7 Perawatan Rambut yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Saat ke salon sedang tidak memungkinkan, kreasi sendiri di rumah saja

10 Oktober 2020

7 Perawatan Rambut Bisa Dilakukan Sendiri Rumah
Freepik/yanalya

Bentuk social dan physical distancing yang saat ini sedang dilakukan adalah tidak berdekatan dengan orang lain tidak mendatangi area yang banyak orang. Dengan begitu, jadwal ke salon terpaksa ditunda sampai waktu yang tidak bisa ditentukan. 

Saat butuh perawatan, kamu masih bisa melakukannya sendiri di rumah. Tak perlu bahan yang sulit, menggunakan yang ada di rumah pun tetap bisa. 

Berikut ada 7 jenis perawatan rambut yang bisa dilakukan di rumah seperti dilansir oleh Popmama.com dari Good Housekeeping.

1. Gunakan campuran telur dan lemon untuk rambut rapuh

1. Gunakan campuran telur lemon rambut rapuh
Freepik

Rambut yang rapuh dan mudah patah sering berujung pada tipisnya volume rambut. Jika tidak segera diberikan perawatan, rambutmu bisa makin tipis. Tentu tidak mau, kan?

Sadah Saltzman, seorang penata rambut di New York, AS, memberi tips mengenai rambut rapuh. Cukup menggunakan campuran telur dan lemon untuk memberikan nutrisi lebih bagi rambut. 

Caranya oleskan campuran tersebut secara merata dari kulit kepala sampai ujung rambut. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air bersih.

2. Minyak kelapa untuk rambut kering

2. Minyak kelapa rambut kering
Freepik/master1305

Cuaca, hormon, dan shampo yang tidak cocok seringnya menjadi penyebab rambut kering. Untuk masalah yang satu ini, biasanya kamu akan pergi ke salon dan melakukan hair mask. 

Saat belum bisa ke salon, kenapa tidak coba membuat masker rambut sendiri. Yang satu ini dijamin ampuh untuk mengurangi rambut kering. 

Cukup gunakan minyak kelapa murni yang dioleskan ke rambut saat sebelum tidur. Gunakan penutup kepala seperti handuk agar minyak tidak tercecer ke bantal dan seprai.

Keramaslah saat pagi hari dan rasakan rambut yang lebih lembap dari biasanya. 

Jika rambutmu tidak terlalu parah keringnya, bisa gunakan minyak yang lebih ringan seperti minyak zaitun atau minyak biji alpukat. 

Editors' Picks

3. Kulit kepala gatal hilang dengan minyak tea tree

3. Kulit kepala gatal hilang minyak tea tree
up-nature.com

Kulit kepala yang gatal biasanya disebabkan oleh kulit yang kering. Bisa juga karena jamur dan masalah sejenis. 

Maka penyelesaiannya adalah dengan menggunakan minyak tea tree yang terkenal mampu membasmi bakteri. Teteskan minyak tea tree di kapas dan tekan-tekan di area yang gatal. 

Jika terasa sakit, kamu bisa mencampur minyak tea tree dengan minyak kelapa murni atau minyak zaitun murni sebelum menempelkan ke kulit kepala. 

4. Mengembalikan warna rambut

4. Mengembalikan warna rambut
Freepik

Apakah rambut kamu diwarnai dan sekarang warnanya mulai terlihat pudar? Tak perlu ke salon dulu. Saat ini, gunakan penyelamatan di rumah dengan beberapa alternatif. 

Untuk menyalakan kembali warna merah di rambut, kamu bisa menggunakan cranberry jus. Sedangkan untuk mengembalikan warna rambut pirang, bisa menggunakan teh chamomile. 

Kamu bisa menyiramkan jus dan teh ke rambut dan diamkan selama beberapa waktu. Kemudian keringkan sedikit demi sedikit dengan suhu yang hangat. 

Setelah kering, barulah keramas dan gunakan kondisioner dengan secukupnya.

5. Cuka apel untuk masalah rambut kusam

5. Cuka apel masalah rambut kusam
cheatsheet.com

Bingung dengan rambut yang kerap terlihat kusam? Gunakan cuka apel. 

Biasanya are rambut terluar adalah yang paling terlihat kusam. Oleh karena itu, kamu bisa mengoleskan cuka apel ke sekeliling area rambut yang kusam dan sisir dengan perlahan. 

Diamkan selama 5 menit dan bilas dengan air dingin. Setelahnya, gunakan kondisioner untuk mengunci kelembapan untuk membantu menghilangkan kusam di rambut. 

6. Ramuan jahe untuk kulit kepala berketombe

6. Ramuan jahe kulit kepala berketombe
Healthline.com

Ketombe tak bisa dilawan dengan menggunakan shampo saja? Gunakan ramuan ampuh yang bisa dibuat sendiri di rumah. 

Kamu bisa menggunakan jahe, lemon, dan minyak zaitun. Caranya, parut 3 ruas jahe dan campurkan dengan 2 cangkir air. Rebus sampai air menyusut jadi 1 cangkir. 

Setelahnya, tambahkan sesendok air perasan air lemon atau air jeruk nipis, serta minyak zaitun. Basahi kulit kepala dengan ramuan tersebut. Diamkan sampai kering. 

Setelah kering, barulah keramas dengan shampo sampai bersih.

7. Atasi rambut rontok dengan mayonaise

7. Atasi rambut rontok mayonaise
pbs.org

Banyak hal yang menjadi penyebab rambut rontok. Beberapa di antaranya adalah perubahan besar dalam hidup, penyakit, dan kehamilan. 

Untuk itu, gunakan masker rambut dari mayonaise secara teratur bisa mengurangi kerontokan. Bahan yang diperlukan adalah mayonaise, madu, minyak rosemary, dan minyak lavender. 

Dalam wadah kecil, campurkan 3 sendok mayonaise, 1 sendok madu, 3 tetes minyak rosemary, dan 3 tetes minyak lavender. Campur sampai rata dan oleskan ke kulit kepala. Pijat kulit kepala dan diamkan selama 1 jam.  

Campuran tersebut mengandung nutrisi yang bisa membuat rambut lebih bersinar, dan menguatkan akar rambut. Minyak lavender dan rosemary memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menenangkan kulit kepala dan mengurangi kemungkinan rambut rontok. 

Itulah 7 jenis perawatan rambut yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Untuk saat ini, usahakan untuk #dirumahaja dan lakukan perawatan rambut secara mandiri. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.