TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Pilihan Jenis Bahan Hijab yang Nyaman untuk Pemula

Hijab berbahan katun bisa kamu gunakan sehari-hari untuk berbagai kegiatan

18 April 2022

5 Pilihan Jenis Bahan Hijab Nyaman Pemula
Pexels/Anastasia Shuraeva

Kamu baru saja hijrah dan memutuskan untuk memakai hijab?

Selain terlihat lebih tertutup, keputusan kamu ini tentu juga membuat penampilan jadi berwibawa dan elegan. Tapi sayangnya, diantara kamu pasti masih merasa bingung dalam memilih jenisnya.

Agar kamu merasa nyaman, berikut Popmama.com berikan 5 pilihan bahan hijab bagi pemula. Yuk, cek ulasannya!

1. Hijab bahan katun bisa menyerap keringat

1. Hijab bahan katun bisa menyerap keringat
Pexels/Monstera

Bahan katun adalah jenis hijab yang nyaman untuk dipakai bagi pemula, apalagi jika dipakai sehari-hari. Ini karena hijab berbahan katun sangat halus dan menyerap keringat, sekalipun di saat cuaca panas.

Ditambah lagi, bahan katun juga sangat mudah dirawat dan tidak mudah kusut. Dimana katun sendiri terbuat dari bahan dasar kapas.

Nggak heran jika hijab dengan bahan katun banyak diminati oleh para hijabers. Bahkan digunakan hampir di setiap jenis dan model pakaian muslim juga, lho.

Editors' Picks

2. Hijab bahan linen cukup sejuk dan nyaman

2. Hijab bahan linen cukup sejuk nyaman
Pexels/Jathin Sanker Raj

Ketahuilah, bahwa tekstil dari bahan linen terbuat dari serat tumbuhan alami. Bahan kain linen ini pun terasa dingin saat dipakai. Pemakaiannya terbilang cukup sejuk dan mampu menyerap keringat dengan baik, lho.

Artinya, hijab berbahan linen bisa mempercantik penampilan bagi kamu yang baru saja berhijab. Apalagi sifatnya tahan lama dan nyaman di kulit kepala.

Bagi para pemula, pengguna jilbab bahan linen juga memberi kemudahan tersendiri saat sedang memakainya. Kelebihan hijab bahan linen memiliki serat kain yang tebal. Jadi pakaian muslim atau koleksi jilbab kamu akan lebih awet dan nggak gampang robek.

3. Hijab bahan spandek teksturnya lembut

3. Hijab bahan spandek tekstur lembut
Pexels/Tamanna Rumee

Selain hijab bahan linen, spandek juga dapat kamu gunakan untuk kamu yang baru saja mulai menutup aurat. Nggak perlu merasakan panas saat digunakan, hijab bahan ini dapat menyerap keringat dengan sempurna.

Ya, hijab dari bahan spandek adalah salah satu yang wajib kamu coba. Dimana kelebihannya sendiri, spandek dibuat khusus menggunakan serat buatan atau sintetis yang elastis.

Bahkan keunggulan lainnya, yakni memiliki daya serap yang sangat baik dan nyaman dipakai. Ditambah lagi, teksturnya hijab lembut dan lentur. Jadi sangat mudah disesuaikan dengan bentuk kepala kamu.

4. Hijab bahan voal tidak mudah kusut saat dipakai

4. Hijab bahan voal tidak mudah kusut saat dipakai
Pexels/PNW Production

Di era sekarang, kamu mungkin masih bingung dalam memilih jenis bahan hijab. Nah, jilbab berbahan voal juga direkomendasikan untuk pemula. Kini penggunaan hijab dari bahan voal menjadi favorit banyak hijabers.

Ini karena jenis kainnya mudah untuk dikreasikan dan terbilang kekinian. Apalagi hijab voal juga cenderung tidak mudah kusut dan memiliki beragam warna maupun motif. Jadi mengenakannya akan membuat kamu nyaman, terutama pada penggunaan sehari-hari.

Hal tersebut karena kain voal kebanyakan terbuat dari 100% katun. Akan tetapi, ada juga variasi kain voal yang terbuat dari kombinasi serat rayon, linen, silk dan polyester. Dimana bahan hijab voal memiliki serat yang lembut dan dapat menyerap keringat dengan baik.

5. Hijab bahan viscose punya warna yang cemerlang

5. Hijab bahan viscose pu warna cemerlang
Pexels/Tamanna Rumee

Tren mode busana muslim terus mengalami perkembangan yang sangat pesat, terutama bahan hijab. Bagi kamu yang pemula, penggunaan jilbab dari bahan viscose bisa menjadi pilihan terbaik.

Dalam keseharian, hijab yang terbuat dari kain viscose merupakan salah satu jenis dari bahan rayon yang nggak mudah rusak. Bahkan viscose memiliki tekstur yang lembut di kulit, mudah menyerap keringat dan sangat adem ketika dipakai.

Selain itu, hijab ini punya kelebihan daya serap yang tinggi dan warna yang terbilang cemerlang. Kini, hijab bahan viscose terdapat banyak warna dan motif. Jadi tinggal disesuaikan dengan pakaian muslim yang kamu punya.

Itulah kelima jenis bahan hijab untuk pemula. Apakah kamu masih bingung memilihnya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk