Cerita ke Anak, Ini Cara Komunikasi Jerapah si Hewan yang Pendiam

Menggunakan tatapan mata untuk mengancam

3 Agustus 2020

Cerita ke Anak, Ini Cara Komunikasi Jerapah si Hewan Pendiam
Freepik/Brunomartinsimagens

Jika anak ingin berkomunikasi dengan Mama, anak tentu dapat menyampaikannya langsung dan mengeluarkan suara yang dapat dimengerti, yang disebut dengan berbicara.

Manusia berkomunikasi dengan cara berbicara, maka berbeda dengan hewan yang punya suara masing-masing. Seperti hewan anjing yang menggonggong, kucing yang mengeong, atau paus yang mengeluarkan suara berupa gelombang.

Namun dari banyak hewan yang dapat berkomunikasi dengan mengeluarkan suara, ada hewan yang pendiam, yaitu jerapah.

Apakah anak tahu bagaimana suara jerapah? 

Bagaimana cara komunikasi sesama hewan jerapah?

Kalau penasaran, kali ini Popmama.com akan membahas tentang cara komunikasi jerapah yang unik, nanti jangan lupa untuk informasikan pada anak ya Ma!

1. Manusia tidak dapat mendengarkan suara infrasonik yang dikeluarkan oleh jerapah

1. Manusia tidak dapat mendengarkan suara infrasonik dikeluarkan oleh jerapah
Freepik/Wirestock

Jerapah dianggap hewan yang tak bisa menghasilkan suara atau tidak punya pita suara, karena tidak pernah terdengar suaranya. Namun, bukan berarti jerapah selalu diam dan tidak bisa berkomunikasi dengan jerapah lainnya.

Hewan berleher panjang ini juga tetap punya suara dan bisa berkomunikasi, tapi manusia tidak dapat mendengarkan suara yang dikeluarkan oleh jerapah.

Penyebabnya karena jerapah berkomunikasi dengan suara yang rendah, atau disebut sebagai suara infrasonik.

Editors' Picks

2. Dalam bentuk dengusan dan erangan dengan tekanan suara yang sangat rendah

2. Dalam bentuk dengusan erangan tekanan suara sangat rendah
Freepik/Master1305

Suara infrasonik yang digunakan oleh jerapah untuk berkomunikasi biasanya dikeluarkan dalam bentuk dengusan atau erangan yang sangat rendah.

Bahkan kadang induk jerapah akan menggunakan suara ‘peluit’ yang ada dalam mulutnya untuk memanggil atau memperingatkan anak mereka yang terancam bahaya.

Sama seperti suara ultrasonik yang tinggi, manusia juga tak bisa mendengarkan suara yang dikeluarkan oleh jerapah karena tekanannya yang sangat renadah.

Tetapi ternyata suara infrasonik ini bisa berjalan lebih jauh dibandingkan dengan suara bernada tinggi. Suara ini bisa berjalan sejauh beberapa meter, dan penting bagi jerapah lainnya untuk memperingatkan jika dalam keadaan bahaya.

3. Walaupun jarang, jerapah juga berkomunikasi melalui sentuhan dengan jerapah lain

3. Walaupun jarang, jerapah juga berkomunikasi melalui sentuhan jerapah lain
Freepik/Rawpixel-com

Tidak hanya menggunakan suara bertekanan rendah, jerapah juga punya cara lain untuk berkomunikasi. Meskipun jarang dilakukan, jerapah berkomunikasi melalui sentuhan pada jerapah lain yang ada dalam kawanan.

Walaupun jerapah sering terlihat secara berkelompok dan berdekatan, sebenarnya mereka tidak terlalu sering menyentuh anggota lainnya, lain hal seperti gajah yang ada dalam kelompok.

Biasanya, induk jerapah akan menyentuh dan membelai anaknya untuk menunjukkan kasih sayang, melatih anaknya menemukan makanan, atau menghindari bahaya.

4. Selain infrasonik dan sentuhan, jerapah juga berkomunikasi menggunakan tatapan mata

4. Selain infrasonik sentuhan, jerapah juga berkomunikasi menggunakan tatapan mata
Freepik/Maramade

Selain dengan suara infrasonik dan sentuhan, jerapah juga berkomunikasi melalui tatapan mata. Dengan tatapannya, jerapah bisa mengekspresikan banyak emosi yang berbeda melalui mata cokelatnya yang besar.

Contohnya saat ada predator yang mendekati kawanan atau anak jerapah, maka induk jerapah akan memperingatkan predator tersebut untuk menjauh dari anaknya dengan menatap predator cukup lama.

Atau cara lain yang dilakukan adalah dengan cara menatap anggota kawanannya untuk memperingatkan jika ada ancaman di dekatnya.

Jerapah juga sering masuk dalam film-film animasi, sebab itu anak sangat familiar dengan hewan pendiam yang satu ini.

Nah, kini Mama telah mengetahui bagaimana cara jerapah untuk berkomunikasi, jangan lupa untuk beritahu anak sebagai tambahan pengetahuan anak ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.