6 Tipe Tas Berdasarkan Desain dan Fungsi yang Wajib Kamu Ketahui

Kamu perlu mengetahui berbagai jenis tas agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

2 Maret 2019

6 Tipe Tas Berdasarkan Desain Fungsi Wajib Kamu Ketahui
Pexels/artem bali

Coba perhatikan dari tas yang kamu miliki apakah punya perbedaan yang cukup signifikan dari segi desain dan fungsi?

Membeli tas memang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan kita. Apakah untuk dibawa ke pesta, jalan-jalan atau untuk membawa barang bawaan yang cukup banyak untuk ke luar kota. Kamu perlu mengetahui berbagai jenis tas agar dapat memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Penggiat usaha di bidang tas di Indonesia semakin menjamur dengan berbagai jenis material dan jenis tas yang diproduksi.

Sebut saja merk tas kulit lokal Abekani yang memiliki jutaan fans, hingga tas khas anak muda produksi Visval dan Bleugenes bisa menjadi pilihan. Yuk simak lebih lanjut penjelasan Popmama.com berikut ini:

1. Duffel bag

1. Duffel bag
Pexels/nappy

Duffel bag adalah tas yang biasa digunakan untuk bepergian ke luar kota karena ukurannya yang cukup besar.

Tas ini biasanya memiliki handle pendek yang dilengkapi dengan tali panjang dan lebar untuk membawa tas tersebut di bahu. Selain itu ciri khas lainnya adalah tas ini seringkali hanya memiliki satu kompartemen utama yang besar.

Tas jenis duffle bag ini sangat pas kamu gunakan untuk bepergian singkat misalnya selama 3 hari. Kamu tidak perlu membawa koper yang cukup besar. Selain itu tas ini juga cocok kamu gunakan ke gym untuk membawa pakaian ganti, minum dan sepatu olahraga.

Duffle bag biasa dibuat dari jenis polyester akan tetapi saat ini banyak juga ditemukan duffle bag berbahan kanvas dan kulit.

2. Backpack/rucksack (tas ransel)

2. Backpack/rucksack (tas ransel)
Pexels/Vitaly Vlasov

Kamu pasti punya jenis tas yang satu ini. Ya, backpack atau rucksack ini tidak lain tidak bukan merupakan nama lain dari tas ransel.

Tas ransel sangat digemari masyarakat di seluruh dunia karena memiliki kelebihan tertentu yakni berat tas akan terbagi ke kedua bahu sehingga nyaman saat digunakan. Selain itu tas ini pun unisex alias bisa digunakan baik oleh perempuan maupun laki-laki.

Tas ransel cocok digunakan untuk jalan-jalan, diapers bag bayi, pergi kerja, hingga naik gunung. Kamu hanya perlu menyesuaikan ukuran dan bahan yang digunakan. Biasanya memiliki minimal dua kompartemen berukuran besar dan kecil.

3. Messenger/sling bag (tas selempang)

3. Messenger/sling bag (tas selempang)
Pexels/Ge Yonk

Tas selempang atau kalau di luar negeri biasa disebut messenger bag dan sling bag ini juga sangat digemari baik oleh perempuan maupun laki-laki di seluruh dunia.

Kelebihan tas ini yaitu kemudahan untuk mengakses barang di dalam tas dikarenakan penggunaannya yang sangat praktis yakni cukup disilangkan di badan.

Tas ini biasanya terdiri dari minimal 2 kompartemen yang berukuran besar dan kecil sehingga dapat memenuhi kebutuhanmu dalam membawa barang untuk berjalan-jalan hanya saja tidak bisa diisi terlalu banyak. Cocok digunakan untuk ke pusat perbelanjaan atau cafe bersama teman.

Editors' Picks

4. Tote bag

4. Tote bag
Pexels/Tofros.com

Tas dengan 1 kompartemen utama yang berukuran besar ini biasanya dilengkapi dengan kompartemen kecil di dalam kompartemen utama yang biasa digunakan untuk menyimpan uang.

Jenis tote bag ini biasanya tidak dilengkapi dengan resleting sehingga kompartemen utama memang terbuka. Jikalaupun ada penutupnya biasanya hanya berupa sebuah tutup kancing magnet. Bahan tas ini didominasi dengan kanvas, tetapi saat ini jenis material kulitpun sudah umum digunakan.

Karena tidak ada penutupnya di bagian kompartemen utama maka jenis tas ini tidak begitu banyak peminat. Meski begitu tetap saja tas ini banyak digunakan untuk bekerja, ke gym maupun sekedar berjalan-jalan. Tote bag yang biasanya di desain untuk kaum hawa ini biasanya memiliki desain yang menarik.

5. Handbag (tas tangan)

5. Handbag (tas tangan)
Pexels/Godisable Jacob

Handbag atau tas tangan berukuran kecil jika dibandingkan dengan tote bag. Selain itu memiliki penutup di kompartemen utama biasanya berbentuk resleting. Jenis tas ini cocok digunakan untuk pesta, acara formal maupun sekedar hangout bersama teman.

Untuk tampilan yang lebih elegan dan formal kamu bisa memilih tas tangan berbahan kulit dengan warna gelap. Sementara untuk tampilan yang cantik menawan kamu dapat memilih tas berbahan kain dengan aksen glitter atau kain bermotif.

6. Clutch

6. Clutch
Pexels/Flat hito

Clutch merupakan tas tangan yang berbentuk seperti dompet panjang. Tas ini biasanya hanya memiliki sati kompartemen utama yang memiliki penutup. Clutch cocok digunakan untuk pesta maupun acara formil lainnya.

Clutch dalam bahasa Inggris memiliki arti genggam. Sehingga tas ini memang kebanyakan tidak dilengkapi dengan tali. Akan tetapi di masa sekarang ini sudah banyak clutch yang dilengkapi dengan tali. Jika kamu sudah memiliki buah hati sebaiknya pilih clutch bertali agar tangan leluasa bergerak meraih si Kecil.

Nah, itulah 6 tipe tas berdasarkan desain dan fungsinya masing-masing. Kalau tasmu di rumah kebanyakan di dominasi oleh tas apa?

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!