Rahasia Kulit Sehat dan Cerah ala Perempuan Korea

Tren Glass Skin kini tengah populer di Korea, tertarik mencoba?

14 September 2018

Rahasia Kulit Sehat Cerah ala Perempuan Korea
Pexels/Min An

Bicara tentang tren kecantikan di Korea Selatan memang tak akan ada habisnya. Kebanyakan perempuan Korea sangat memperhatikan kesehatan kulit, terutama kulit wajah. Maka tak heran jika wajah mereka terlihat mulus dan bercahaya meski tanpa pulasan makeup.

Nah, kini ada tren atau istilah baru yang tengah populer di Korea yakni glass skin. Hampir mirip dengan tampilan kulit dewy yang dulu sempat populer dan menjadi standar kecantikan perempuan Korea, istilah glass skin merujuk pada kondisi kulit yang mulus, cerah dan bercahaya seperti kaca.

Tertarik mencobanya? Ini dia 5 langkah yang perlu dilakukan demi mendapatkan tampilan glass skin ala perempuan Korea.

1. Double cleansing

1.	Double cleansing
Pixabay/Silviarita

Membersihkan wajah adalah tahap pertama yang sangat penting dilakukan. Lakukan double cleansing untuk membersihkan kotoran sampai tuntas.

Pertama, gunakan cleansing oil untuk melunturkan jenis makeup waterproof yang biasa digunakan di area mata dan bibir.

Kemudian setelah dibilas hingga bersih, lakukan tahap cleansing kedua dengan menggunakan pembersih wajah untuk memastikan segala kotoran dan debu yang menempel di wajah benar-benar hilang. Jika Mama memiliki tipe kulit kering, sebaiknya gunakan pembersih wajah yang mengandung soap-free.

Rekomendasi produk pembersih wajah : Biore Cleansing Oil, Cetaphil Gentle Cleanser, Senka Perfect Whip

2. Eskfoliasi

2.	Eskfoliasi
Pixabay/Ongchinonn

Lakukan eksfoliasi, sedikitnya dua kali dalam seminggu, untuk membersih sel-sel kulit mati. Sehingga wajah akan terasa lebih bersih dan mulus.

Sebenarnya tipe eskfoliator scrub yang mengandung bahan gula lebih efektif membersihkan wajah, namun jika kamu memiliki kulit wajah yang berjerawat (acne prone) maka sebaiknya hindari tipe eksfoliator ini agar kulit tidak iritasi. Kamu bisa menggunakan eksfoliator liquid yang mengandung bahan AHA atau BHA.

Rekomendasi produk eksfoliasi: Neogen Bio-Peel Gauze Peeling, Skin Food Black Sugar Mask Wash Off, COSRX BHA Blackhead Power Liquid atau St. Ives Apricot Scrub

Editors' Picks

3. Masker wajah

3.	Masker wajah
Pixabay/Engin_Akyurt

Perempuan Korea tidak pernah absen menggunakan masker wajah. Seperti yang sudah diketahui, masker memiliki banyak manfaat untuk kulit wajah.

Selain untuk menutrisi kulit, kandungan dalam masker juga mampu mengencangkan serta membuat kulit wajah terlihat mulus sebening kristal. Jenis masker yang beredar di pasaran pun makin beragam.

Ada yang berupa sheet mask, wash off, peel off mask, sleeping mask dan masih banyak lagi. Namun, bagi kamu yang menyukai kepraktisan, tipe masker sheet mask atau sleeping mask bisa jadi pilihan.

Sheet mask berupa lembaran kertas yang direndam dalam larutan serum dan essence ini cenderung lebih praktis dan efektif menutrisi kulit wajah.

Rekomendasi produk masker wajah: The Body Shop Himalayan Charcoal Purifying Glow Mask, Freeman Mint & Lemon Clay Mask, Laneige Water Sleeping Mask, Innisfree It’s Real Squeeze Mask

4. Toner

4.	Toner
Pixabay/Kerdkanno

Toner memiliki peran yang penting dalam proses perawatan kulit wajah. Sebab kandungan yang terdapat dalam toner bekerja sebagai booster sehingga produk skincare yang kamu pakai selanjutnya lebih cepat meresap dan efektif menutrisi kulit.

Rekomendasi produk toner: COSRX AHA/BHA Clarifying Toner, Nature Republic Shooting & Moisture Aloe Vera Toner

5. Pelembab wajah

5.	Pelembab wajah
PIxabay/Suzii13

Menutup rangkaian perawatan wajah ala perempuan Korea, kamu wajib menggunakan pelembab atau moisturizer.

Sesuai namanya, produk ini berguna untuk menghidrasi wajah. Produk ini wajib digunakan, terutama jika Mama memiliki tipe kulit kering atau sering berada di dalam ruangan ber-AC, agar kulit wajah senantiasa lembab dan sehat. Sebaiknya pilih pelembab yang mengandung SPF guna melindungi kulit dari paparan sinar UV, terutama jika Mama sedang tidak menggunakan makeup.

Rekomendasi produk moisturizer: Nature Republic Soothing & Moisture Aloe Vera, Skin Aqua UV Moisture Gel, Hada Lobo Gokujyun Ultimate Lotion

Mama tidak perlu melakukan 7 atau 10 tahapan Korean skincare untuk mendapatkan kulit wajah mulus dan bersinar.

Cukup melakukan lima tahapan diatas secara rutin dan wajib minum air putih untuk membantu menyehatkan serta melembabkan kulit. Gimana Ma, tertarik mencoba?

Baca juga: Ini Dia Rutinitas Kecantikan Saat Traveling dari Artis Korea Irene Kim

Baca juga: Ikuti Tips Menjaga Kecantikan Kulit dari Para Artis Korea Selatan