Inilah Beda Kandungan dan Manfaat dari AHA dan BHA Bagi Kulit Wajahmu

Kamu harus tahu, lebih baik mana AHA atau BHA buat kulitmu

31 Desember 2018

Inilah Beda Kandungan Manfaat dari AHA BHA Bagi Kulit Wajahmu
Pixabay/Silviarita

Setiap hari tubuh kita memproduksi miliaran sel kulit baru untuk mengganti sel-sel kulit lama yang telah mati.

Tak hanya tubuh, kulit wajahmu pun juga akan memproduksi sel kulit baru atau yang biasa dikenal dengan regenerasi kulit.

Namun, seiring dengan bertambahnya usia, proses regenerasi kulit ini akan berjalan lebih lambat dari usia kamu saat masih muda bahkan regenerasi kulit bisa terhenti sama sekali.

Banyak faktor yang membuat regenerasi kulit melambat, Ma. Seperti kerusakan sel akibat paparan sinar matahari, kondisi kulit yang terlalu kering atau berminyak, faktor genetika, serta berbagai gangguan kulit lainnya.

Akibatnya, pori-pori kulit tersumbat sehingga kulit kamu akan tampak kusam, terkelupas, bahkan dapat berisiko pada terjadinya pigmentasi kulit.

Lalu bagaimana mengatasi gangguan kulit tersebut?

Eksfoliasi Merupakan Proses Pencegahan Penuaan Dini

Eksfoliasi Merupakan Proses Pencegahan Penuaan Dini
trendsandlife.com

Tak hanya membantu proses regenarasi kulit lebih cepat, eksfoliasi juga bisa melancarkan aliran darah dan meningkatkan produksi kolagen, lho.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk eksfoliasi. Namun, hal itu justru malah membuat kamu kebingungan untuk memilih eksfoliator mana yang sesuai dengan jenis kulitmu.

Salah satu bahan yang sering ditemukan dalam produk eksfoliasi adalah AHA dan BHA. Namun, tahukah kamu bahwa kedua kandungan ini memilki manfaat yang berbeda bagi kulit wajah?

Kalau kamu belum mengetahuinya, pasti kamu akan bertanya-tanya apa sebenarnya AHA dan BHA dan bagaimana cara kerjanya bagi kulit dan lebih baik mana bagi kulitmu?

Simak penjelasannya berikut ini.

Editors' Picks

AHA (Alpha Hydroxy Acid)

AHA (Alpha Hydroxy Acid)
papuros-shop.com

AHA bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kulit terutama kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Nah, kandungan AHA memiliki efek pengelupasan yang dapat melepaskan sel kulit mati yang tertahan di permukaan kulit.

Tak hanya itu, AHA juga berperran untuk mengunci kelembaban kulit. AHA juga bisa meningkatkan kadar air serta bermanfaat untuk mencegah terjadinya penuaan seperti kulit kendur dan keriput.

Namun, AHA bekerja hanya di permukaan kulit saja.

BHA (Beta Hydroxy Acid)

BHA (Beta Hydroxy Acid)
amazon.com

Berbeda dengan AHA yang banyak ditemukan dalam banyak jenis asam, BHA hanya dapat ditemukan pada salicylic acid saja.

Kandungan BHA memiliki keistimewaan dapat menembus minyak dan lemak serta bisa megangkat berbahai kotoran dan pori-pori menjangkaunya hingga ke dalam kulit.

Oleh arenya, BHA seringkali ditemukan dalam produk-produkkecantikan yang ditujukan untuk mengatasi jenis kulit berminyak dan berjerawat.

Dengan kandungan zat anti-inflamasi dan anti bakteria yang ada di dalam BHA, BHA cocok untuk digunakan oleh kamu yang sedang mengalami peradangan kulit akibat jerawat, rosacea, dan kulit dengan komedo (blackheads dan whiteheads).

Karena kandungan BHA dapat membantu menenangkan kulit kamu yang sedang mengalami masalah.

Namun, meski memiliki sifat yang dapat mengatasi peradangan, tidak semua kondisi kulit dengan rosacea cocok dengan produk eksfoliasi, lho.

Oleh karenya, agar kulitmu tidak bertambah parah sebaiknya kamu melakukan beberapa tes dan konsultasi pada dokter spesialis kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memakai produk eksfoliasi.

Jadi jika disimpulkan, perbedaan mendasar pada kandungan AHA dan BHA dalam produk eksfoliasi adalah sistem kerja di antara keduanya. 

AHA akan larut dalam air dan hanya bekerja pada permukaan kulit saja, sedangkan BHA dapat larut dalam minyak serta menembus pori-pori kulit sehingga berperan untuk mengatasi kulit yang mengalami peradangan.

Nah, setelah kamu mengetahui perbedaan karakter di antara kedua kandungan tersebut, sekarang kamu bisa menentukan produk mana yang lebih cocok untuk mengatasi permasalahan kulitmu, kan?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!