Kulit Berminyak Juga Butuh Pelembap, Ini Dia 7 Rekomendasi Moisturizer

Pelembap pada kulit berminyak dapat berguna untuk mencegah dehidrasi

31 Januari 2020

Kulit Berminyak Juga Butuh Pelembap, Ini Dia 7 Rekomendasi Moisturizer
Unsplash/Nika Akin

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda, entah kulit kering, kulit berminyak, atau kulit kombinasi. Jenis kulit biasanya dipengaruhi oleh kadar air pada tubuh, faktor usia, dan lainnya. Namun, di negara tropis seperti Indonesia, masyarakatnya cenderung memiliki kulit yang berminyak. 

Kulit berminyak biasanya dapat ditandai dengan pori-pori yang besar, kulit mengkilap, dan cenderung berjerawat. Meskipun demikian, pemilik kulit berminyak juga sebenarnya membutuhkan pelembap dalam perawatan. Hal ini karena kulit berminyak juga dapat mengalami dehidrasi sehingga kulit kering dan mengelupas. 

Namun, tidak seperti kulit lainnya, pemilihan produk pelembap bagi kulit berminyak harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak tepat, pelembap dapat menyebabkan kulit lebih berminyak.

Pelembap bagi kulit berminyak harus memiliki formulasi khusus agar dapat bekerja menyerap minyak berlebih dan memberikan jumlah hidrasi yang tepat bagi wajah. Untuk itu, berikut rekomendasi merk pelembap yang telah Popmama.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Bioderma Sebium Mat Control cocok untuk kulit berminyak

1. Bioderma Sebium Mat Control cocok kulit berminyak
Dermstore.com

Biodrerma sebium mat merupakan pelembap yang cocok untuk pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Kandungan zinc dan vitamin B6 dapat mengatur paparan sinar matahari yang mengenai kulit wajah sehingga mengurangi efek negatif dari sinar UV.

Bahan aktif keratolitik dan astringen di dalamnya dapat menghaluskan kulit dan mengencangkan pori-pori.

Teksturnya segar dan menenangkan ketika digunakan. Selain itu, pelembap Bioderma Sebium Mat juga cepat diserap sehingga kulit tidak terasa lengket dan nyaman. 

2. Corsx Aloe Vera Oil Free Moisture Cream atasi minyak berlebih

2. Corsx Aloe Vera Oil Free Moisture Cream atasi minyak berlebih
Corsx.com

Sesuai dengan namanya yang mengklaim oil free atau bebas minyak, produk perawatan Corsx mampu membantu mengurangi minyak berlebih di wajah, menghidrasi kulit, dan mengatasi jerawat.

Pelembap yang diperkaya lidah buaya ini memiliki tekstur seperti gel sehingga ringan dan cepat menyerap saat diaplikasikan.

Kandungan lidah buaya yang mencapai 90% pada produk dapat membantu menenangkan kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, Cosrx Aloe Vera Oil-Free Moisture Cream juga bebas dari paraben sehingga meminimalisir risiko kulit iritasi. 

3. Cremor Lab Fresh Water cocok di iklim tropis

3. Cremor Lab Fresh Water cocok iklim tropis
Adorebeauty.com

Tekstur yang ringan membuat produk pelembap ini cocok untuk cuaca panas seperti daerah tropis. Merupakan pelembap dengan tekstur gel yang unik karena hasil akhirnya cenderung matte.

Dapat menghidrasi kulit, menenangkan, dan meningkatkan kelembapan. Kaya akan kandungan air, Vitamin A, C, B1 dan B2 sehingga bisa membuat kulit lebih halus dan kenyal. Produk ini juga bebas paraben, pewarna, mineral oil, dan fragrance yang dapat membuat kulit iritasi. 

Editors' Picks

4. Clinique Dramatically Different Moist jaga keseimbangan minyak

4. Clinique Dramatically Different Moist jaga keseimbangan minyak
Clinique.com

Produk yang berasal dari New York, Amerika Serikat ini memiliki pelembap dengan nama Clinique Different Moisturizing Gel.

Merupakan pelembap yang diperuntukkan untuk pemilik kulit berminyak dan juga kombinasi. Diformulasikan secara khusus sebagai pelembap yang bebas minyak sehingga dapat melembutkan dan meningkatkan kecerahan.

Produk ini mampu menghidrasi kulit dan membuat wajah bebas minyak yang dapat bertahan hingga 8 jam.

Kandungan biji bunga matahari, ekstrak mentimun, dan hylaluronatenya dapat menjaga keseimbangan produksi minyak serta mengunci kelembapan. 

5. Innisfree Balancing Cream jaga kelembapan dan menenangkan

5. Innisfree Balancing Cream jaga kelembapan menenangkan
Innisfree.com

Innisfree Balancing Cream merupakan pelembap yang dapat membuat kulit tetap lembab. Memiliki sensasi dingin dan menenangkan di kulit saat digunakan.

Pelembap ini mempunyai tekstur yang lembut, akan tetapi tidak meninggalkan residu berminyak.

Selain itu, juga diperkaya ekstrak bunga cengkeh sehingga dapat mengontrol sebum dan menjaga kulit tanpa kilau minyak yang berlebihan. 

6. Kiehls Ultra Facial Oil Free Gel Cream bantu kurangi kilau minyak

6. Kiehls Ultra Facial Oil Free Gel Cream bantu kurangi kilau minyak
Sephora.com

Merupakan pelembap berbentuk krim bebas minyak sehingga dapat menyerap dengan cepat dan nyaman di kulit. Membantu kugurangi tampilan kilau karena minyak berlebih dan menyeimbangkan produksi minyak pada kulit. 

Diperkaya ekstrak alang-alang, antarcticine, dan ekstrak buah mentimun yang dapat menghindari kulit dari dehidrasi. Produk ini bekerja secara sinergis dengan molekul alami sehingga kulit tetap lembap tetapu tidak berminyak.

Tampilan kulit pun menjadi lebih sehat, halus, dan segar. Namun, bebas dari kandungan paraben, fragrance, dan pewarna yang berbahaya bagi kulit. 

7. Laneige Water Bank Gel Cream bantu rawat pori-pori

7. Laneige Water Bank Gel Cream bantu rawat pori-pori
Laneige.com

Pelembap yang berasal dari negeri ginseng, Korea ini diproduksi dengan teknologi Air Mineral Hidro dan Biogen sehingga dapat menjaga kelembapan kulit dengan baik. Bahkan, hingga dapat merawat kulit dengan pori-pori besar yang dimiliki kulit berminyak.

Diperkaya ekstrak Polysaccharide Cypress Musim Dingin sehingga menyebabkan efek dingin yang menenangkan di kulit saat diaplikasikan. Selain itu, pelembap dari Laneige juga mengandung ekstra teh hijau yang baik untuk pemilik kulit berminyak. 

Itu lah beberapa rekomendasi pelembap yang dapat digunakan untuk pemilik kulit berminyak. Selain 7 produk di atas, pelembap dengan sifat oil free dan kandungan glycolic acid, hyaluronic acid, serta niacinamide juga baik jika digunakan pada kulit berminyak. Jadi, jangan sampai salah pilih, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.