7 Karakter Fiksi di Kartun Favorit Anak yang Bisa Dijadikan Panutan

Beberapa karakter fiksi di film kartun kesukaan anak mama yang positif

14 Januari 2020

7 Karakter Fiksi Kartun Favorit Anak Bisa Dijadikan Panutan
movieweb.com
Jangan hanya hiburan, kartun juga harus punya manfaat untuk ditonton ya

Guna memberi hiburan yang bisa membuat si Kecil merasa bahagia dan rileks dalam waktu bersamaan, Mama pasti suka menawarkan berbagai film kartun untuk ditonton.

Cara ini memang selalu jitu dalam menciptakan senyuman dan tawa di wajah anak mama dengan mudah.

Namun, tanpa Mama sadari, film kartun sebenarnya turut memengaruhi pembentukan karakter si Kecil karena anak mama akan melakukan proses observasi secara visual. 

Hal ini termasuk pada karakter fiksi yang dominan yang berpotensi membuatnya mengikuti karakter yang ditunjukkan.

Memperhatikan hal tersebut, kami menyarankan agar Mama memilah film-film kartun yang layak ditonton si Kecil dengan memperhatikan karakter fiksi yang dihadirkan.

Sebagai rekomendasi, Popmama.com telah merangkum setidaknya 7 karakter fiksi di film kartun kesukaan anak mama yang dapat dijadikan sebagai panutan. 

1. Rapunzel di film Tangled

1. Rapunzel film Tangled
popsugar.com

Pada umumnya, seorang Putri selalu digambarkan sebagai sosok yang penuh dengan karakter feminin.

Namun, hal ini berbeda dari film Tangled (2010) karya Walt Disney Animation Studios, di mana karakter utama bernama Rapunzel ditunjukkan sebagai seorang putri yang pemberani.

Secara spesifik, Rapunzel menunjukkan karakter positif yang berani untuk berpetulangan untuk melihat dunia luar.

Ekspresi yang menunjukkan bahwa dirinya menikmati setiap pengalaman memberi pelajaran positif untuk anak mama menghargai setiap momen sekecil apapun sebagai momen terbaik.

2. Anna di film Frozen

2. Anna film Frozen
bustle.com

Satu lagi sosok karakter fiksi dari film bernuansa putri dan kerajaan karya Walt Disney Animation Studios berjudul Frozen (2013).

Ia adalah Anna yang ditampilkan sebagai seorang putri bungsu dari kakak perempuannya bernama Elsa yang merupakan seorang ratu.

Melalui film kartun ini, Anna digambarkan sebagai sosok adik perempuan yang menunjukkan sikap yang mau mengerti keadaan kakaknya dan tidak menyerah untuk membantunya melewati masa-masa sulit.

Hal ini tentu akan mendorong si Kecil untuk mau melakukan hal positif tersebut kepada saudaranya.

3. Lt. Judy Hopps di film Zootopia

3. Lt. Judy Hopps film Zootopia
Youtube.com/likemovies

Sebagai karakter fiksi berwujud kelinci yang mungil, Lt. Judy Hopps dari film kartun Zootopia (2016) digambarkan sebagai sosok yang memiliki cita-cita sebagai seorang polisi di dunia dongeng yang seluruh penduduknya adalah binatang-binatang.

Menariknya, dalam meraih impiannya sebagai seorang polisi, Lt. Judy Hopps tidak menunjukkan sikap yang mudah menyerah meksipun ia mengetahui betul bahwa profesi polisi mayoritas diisi oleh binatang-binatang berbadan besar.

Hal ini tentu akan membuat si Kecil turut berani melangkah untuk menggapai impiannya ke depan. Pastinya, film ini melatih anak buat nggak minder dan ia bisa lebih percaya diri.

Editors' Picks

4. Felicie Milliner di film Leap!

4. Felicie Milliner film Leap
Tumblr.com/thenamelessdoll

Dalam sebuah film berjudul Leap! (2016), kehidupan kota Paris yang sangat artistik dan sangat menyanjung dunia seni dapat dirasakan oleh Mama dan Si Kecil ketika menontonnya bersama.

Namun, di sisi yang lain, sosok karakter yang memiliki impian besar dipastikan akan menjadi daya tarik utama.

Namanya adalah Felicie Milliner yang digambarkan sebagai seorang anak perempuan di panti asuhan yang bermimpi untuk menjadi seorang ballerina.

Keinginannya yang kuatpun berani dipacu dengan tekad untuk melangkah keluar demi mencoba membuktikan talentanya di bidang balet kepada dunia.

Tidak usah ditanya lagi, anak mama pasti akan semakin termotivasi untuk berupaya dalam menggapai impian dari waktu ke waktu.

Tetapi, Mama disarankan untuk turut mendukung dan membimbingnya, ya!

5. Russel di film Up

5. Russel film Up
Youtube.com/efbedufff

Sebuah film bertemakan keluarga bernama Up (2009) turut menampilkan sosok karakter menggemaskan bernama Russel yang digambarkan sebagai anak yang sangat menyukai kegiatan Pramuka sehingga mendorongnya untuk menyelesaikan setiap misi pramuka, termasuk menolong orangtua.

Menariknya, pada film Up karya Pixar Animation Studios ini, Russel gerak-gerik yang mengisyaratkan bahwa dirinya melakukan misi menolong orangtua tersebut dari kebaikan hatinya.

Dari sini, anak mama akan belajar untuk membangun sikap empati untuk menolong orang dari dorongan hati sendiri.

6. Christopher Robin di film Winnie the Pooh

6. Christopher Robin film Winnie the Pooh
entertainment.ie

Sebuah film bernama Winnie the Pooh (2011) dari Disney tentu telah menjadi favorit anak-anak kecil dari generasi ke generasi.

Mama mungkin termasuk salah satu dari anak-anak kecil di era Mama yang juga menikmati film kartun yang menceritakan persahabatan manusia dan binatang tersebut.

Bagaimana tidak! Di film kartun tersebut, ada sosok karakter anak laki-laki bernama Christopher Robin yang digambarkan mau berkawan karib dengan binatang-biantang, khususnya beruang menggemaskan seperti Pooh.

Tentu, lewat karakter ini, anak mama akan belajar untuk memperlakukan binatang dengan baik.

7. Peter di film Peter Pan

7. Peter film Peter Pan
video.disney.com

Tidak ada yang lebih menyenangkan saat sebuah tontonan penuh keajaiban diperlihatkan dalam setting yang sedemikian rupa menariknya.

Hal inilah yang dipertontonkan dalam film Peter Pan (2003) yang memiliki karakter fiksi utama dengan nama yang sama.

Peter Pan sendiri digambarkan sebagai seorang anak laki-laki yang sangat suka bersenang-senang.

Bisa dibilang, menikmati waktu dan setiap momen dengan perasaan yang gembira merupakan hal yang terpenting di dunia anak-anak.

Melihat hal tersebut, anak mama akan dibuat senang senantiasa.

Nah, sekarang, berikan tontonan dari masing-masing film yang menghadirkan ke-7 karakter fiksi di atas kepada anak mama.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!