5 Bagian Ini Sering Tumbuh Jerawat, Yuk Cari Tahu Penyebabnya!

Pernah mengalami jerawat di kulit kepala?

18 Desember 2020

5 Bagian Ini Sering Tumbuh Jerawat, Yuk Cari Tahu Penyebabnya
Pexels/Polina Tankilevitch

Bersinggungan dengan benjolan yang salah satu penyebabnya adalah hormonal, ya! jerawat! Memang membuat stres.

Terlebih bagimu yang mendambakan penampilan muka yang cemerlang bebas dari titik-titik benjut akibat jerawat.

Ada yang bilang, pola konsumsi makanan berprotein berlebihan seperti telur adalah penyebabnya. Nyatanya banyak ahli merundung teori tersebut.

Lalu bagaimana penyebabnya Ma?

Nah, agar Mama semua tahu penyebabnya, Popmama.com sudah rangkum menjadi artikel hasil lansiran dari Popbela.com.

Yuk disimak.

1. Jerawat pada pipi

1. Jerawat pipi
pixabay/josephmucira

Timbulnya jerawat di pipi seringkali disebabkan karena kita seringkali menyentuh bagian ini dengan tangan ataupun benda-benda yang kotor. 

Nah, kan, coba deh Mama pastikan peralatan dandan kamu dalam kondisi bersih dan steril sebelum digunakan pada wajahmu Ma. 

Jangan lupa juga, karena sekarang kita masih pandemi dan sering menggunakan masker, pastikan juga kamu sudah mengganti masker tiap empat jam pemakaian ya Ma. 

Karena bagaimanapun masker yang lembab dan sudah kotor dapat menjadi penyebab munculnya jerawat. 

Editors' Picks

2. Penyebab jerawat di sekitar area garis rambut

2. Penyebab jerawat sekitar area garis rambut
Freepik

Ketika sedang menyisir rambut tiba-tiba terasa perih di sekitar garis rambut? Nah, bisa jadi rasa perih itu cikal bakal jerawat atau bahkan sudah menjadi jerawat! 

Pada umumnya hal ini terjadi karena pemakaian produk perawatan rambut yang kurang cocok nih di kulit kepalamu Ma.

Selain penyebab diatas, ini juga berkemungkinan karena adanya sisa hair care yang masih tertinggal, jadi pastikan untuk selalu membilas rambut dan kulit kepala hingga benar-benar bersih dan kering ya. 

Pastinya kamu nggak mau kan perawatan yang kamu lakukan justru mengundang masalah baru?

3. Jerawat pada hidung

3. Jerawat hidung
Freepik/Jcomp

Kalau daerah yang satu ini ditumbuhi jerawat pastinkamu pusingnya bukan kepalang deh Ma. Selain karena rasa nyerinya bakal terasa banget. Area hidung ini juga adalah area yang paling terekspos saat kita sedang bertemu dengan orang. 

Penyebabnya adalah pori-pori di bagian hidung terbilang lebih besar jika dibandingkan daerah muka lainnya.

Jadi apabila kamu membersihkan wajah kurang bersih, hal ini dapat membuat sisa riasan yang terperangkap di pori-pori menjadi faktor penyebab munculnya jerawat. 

Tipsnya, kamu harus selalu bersihkan wajah sampai bersih ya Ma!

4. Jerawat muncul pada dahi

4. Jerawat muncul dahi
Freepik/wayhomestudio

Kalau kamu termasuk yang sering timbul jerawat di daerah dahi, sudah cek lagi belum kebersihan barang-barang yang sering kamu gunakan di kepala? 

Seperti topi, hijab, atau bandana. Apakah sudah bersih dan selalu diganti secara rutin? Kalau belum, kamu harus memberikan perhatian khusus pada aksesoris yang menempel pada dahimu Ma.

Kondisi barang-barang yang kotor dan lembab ini, setelah tercampur dengan keringatmu tentunya akan membuatmu berjerawat di bagian tersebut. Nggak mau kan ini terjadi? Oleh sebab itu, rutin jaga kebersihan fashion item yang kamu gunakan adalah penting.

5, Jerawat pada alis

5, Jerawat alis
Pexels/cottonbro

Area alis memiliki folikel, ini adalah tempat tumbuhnya rambut alis yang dapat dengan mudah tersumbat. Nah, di setiap folikel ini terdapat kelenjar minyak yang dapat menghasilkan sebum. 

Sebum inilah yang seringkali menjebak kulit mati serta bakteri yang nantinya dapat mengakibatkan jerawat. 

Oleh karena itu kamu wajib berhati-hati dalam memilih produk perawatan rambut juga wajah, karena sangat penting untuk menjaga kulitmu terbebas dari jerawat yang muncul di area alis. 

Ada dua hal yang terpenting untuk atasi jerawat di bagian ini, pertama kamu harus jeli dalam memilih produk perawatan, kedua kamu wajib menjaga kebersihan aplikator makeup kamu.

Nah, bagi kamu yang suka jerawatan sudah mengerti kan sekarang. Pada intinya memang jerawat itu muncul karena ketidakbersihan kamu Ma. Oleh karenanya mari meninjau kembali kebersihan dirimu ya Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.