7 Pilihan Alas Kaki Nyaman saat Ibu Hamil Mengalami Kaki Bengkak

Kaki bengkak memang tidak nyaman, penting untuk bisa menemukan sepatu yang tepat

21 Februari 2020

7 Pilihan Alas Kaki Nyaman saat Ibu Hamil Mengalami Kaki Bengkak
Freepik/dragana_gordic

Hampir setiap ibu hamil mengalami fase kaki bengkak. Ini bisa dikarenakan beberapa hal. Salah satunya adalah karena perubahan hormon. 

Hormon progesteron yang meningkat pesat di trimester pertama juga bisa jadi pemicu kaki bengkak. Pada usia kehamilan sekitar 20 minggu, ibu hamil kembali disibukkan dengan kaki bengkak. 

Ini disebabkan dari meningkatkanya volume darah dan cairan di dalam tubuh. Alhasil, kaki jadi bengkak. 

Ada juga kaki bengkak saat hamil yang disebabkan karena terlalu banyak konsumsi garam, dan lainnya. Penyebab lainnya kenapa kaki bengkak saat hamil adalah karena kesalahan memilih alas kaki. 

Oleh karena itu, disusun Popmama.com, inilah pilihan alas kaki yang tepat jika Mama tengah mengalami kaki bengkak saat hamil. 

1. Sneakers beralas empuk

1. Sneakers beralas empuk
goop.com

Bagi beberapa ibu hamil, berat badan meningkat drastis selama kehamilan. Seiring berjalannya waktu, kehamilan semakin besar dan semakin berat juga tubuh. 

Kaki pun menyesuaikan untuk menopang tubuh. Tekanan yang terlalu besar tersebut bisa membuat kaki Mama jadi bengkak. 

Daripada memilih alas kaki yang keras, penting sekali untuk mencari yang memiliki bantalan empuk. 

Dengan begitu, kaki bisa lebih nyaman saat berjalan. Tidak membuat pegal yang hanya akan menambah kelelahan ibu hamil.

Sepatu sneakers biasa jadi pilihan karena memiliki alas yang empuk dan mengikuti bentuk kaki. Namun pastikan untuk memilih yang sesuai dengan ukuran saat kaki bengkak, ya, agar bisa digunakan dengan nyaman. 

2. Loafers yang berbahan nyaman

2. Loafers berbahan nyaman
charleskeith.com

Alas kaki yang tertutup sering membuat kaki Mama yang sedang bengkak jadi tidak nyaman. Maka dari itu hindari bahan sepatu atau sandal yang terlalu keras. 

Mama bisa memilih loafers atau selop dengan bahan yang nyaman. Baik itu floafers cantik maupun edgy, semua boleh saja asal tidak membuat kaki Mama jadi lecet. 

Alas kaki jenis ini juga cenderung nyaman karena mudah melepas dan pakainya. Serta, bisa digunakan baik di acara formal maupun santai. 

3. Strap sandal

3. Strap sandal
Pinterest.com

Strap sandal seperti Birkenstock bisa jadi pilihan selanjutnya. Model sandal yang kini banyak ditiru brand lainnya. Tak bisa dipungkiri, sandal ini memang kokoh menopang berat badan terutama saat sedang trimester ketiga. 

Tali sandal yang bisa disesuaikan dengan besarnya kaki juga jadi pertimbangan utama. Sehingga Mama bisa melebarkan tali sandal saat sedang kaki bengkak dan mengembalikannya ke semula jika sudah normal. 

Saat ini, sudah tersedia sandal sejenis dengan material yang lebih ringan. Sehingga Mama bisa lebih nyaman jalan-jalan dengan nyaman meski kaki sedang bengkak. 

Editors' Picks

4. Flats selalu jadi andalan

4. Flats selalu jadi andalan
bellefit.com

Sepatu bersol datar atau flats juga bisa jadi pilihan tepat mengingat tak ada tekanan di area tumit atau hak. Mama bisa membebaskan kaki berjalan dengan nyaman. 

Sepatu jenis ini sering jadi pilihan banyak Mama yang telah memasuki kehamilan trimester ketiga. Bahan sepatu yang nyaman dan elastis juga jadi pertimbangan utama. 

Nilai plus lainnya, model sepatu flats beragam dan kebanyakan lucu serta menggemaskan, Ma. 

5. Wedges yang tak terlalu tinggi

5. Wedges tak terlalu tinggi
rankandstyle.com

Khusus Mama yang tak bisa melepaskan diri dari sepatu berhak tinggi namun sudah tidak nyaman memakai stiletto, maka wedges bisa jadi alternatifnya. 

Wedges menyediakan hak namun dengan ketinggian yang tidak terlalu jauh antara tumit dan area telapak depan. Dengan begitu, Mama tak terlalu pegal saat memakai sepatu ini. 

Ditambah lagi, banyak pilihan wedges yang cukup terbuka untuk Mama yang kakinya sedang bengkak. Tampil chic dan stylish saat kaki sedang bengkak pun bukan sekadar impian lagi. 

6. Multi strap sandal yang super empuk

6. Multi strap sandal super empuk
Instagram.com/chielshoes

Yang sedang jadi tren saat ini adalah multi strap sandal. Bentuknya seperti sepatu, namun dikategorikan sejenis sandal.

Biasanya, sandal jenis ini memiliki alas yang empuk dan tali yang bisa disesuaikan. Sangat cocok untuk ibu hamil dengan kaki bengkak. 

Mama bisa tetap menggunakan alas kaki yang keren tanpa harus mengurangi rasa nyaman. Asyiknya lagi, strap sandal tersedia dengan banyak model dan pilihan warna. Tinggal pilih mana yang paling sesuai dengan kepribadian Mama. 

7. Sandal flip flop dengan dasaran empuk

7. Sandal flip flop dasaran empuk
Pexels/david ortega

Saat sudah tidak tertolong lagi, biasanya sandal jadi pilihan terakhir. Selain beralas empuk, sandal juga membebaskan kaki agar bisa bergerak dan tidak sesak. 

Banyak sandal yang bisa jadi pilihan karena sudah beragam model dan motif lucu tersedia. Namun pastikan untuk memilih sandal dengan alas yang anti licin. Jika tidak, Mama bisa lebih mudah tergelincir saat jalan dan itu sangatlah bahaya. 

Itulah beberapa pilihan alas kaki yang bisa Mama pilih jika kaki Mama sedang bengkak. Selamat mencoba!

Baca juga: 

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.