri, sehingga Mama dan anak-anak dapat bermain kartu atau permainan papan di malam hari dengan nyaman.

Cara termudah untuk melihat dalam gelap adalah dengan menggunakan lampu kepala atau headlamp. Lampu ini datang ukuran untuk orang dewasa dan anak-anak. Mereka juga praktis, karena tidak perlu repot-repot membawanya dengan tangan serta cahayanya mengikuti pergerakan kepala.

Namun bersiaplah dengan nyamuk dan serangga yang tertarik pada cahaya. Untuk mencegah serangga masuk ke dalam tenda, cobalah mematikan senter sebelum memasuki tenda dan ritsleting tenda. Kemudian nyalakan kembali lampunya.

Editors' Picks

5. Obat anti-nyamuk

5. Obat anti-nyamuk
Freepik/Galitskaya

Terkait dengan poin sebelumnya, ketika menyalakan lampu, nyamuk dan serangga mungkin akan mengerubungi lampu dan sekitar tubuh.

Menjadi gatal di sekujur tubuh bukanlah hal yang menyenangkan bagi siapa pun. Anak-anak bahkan bisa menjadi sangat mudah tersinggung jika mereka terkena gigitan nyamuk.

Nah untuk membuat pengalaman camping lebih terbebas dari gigitan nyamuk dan serangga, Mama dapat menyiapkan semprotan atau losion pengusir nyamuk untuk anak-anak dan gelang yang dapat mengusir nyamuk di pergelangan tangan.

Tetapi harus diingat bahwa banyak semprotan serangga mengandung bahan kimia DEET tingkat tinggi, yang mungkin tidak baik untuk balita dan anak kecil. Bicaralah dengan dokter anak tentang produk mana yang akan digunakan.

6. Tisu toilet dan perlengkapan mandi

6. Tisu toilet perlengkapan mandi
Freepik/Rawpixel-com

Sebagian besar perkemahan memiliki kamar mandi yang berfungsi penuh dengan air mengalir, toilet pembilasan, dan bilik pancuran. Namun ada baiknya untuk membawa persediaan tisu toilet sendiri agar berjaga-jaga jika di kamar mandi habis.

Selain itu, pastikan juga Mama telah membawa sikat gigi dan pasta gigi, sabun, sampo, pembersih tangan berbahan dasar alkohol, dan perlengkapan mandi lainnya yang menurut Mama akan diperlukan. Kemas tabir surya dengan perlengkapan mandi.

Bahkan jika perkemahan tampak teduh, berada di luar ruangan sepanjang hari membuat anak terpapar sinar matahari secara terus menerus. Sehingga menggunakan tabir surya di wajah dan di seluruh badan, dapat melindungi anak dari sinar UV dan radikal bebas.

7. Pakaian dan sepatu hiking tahan air

7. Pakaian sepatu hiking tahan air
Freepik/whitebearstudio

Bawalah pakaian untuk semua jenis cuaca, dari hari yang panas atau hujan, hingga malam yang dingin. Jika ada danau atau sungai di dekatnya, bawalah pakaian renang. Bahkan jika ramalan cuaca mengatakan iklim yang menyenangkan, bersiaplah untuk malam yang dingin.

Bawalah celana panjang, kemeja lengan panjang, kaus, kaus kaki, dan sepatu tertutup untuk membantu anak-anak tetap hangat dan terlindungi dari serangga. Sebagai tambahan tips, Mama dapat membawa pakaian lama anak yang tidak peduli jika akan kotor atau robek saat bermain di hutan.

Sepasang sepatu bot hiking tahan air yang kokoh juga akan membuat pengalaman anak jauh lebih aman, nyaman, dan lebih mudah untuk perjalanan.

8. Kotak P3K dan obat-obat pribadi atau vitamin

8. Kotak P3K obat-obat pribadi atau vitamin
Freepik

Bahkan jika perjalanan camping Mama tidak termasuk hiking, bersepeda, memancing, dan kejar-kejaran luar ruangan lainnya, penting untuk tetap menyiapkan kotak P3K. Ini untuk memastikan adanya tindakan penanganan medis awal, jika anak mengalami luka ringan.

Mama juga dapat membuat kotak P3K sendiri dengan membeli perban, kain kasa, cottonbud, cairan antiseptik atau tisu antiseptik, dan plester. Mama juga bisa menambahkan beberapa obat-obat pribadi atau vitamin tambahan yang mungkin diperlukan saat camping.

9. Peralatan untuk aktivitas sederhana (tanpa elektronik)

9. Peralatan aktivitas sederhana (tanpa elektronik)
Freepik/user25451090

Mama Papa dan anak-anak akan berkemah untuk menikmati alam dan menghabiskan waktu bersama. Jadi pikirkan beberapa aktivitas menyenangkan tanpa gadget jika anak-anak mulai mengeluh bosan atau mulai mengganggu satu sama lain nanti.

Misalnya Mama bisa membawa permainan papan, alat musik gitar, sepeda, peralatan gambar dan buku sketsa, jaring ikan, dan lain-lain. Untuk anak-anak yang lebih kecil, bawalah buku dan cerita pengantar tidur favorit untuk membantu membuat anak lebih nyaman di malam hari.

Meskipun Mama mungkin ingin menyingkirkan ponsel saat camping, pastikan untuk tetap mengemas pengisi daya seperti kabel charge atau powerbank. Ini akan menjadi alat keselamatan yang penting ketika ingin mendapatkan bantuan dengan cepat jika terjadi keadaan darurat.

10. Hammock atau tempat tidur gantung

10. Hammock atau tempat tidur gantung
Freepik/Wirestock

Setiap anak tentu suka berayun, bukan? Dengan memiliki satu atau beberapa hammock ini dapat membuat anak lebih tenang dengan berayun diantara tengah-tengah pohon, sambil merasakan angin yang sejuk.

Jika Mama memiliki dua anak atau lebih, disarankan untuk memiliki lebih dari satu hammock agar menghindari perkelahian dan menyebabkan hammock sobek atau putus.

Tempat tidur gantung berbahan parasut sangat bagus untuk berkemah karena nyaman, mudah dipasang, ringan, dan tidak memakan banyak ruang saat dikemas. 

Nah itulah 10 barang yang harus dibawa saat camping bersama anak. Berkemah dengan anak-anak pasti bisa sangat menyenangkan dan bebas stres jika Mama telah menyiapkannya dengan tepat.

Memiliki beberapa hal menyenangkan untuk dilakukan dan banyak makanan untuk dimakan membuat semua orang senang saat jauh dari kenyamanan rumah. Anak tentu akan bersenang-senang, dan bahkan akan memohon untuk segera kembali lagi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk