7 Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Baik dan Benar

Ketiak mulus dan bersih juga bisa bikin kamu lebih percaya diri

5 September 2020

7 Cara Mencukur Bulu Ketiak Baik Benar
Freepik/Torwaiphoto

Ada beberapa orang yang memilih menghiangkan bulu ketiak dengan cara laser. Beberapa lainnya memilih dengan cara waxing. Sementara beberapa lainnya dengan cara mencukur bulu ketiak. 

Mencukur bulu ketiak dianggap hal yang mudah karena mungkin banyak orang yang sudah sering melakukannya. Padahal, jika salah langkah, bisa membuat kulit iritasi dan bulu tumbuh lebih kasar. 

Ternyata mencukur bulu ketiak yang baik dan benar harus melewati langkah yang cukup panjang. Seperti apa, ya?

Disusun Popmama.com, berikut langkah mencukur bulu ketiak yang baik dan benar agar bisa diikuti:

1. Oleskan minyak terlebih dahulu

1. Oleskan minyak terlebih dahulu
Wikipedia

Hal paling pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengoleskan minyak pada permukaan kulit ketiak. Minyak ini berguna sebagai pelembab yang bisa mengurangi risiko iritasi saat mencukur. 

Minyak yang digunakan baiknya minyak yang agak kental seperti minyak argan atau minyak zaitun. Minyak ini bisa melembabkan kulit secara maksimal. 

Setidaknya oleskan minyak 5 jam sebelum mencukur bulu ketiak. Dengan begitu, minyak bisa menyerap dengan baik ke kulit.

3. Mencukur saat mandi

3. Mencukur saat mandi
Freepik/Naypong

Salah satu cara membuat bulu ketiak tercukur sempurna adalah dengan mencukurnya saat mandi. Usahakan untuk mencukur dengan sambil membiarkan shower menyala dan air mengaliri ketiak. 

Dengan begitu, proses mencukur bisa lebih mudah dan bulu ketiak lebih mudah diatur untuk dicukur. Saat mandi, membersihkan ketiak yang baru dicukur pun tak jadi masalah besar. 

Editors' Picks

2. Cukur pada malam hari

2. Cukur malam hari
Freepik/Torwaiphoto

Waktu terbaik mencukur bulu ketiak adalah saat malam hari. Karena pada malam hari, kulit ketiak memiliki waktu bernafas cukup panjang. Bebas dari deodoran dan produk pewangi lainnya. 

Setelah mencukur, ada baiknya untuk tidak mengaplikasikan apapun ke kulit ketiak karena masih sensitif.

Oleh karena itulah, malam hari jadi waktu yang tepat karena kulit ketiak bisa beristirahat cukup panjang setelah terpapar pisau cukur. 

4. Harus gunakan pisau cukur yang tajam

4. Harus gunakan pisau cukur tajam
Freepik/Eva058929

Jangan asal menggunakan pisau cukur. Untuk hasil yang maksimal dan minim iritasi, gunakan pisau cukur yang tajam. Dengan begitu, bulu akan langsung terpotong. 

Mencukur dengan pisau yang sudah tumpul membuat bulu tidak tercukur maksimal. Bahkan ada beberapa yang malah tersangkut ke pisau. Pada akhirnya, kulit teriritasi dan proses cukur ketiak jadi menyakitkan. 

Setidaknya gunakan alat cukur untuk maksimal 5 kali sesi mencukur ketiak. Setelah itu, ganti dan belilah yang baru. Juga, pastikan untuk membeli alat cukur yang sesuai dengan peruntukannya.

5. Mencukur dengan arah yang tepat

5. Mencukur arah tepat
Freepik/Chantapa

Kamu tak bisa mencukur ke satu arah saja saat ingin membersihkan bulu ketiak. Di mana bulu ketiak biasanya tumbuh secara tak beraturan, jadi harus menyesuaikan dengan arah pertumbuhannya. 

Jika ada bulu yang tumbuh mengarah ke atas, maka cukurlah dengan arah yang berlawanan yaitu ke arah bawah. Begitu juga dengan sebaliknya. 

Dengan begini, bulu bisa tercukur sampai habis sehingga ketiak terlihat mulus dan bersih. 

6. Bersihkan alat cukur sesering mungkin

6. Bersihkan alat cukur sesering mungkin
Freepik/user12150432

Saat bulu ketiak yang dicukur cukup banyak, usahakan untuk membersihkan alat cukurnya sesering mungkin. Banyaknya bulu yang tersangkut di dalam alat cukur membuat pisau kesulitan bekerja dengan maksimal.

Bersihkan dengan air mengalir setiap kali terlihat sudah banyak bulu yang tersangkut di sana. Selain untuk memaksimalkan fungsi pisau cukur, membersihkan alat cukur sesering mungkin bisa mengurangi kemungkinan kulit terkena iri tasi dan infeksi. 

7. Oleskan pelembab setelah mencukur

7. Oleskan pelembab setelah mencukur
Freepik/Jcomp

Seperti dikatakan sebelumnya, waktu mencukur terbaik adalah saat malam hari. Pada saat itulah, kulit bisa beristirahat dengan nyaman tanpa harus terlapisi apapun. 

Meski begitu, kulit ketiak yang habis dicukur lebih rentan terhadap iritasi. Ada baiknya mengoleskan pelembab yang aman dan alami untuk menenangkan kulit ketiak. 

Pelembab natural yang bebas alkohol dan parfum bisa digunakan. Alternatif lainnya adalah mengoleskan minyak kelapa sebagai pelembab alami. 

Jika cara mencukurnya sudah tepat, ketiak yang mulus bisa kamu miliki.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.